New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Kok Tiba-Tiba Asap Mobil Hitam? Tetap Tenang, Ini Solusinya

Kok Tiba-Tiba Asap Mobil Hitam? Tetap Tenang, Ini Solusinya

Sedang mengalami gejala asap mobil hitam ? Terdapat beberapa hal yang menyebabkan asap knalpot mobil menjadi hitam. Umumnya, asap mobil tidak berwarna merupakan pembakaran yang sempurna. Jika sudah berwarna hitam, putih, atau biru sekalipun, tentu terdapat permasalahan pada mesin pembakaran mobil anda.

Penyebab dan Solusi Mengatasi Asap Mobil Hitam

Proses pembakaran yang tidak sempurna disebabkan oleh berbagai faktor, selengkapnya simak dibawah ini;

1. Busi Sudah Kotor

Jarang melakukan servis ringan secara berkala dapat menyebabkan busi menjadi kotor. Kerak kotoran menghitam pada busi menyebabkan kinerja pembakaran menjadi terganggu. Alhasil, asap jadi hitam.

Solusinya? Segera bersihkan busi mobil dengan kain lap bersih hingga bersih lalu pasang kembali.

2. Penumpukan Kotoran Filter Udara

Filter udara harus dibersihkan secara berkala. Ini akibatnya jika jarang melakukan servis ringan pada mobil anda. Karena pemakaian dan perawatan yang tidak seimbang, filter udara menjadi kotor akibat penumpukan debu pada filter yang dapat menyebabkan hambatan pada aliran udara (intake).

Solusinya? Segera bersihkan filter udara anda dengan membawa ke bengkel spesialis terdekat. Hindari membuka komponen mesin secara individu, dikhawatirkan salah pasang malah menjadikan mobil rusak merembet.

3. Karburator Bermasalah

Jangan spelekan komponen karburator. Merupakan sebuah alat yang  dapat mencampur udara dan bahan bakar untuk sebuah mesin pembakaran dalam agar kinerja mobil menjadi sempurna.

Solusinya? Anda dapat mengecek 2 sekrup, yang pertama untuk mesuplai bensin, sedangkan sekrup keduan untuk mnegatur kecepatan idle.

Pastikan agar jumlah bensin yang masuk tidak berlebihan. Sebab muncul asap hitam ini yakni pencampuran yang tidak seimbang.

Baca Juga : Khawatir Gara-Gara Asap Mobil Bau Bensin? Ini Solusinya

4. Kerak Membandel Pada Ruang Bakar

Oli yang ikut terbakar menghasilkan kerak membandel pada ruang pembakaran. Sisa pembakaran tersebut menjadikan asap mobil jadi hitam. Residu pembakaran yang tidak sempurna akan menghambat proses pembakaran pada mesin mobil.

Solusinya? Anda dapat melakukan tune up di Dokter Mobil. Pengerjaan hanya cukup dilakukan 60 menit saja didukung teknologi canggih dari negeri Jerman.

5. MAF/ IAT ( EFI ) Bermasalah atau Macet

Sudah seyogyanya sensor mobil yang bermasalah dapat menimbulka berbagai gejala pada mobil anda. Ketika sensor MAF/IAT tidak optimal, maka bensin yang diinjeksi menjadi bermasalah dan menimbulkan kepulan asap hitam.

Solusinya? Hanya dengan membawa mobil ke bengkel terdekat anda dan lakukan scanning kerusakan sensor. Tidak opsi selain mengganti sensor dengan yang baru agar kinerja menjadi optimal kembali.

Demikian ulasan mengenai asap mobil hitam. Semoga dapat membantu permasalahan mobi anda saat ini. Jangan lupa servis mobil anda secara berkala agar terhindar dari gejala asap mobil hitam.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!