📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers Pada Bulan Juni, Reservasikan Kehadiran Anda Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Apa Itu Ecu Mobil? Berikut Fungsi dan Pengertiannya!

apa itu ecu mobil

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Berkat teknologi yang semakin meningkat seperti sekarang ini, banyak sekali mobil sudah menggunakan teknologi elektrik. EFI adalah satu peran yang sangat penting di dalam mobil.

Hal tersebut bisa terjadi, karena dengan adanya EFI ini bisa menggantikan peran karburator dan dirasa untuk apa itu ECU mobil mempunyai cara kerja yang efisien. Salah, satu komponen EFI yang sangat populer adalah Control Unit atau disebut dengan ECU.

Sampai dengan saat ini, masih banyak dari kalangan pemilik mobil yang belum paham dengan apa itu ECU mobil. Padahal memahami apa itu ECU mobil ini sangat penting dan mempunyai peran yang lumayan banyak.

Pengertian dari apa itu ECU mobil adalah komponen yang mempunyai peran penting sebagai sirkuit elektronik utama di dalam suatu mobil. ECU bisa melakukan proses pengendalian aktuator yang bisa menggantikan sistem mekanisme seperti injektor, VVT dan masih banyak lainnya.

Fungsi Dari Apa Itu ECU Mobil

apa itu ecu mobil

Jaman dahulu untuk melakukan pencampuran bahan bakar, mengukur waktu, campuran udara bahan bakar dan kecepatan putar hanya bisa dilakukan dengan sistem mekanis. Akan tetapi, dengan adanya sistem ECU semua mesin mobil injeksi bisa dikendalikan oleh proses komputer.

Sehingga, dengan adanya sistem yang langsung terhubung dengan komputer ini lebih mempermudah teknis untuk mendeteksi kerusakan mobil. Secara umum, dengan adanya apa itu ECU mobil ini menjadi salah satu komponen penentu atau menghitung bahan bakar yang disuplai di dalam mesin tersebut.

Pada dasarnya, untuk program komputer ini bisa menerima beberapa data dan akan melakukan penggerakan mesin sesuai dengan takaran yang diperlukan oleh mobil tersebut. Selain itu, apa itu ECO mobil ini juga mampu menentukan durasi injeksi bahan bakar pada bagian injektor atau alat penyuplai bahan bakar.

Sedangkan untuk cara yang digunakan dalam proses kali inia dalah dengan menentukan waktu tepat dalam memberikan campuran udara pada bahan bakar mesin tersebut. Tidak hanya itu, saja pada apa itu ECO mobil juga berguna untuk mengatur berbagai sistem penting di dalam sebuah mobil.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Untuk beberapa pengaturan yang bisa dilakukan oleh sistem ECO adalah identifikasi kunci mobil, mengatur kinerja kipas angin, menghidupkan alarm dan masih banyak lainnya. Maka dari itu, untuk melakukan perawatan pada sistem ECO ini sangat penting dan harus benar-benar diperhatikan.

Macam-Macam Jenis Apa Itu ECO Mobil yang Harus Anda Ketahui

Para pemilik mobil tidak hanya memahami mengenai fungsi pada apa itu ECO mobil saja. Akan tetapi, juga harus paham lebih banyak dengan beberapa jenis pada bagian ECO tersebut.

  1. Engine Control Module atau ECM

Lalu apa itu ECU mobil? Engine Control Module atau ECM merupakan salah satu modul khusus yang dipergunakan untuk mengatur mengenai kinerja dari suatu mesin mobil. Untuk pengaturan kali ini bisa dimulai dari beberapa langkah atau tahapan. Beberapa tahapan atau langkah yang bisa dilakukan adalah pada proses starting, penyalaan bagian busi, injeksi pada bahan bakar dan proses cooling atau pendinginan mesin.

  1. Powertrain Control Module atau PCM

Power Control Module atau PCM adalah jenis kedua apa itu ECO mobil yang harus diketahui oleh para pemilik mobil. Sedangkan untuk pengertian dari Powertrain Control Module atau PCM adalah modul yang dipergunakan secara khusus untuk mengatur kinerja dari sebuah sistem powertrain.

Selain itu, pada Powertrain Control Module (PCM) ini sebagai alat untuk memastikan aliran tenaga dari suatu mesin mobil bisa sampai dengan bagian roda. Untuk bagian modul kali ini belum dimiliki oleh semua mobil, hanya beberapa mobil saja yang sudah menggunakan jenis Powertrain Control Module (PCM).

