💕Selamat Hari Kasih Sayang Domo Lovers💕  📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Tarikan Mobil Alphard Terasa Berat? Ini Solusinya

Tarikan Mobil Alphard Terasa Berat, Ini Solusinya

Apabila dilihat dari bodi luarnya, pasti banyak orang awam yang menganggap bahwa tarikan mobil Alphard terasa berat. Sebenarnya, hal ini tidak sepenuhnya benar, karena pada dasarnya masalah tarikan mobil yang berat pasti disebabkan oleh adanya suatu kondisi tertentu. Apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama beberapa penyebab dan solusi tarikan mobil Alphard terasa berat di bawah ini!

Penyebab Tarikan Mobil Alphard Terasa Berat

Penyebab Tarikan Mobil Alphard Terasa Berat

Ada beberapa penyebab yang seringkali membuat tarikan mobil Alphard terasa berat. Bukan karena bodinya yang ‘bongsor’, melainkan adanya permasalahan pada bagian mesinnya. Untuk itu, berikut ini adalah faktor penyebab tarikan mobil terasa berat.

Filter Udara Kotor

Salah satu penyebab tarikan mobil Alphard terasa berat adalah filter udara di mobil yang kotor. Tugas filter udara adalah membersihkan udara yang masuk ke mesin.Jika komponen ini rusak dan tidak melakukan tugasnya dengan benar, maka itu dapat menyebabkan hilangnya daya. Fenomena ini terjadi karena mesin tidak mendapatkan udara bersih yang dibutuhkan untuk bekerja dengan benar.

Filter udara memiliki masa pakai yang berbeda, tergantung pada jenis filter dan seberapa sering Anda mengemudi, tetapi para ahli menyarankan Anda untuk menggantinya setiap 12 bulan atau lebih. Jika sudah lama Anda tidak mengganti filter udara, mungkin ini adalah saat yang tepat.

Sensor Oksigen Rusak

Penyebab lainnya dari tarikan mobil Alphard terasa berat adalah kerusakan pada sensor oksigen. Sensor oksigen adalah komponen yang memonitor jumlah oksigen di knalpot dan mengirimkan informasi itu ke unit kontrol mesin. Unit kontrol mesin kemudian menyesuaikan campuran udara-bahan bakar untuk memastikan mesin bekerja secara efisien.

Jika sensor oksigen rusak, dapat menyebabkan mesin menjadi kurus, sehingga tidak cukup bahan bakar yang tercampur dengan udara. Masalah ini dapat menyebabkan hilangnya kekuatan. Kehilangan tenaga ini sangat akut saat menanjak karena mesin harus bekerja lebih keras di bawah tekanan yang lebih besar.

Filter Bahan Bakar Tersumbat

Jika filter bahan bakar di mobil tersumbat, itu juga dapat menyebabkan tarikan mobil Alphard terasa berat. Filter bahan bakar berfungsi untuk membersihkan bahan bakar sebelum masuk ke mesin. Seiring waktu, itu bisa tersumbat oleh kotoran dan serpihan, membatasi aliran bahan bakar ke mesin.

Penyumbatan filter udara ini dapat menyebabkan hilangnya tenaga karena mesin tidak mendapatkan bahan bakar yang dibutuhkan untuk bekerja dengan benar. Filter bahan bakar harus diganti setiap 20.000 mil atau lebih.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Mesin Terlalu Panas

Mesin yang terlalu panas tidak hanya akan menyebabkan hilangnya tenaga tetapi juga dapat merusak kendaraan Anda jika tidak segera ditangani. Ada berbagai alasan mengapa mesin menjadi terlalu panas, tetapi satu kemungkinan adalah sistem pendingin tidak bekerja dengan benar.

Masalah ini bisa jadi karena radiator kotor, pompa air tidak berfungsi, atau mungkin ada kebocoran pada sistem pendingin. Oleh karena itu, jika mesin Anda terlalu panas, penting untuk memeriksakannya sesegera mungkin.

Mesin Mengalami Misfire

Jika mesin mengalami misfire, itu juga bisa menyebabkan tarikan mobil Alphard terasa berat ketika dikendarai. Mesin bisa mengalami misfire ketika busi tidak menyalakan bahan bakar dengan benar. Misfire ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti busi kotor, koil pengapian rusak, atau masalah pada injektor bahan bakar.

Mesin yang mengalami misfire juga dapat disebabkan oleh masalah yang lebih parah, seperti paking kepala yang pecah atau blok mesin yang retak. Jika mesin Anda mengalami misfire, penting untuk memeriksakannya ke bengkel profesional untuk menentukan penyebabnya.

Konverter Katalitik yang Buruk

Konverter katalitik atau catalytic converter adalah komponen yang bertanggung jawab untuk mengubah emisi dari mesin menjadi zat yang tidak berbahaya. Jika catalytic converter gagal bekerja, maka ini dapat menyebabkan hilangnya daya karena mesin tidak dapat berfungsi secara efisien ketika konverter tidak bekerja dengan benar. Catalytic converter adalah bagian penting dari sistem emisi, jadi jika tidak berfungsi, Anda harus memperbaikinya sesegera mungkin dengan melakukannya sendiri atau membawanya ke bengkel terpercaya.

Baca Juga: Gejala dan Cara Mengatasi Catalytic Converter Bermasalah

Kondisi Pompa Bahan Bakar yang Buruk

Mirip dengan filter bahan bakar yang tersumbat, kondisi pompa bahan bakar yang buruk juga tidak mampu mengirimkan bahan bakar yang cukup ke mesin, sehingga bisa menyebabkan hilangnya daya saat berakselerasi, di antara gejala lainnya. Pompa bahan bakar berkaitan erat dengan filter bahan bakar, karena filter yang tersumbat dapat menyebabkan pompa bahan bakar menjadi buruk. Ini karena ada hambatan yang lebih besar untuk memompa bahan bakar, yang dapat membuat pompa bekerja terlalu keras.

Faktor lain yang dapat mempengaruhi usia pemakaian pompa bahan bakar adalah kebiasaan pengisian bahan bakar Anda. Bahan bakar tidak hanya membuat mobil Anda melaju, tetapi juga mendinginkan pompa bahan bakar. Jika Anda memiliki kebiasaan mengemudi dengan bahan bakar rendah, Anda berisiko membuat kondisi pompa bahan bakar menjadi buruk sebelum waktunya.

Masalah mobil yang terasa berat karena kondisi pompa bahan bakar yang buruk mirip dengan filter yang tersumbat. Namun, pompa bahan bakar yang buruk biasanya datang dengan gejala yang lebih terlihat. Gejala pompa bahan bakar yang umum termasuk idle yang kasar, akselerasi tersentak-sentak, dan kesulitan menghidupkan mesin.

Secara umum, cara terbaik untuk menguji pompa bahan bakar adalah dengan menggunakan pengukur tekanan bahan bakar. Pompa bahan bakar harus menjadi perhatian utama Anda jika tidak ada tekanan. Dalam beberapa kasus, pompa bahan bakar mungkin bukan masalahnya, tetapi masalahnya mungkin dengan relai pompa bahan bakar, yang menyediakan arus listrik pompa, atau mungkin juga ada sekring yang putus. Karena itu, pastikan pompa bahan bakar menerima listrik. Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan voltmeter.

Proses Pembakaran Tidak Sempurna Karena Tumpukan Kerak Karbon

Penyebab terakhir dari tarikan mobil Alphard terasa berat adalah karena proses pembakaran di ruang mesin kurang sempurna. Hal ini disebabkan karena adanya tumpukan kerak karbon yang mengganggu proses aliran udara dan bahan bakar dalam menciptakan pembakaran, sehingga tenaga yang dihasilkan dari pembakaran pun tak akan maksimal sehingga tarikan mobil terasa lebih berat.

Solusi Atasi Tarikan Mobil Alphard Terasa Berat

Solusi Atasi Tarikan Mobil Alphard Terasa Berat

Meskipun ada beberapa penyebab tarikan mobil Alphard terasa berat, ada juga beberapa kemungkinan solusi yang dapat dicoba untuk mengembalikan tenaga mobil Anda.

Bersihkan atau Ganti Filter Udara

Jika menurut Anda filter udara dapat menyebabkan masalah tarikan mobil Alphard terasa berat, hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan atau menggantinya. Solusi ini adalah perbaikan yang relatif mudah dan murah yang dapat membuat perbedaan besar.

Ganti Sensor Oksigen

Jika sensor oksigen yang bermasalah, Anda harus menggantinya atau meminta teknisi ahli yang menanganinya. Karena mengganti sensor oksigen adalah perbaikan yang lebih rumit, sebaiknya serahkan pada profesional jika Anda tidak memiliki banyak pengalaman melakukannya secara mandiri.

Ganti Filter Bahan Bakar

Jika filter bahan bakar tersumbat dan menyebabkan tarikan mobil Alphard terasa berat, Anda harus menggantinya dengan yang baru. Filter bahan bakar baru akan membantu memastikan bahan bakar mengalir dengan benar dan sampai ke mesin. Filter bahan bakar relatif murah dan mudah diganti, terutama jika Anda memiliki pengalaman mengerjakan servis mobil.