  1. Body Control Module (BCM)

Jenis apa itu ECU mobil yang kedua ada Body Control Module (BCM) adalah salah satu modul yang mempunyai kinerja secara khusus di dalam mengatur kelistrikan seperti wiper, klakson, lampu dan masih banyak lainnya. Tidak hanya itu saja, untuk modul Body Control Module (BCM) ini juga sebagai sistem hiburan pada beberapa bagian dashboard mobil.

  1. Transmission Control Module (TCM)

Jenis apa itu ECU mobil selanjutnya adalah Transmission Control Module (TCM). Transmission Control Module (TCM) mempunyai cara kerja untuk mobil yang mempunyai cara kerja transmisi secara otomatis saja. Selain itu, untuk fungsi ini mempunyai fungsi secara jelas yaitu sebagai alat pengatur perpindahan momen yang sesuai dengan RPM mesin.

  1. ABS Control Module

ABS Control Module merupakan salah satu modul yang bisa ditempatkan pada mobil dengan teknologi rem ABS. Selain itu, untuk modul kali ini mempunyai fungsi sebagai pengatur sistem pengereman untuk mencegah terjadinya roda yang selip atau terkunci di jalanan licin. Bahkan, untuk modul kali ini sudah mempunyai peran sangat penting terhadap sistem keselamatan mobil yang lainnya.

  1. HVAC Control Module

Pada jenis yang satu ini juga hanya bisa ditemukan pada beberapa jenis mobil yang sudah mempunyai sistem Auto AC System. Selain itu, untuk modul kali ini juga memberikan kemungkinan supaya bisa melakukan sirkulasi pada kabin secara otomatis.

  1. Airbag Control Module

Jenis apa itu ECU mobil yang paling akhir adalah airbag control module. Untuk sistem airbag kali ini adalah menjadi perangkat keselamatan secara pasif. Sehingga bisa mencegah cedera pada beberapa bagian tubuh para penumpang.

Selain itu, untuk modul ini bisa mengembangkan kantung airbag. Dengan adanya module kali ini bisa menyelamatkan semua para penumpang yang ada di dalam penumpang.

Mobil yang mengalami kerusakan pada bagian ECU ini sudah sering ditemui pada beberapa jenis mobil. Selain itu, untuk mobil yang sudah terkena serangan penyakit di bagian ECU ini membuat para pemilik merasa khawatir.

Rasa khawatir yang muncul ini biasanya muncul, karena biaya yang dibutuhkan untuk proses perbaikan membutuhkan sangat banyak. Bahkan, untuk proses perbaikan pada bagian ECU mobil ini tidak boleh dilakukan pada sembarangan mobil.

Saat ini sangat jarang sekali ada bengkel mobil yang bisa menyelesaikan permasalahan pada ECU mobil. Akan tetapi, untuk anda yang ada di beberapa kota besar bisa langsung saja berkunjung pada Dokter Mobil Electric atau Domo Electric.

Dibaca Juga: Macam-Macam Layanan Pada Bengkel Kelistrikan Mobil

Dokter Mobil Electric atau Domo Electric adalah salah satu bengkel yang bisa menangani permasalahan mobil kelistrikan secara baik. Beberapa kalangan pemilik mobil tentu sudah tidak asing lagi dengan bengkel yang satu ini.

Semua proses pengerjaan yang dilakukan oleh Dokter Mobil Electric atau ini memberikan kualitas secara memuaskan. Semua pengerjaan yang dilakukan oleh Dokter Mobil Electric ini sudah ditangani langsung oleh beberapa orang teknisi secara profesional di dalam bidangnya.

Bagi kalangan pemilik mobil yang sudah habis banyak biaya ketika melakukan perbaikan pada Dokter Mobil Electric atau Domo Electric, akan diberikan masa garansi. Untuk masa garansi yang diberikan oleh Dokter Mobil Electric atau Domo Electric ini kurang lebih satu minggu.

Salah satu langkah yang bisa diambil adalah dengan berkunjung pada Dokter Mobil Electric atau Domo Electric terdekat untuk melakukan perbaikan ECU mobil. Jangan sampai salah memilih bengkel mobil, karena bisa merugikan diri sendiri.

Nah, sekian penjelasan secara jelas, detail dan lengkap mengenai apa itu ECU mobil. Semoga dengan penjelasan di atas tidak ada lagi kalangan pemilik mobil yang merasa bingung ketika terjadi kendala pada bagian ECU atau pengertian dari apa itu ecu mobil. Anda bisa menghubungi admin Dokter Mobil di (klik disini) untuk mengetahui informasi lebih lanjut dan promo-promo terbaru dari Dokter Mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 7842

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Artikel Lainnya

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.