Memperbaiki Sistem Pendingin

Terakhir, jika sistem pendingin adalah penyebab tarikan mobil Alphard terasa berat, Anda harus mendiagnosis dan memperbaiki masalahnya. Memperbaiki sistem pendingin dapat berarti menguras radiator, mengganti pompa air, atau memperbaiki kebocoran pada sistem. Jika Anda merasa tidak yakin dalam memperbaiki sistem pendingin, sebaiknya bawa ke bengkel terpercaya agar mereka dapat mendiagnosis dan memperbaiki masalahnya dengan benar.

Gunakan Layanan Jet Clean di Dokter Mobil

Untuk mengatasi kerak karbon yang menumpuk dalam ruang mesin dan sebabkan proses pembakaran jadi kurang sempurna, layanan Jet Clean di Dokter Mobil adalah pilihan yang paling tepat untuk atasi hal ini.

Jet Clean akan membersihkan berbagai komponen-komponen mesin yang terhubung dengan aktivitas pembakaran pada mobil sehingga kerak-kerak karbon yang menumpuk akan luruh hingga tuntas. Sehingga performa mobil pun jadi maksimal dan kebutuhan mobilitas pun jadi dimudahkan dengan sangat optimal.

Pertanyaan Seputar Jet Clean Dokter Mobil

Jet Clean adalah membersihkan seluruh bagian yang berhubungan dengan ruang bakar, seperti piston, valve dan intake, injector, throttle body, catalytic converter dan EGR untuk mobil bermesin diesel.
Untuk harga yang dibanderol terkait layanan Jet Clean di Dokter Mobil, anda bisa langsung menghubungi kontak CS Dokter Mobil. CS kami akan senang hati untuk menjelaskan berbagai pertanyaan Anda seputar layanan Jet Clean ini.
Jet Clean bertujuan untuk mengembalikan performa mobil lama anda seperti baru kembali. Proses Jet Clean merupakan pembersihan kerak karbon sisa dari pembakaran, di beberapa komponen yang terhubung ruang bakar hingga saluran Injector. Karena kerak karbon yang menumpuk merupakan penyebab dari tenaga mobil berkurang, mengelitik, dan boros.
Tune up di bengkel-bengkel lain juga turut serta melakukan proses pergantian oli. Proses pergantian oli secara konvensional ini umumnya masih menyisakan sisa oli di pompa oli dan dinding mesin hingga mencapai 900 ml! Dokter Mobil memiliki cara mutakhir untuk mengganti oli agar lebih maksimal, yakni Cuci Darah. Cuci Darah merupakan metode penggantian oli mesin dengan cara dirontokkan sisa oli dan disedot hingga oli terkuras dengan bersih. Untuk performa yang lebih memuaskan untuk mobil kesayangan Anda, disarankan untuk mencoba layanan Jet Clean serta Cuci Darah di Dokter Mobil.

Layanan Jet Clean di Dokter Mobil tersedia dalam dua varian, yakni Jet Clean Performance dan Jet Clean Ultimate. Pada kedua jenis varian Jet Clean ini sama-sama bertujuan untuk membersihkan komponen-komponen seperti piston, air intake, injector, valve, throttle body, catalytic, hingga EGR (pada mobil bermesin diesel) agar kerak karbon yang menumpuk bisa luruh sempurna. 

Namun, yang membedakan antara Jet Clean Performance dengan Jet Clean Ultimate adalah pada fitur tambahannya. Pada Jet Clean Ultimate, mobil akan diperiksa dan diatur kembali pengaturan standar ECU nya sehingga sensor-sensor yang terhubung dari ECU ini akan berjalan optimal layaknya mobil baru kembali. 

Tertarik untuk coba layanan Jet Clean pada Alphard Anda? Reservasi Jet Clean di Dokter Mobil sekarang melalui WhatsApp (klik di sini) atau isi formulir reservasi (klik di sini). Tak perlu mengantre untuk lakukan reservasi, karena reservasi dapat Anda lakukan kapan pun dan dimana pun. Setelah reservasi, Anda akan diarahkan langsung ke cabang Dokter Mobil terdekat untuk nikmati langsung layanan Jet Clean dalam atasi permasalahan tarikan mobil Alphard terasa berat.  

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Akhir Kata

Begitulah penjelasan lengkap tentang penyebab dan solusi masalah tarikan mobil Alphard terasa berat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pemeriksaan berkala dan perawatan komponen inti mesin mobil adalah hal yang sangat penting dilakukan untuk mencegah masalah sekaligus menjaga fungsi mesin mobil agar dapat terus bekerja dengan sempurna. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk melakukan pengecekan kendaraan secara rutin di bengkel terpercaya seperti DOKTER MOBIL agar Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 3245

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya