Faktor Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Cuma Angin dan Solusinya
 
Posted by Mekanik Juan AC, Service AC Mobil, Tips merawat ac mobil

Faktor Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Cuma Angin dan Solusinya

Kenyamanan Keluarga Anda dapat Terganggu Ketika AC Mobil Tidak Dingin Cuma Angin

Perjalanan dengan kondisi AC mobil tidak dingin cuma angin tentu sangat mengganggu. Lantas apa penyebab dan solusi untuk masalah ini?

Nah untuk menyelesaikan masalah ini, anda perlu mengetahui terlebih dahulu alasan atau sebab terjadinya masalah ini. Dengan demikian akan lebih mudah bagi anda untuk:

  • Mengetahui bagian mana saja yang perlu diperbaiki atau diganti
  • Mengetahui hal apa yang harus dilakukan agar masalah ini tak muncul kembali.

Jadi tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut ini kami rangkum beberapa penyebab AC mobil cuma angin dan tidak dingin. Juga cara mengatasi dan mencegah kembalinya masalah ini.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Cuma Angin Saja

Pada dasarnya, penyebab AC mobil tidak lagi dingin dan hanya keluar angin cukuplah beragam. Namun beberapa penyebab yang umum ditemukan antara lain adalah:

  • Kotornya Evaporator AC Mobil

    Ketika evaporator kotor, udara dingin yang keluar akan terhambat oleh kotoran. Akibatnya, AC mobil menjadi tidak dingin.

    Adapun ciri-ciri bahwa evaporator AC mobil anda kotor adalah timbulnya masalah AC mobil tidak dingin cuma angin yang disertai dengan bau yang cukup mengganggu.

  • Freon AC Mobil Kurang atau Habis

    Pada dasarnya freon AC mobil tidak akan berkurang ataupun habis. Namun jika ada kebocoran di saluran AC mobil, hal tersebut mungkin saja terjadi. Nah, ketika kondensor kekurangan freon untuk mendinginkan udara, alhasil udara yang dihembuskan menjadi tidak dingin.

    Untuk mengatasi masalah ini, pada umumnya bengkel AC mobil akan menyarankan dilakukan isi ulang freon AC mobil. Namun pastikanlah bahwa titik kebocoran AC mobil harus ditemukan terlebih dahulu. Bukankah percuma mengisi ulang freon jika kebocoran tetap terjadi.

  • Kerusakan pada Part AC Mobil

    Kompresor AC mobil tidak dapat berfungsi normal jika magnetic clutch mengalami kerusakan. Tidak ada gejala yang muncul ketika magnetic clutch rusak. Oleh sebab itu, jika anda mengalami masalah di mana AC mobil tidak dingin dan cuma keluar angin, cobalah check kondisi magnetic clutch mobil anda.

    Selain pada magnetic clutch, hal lain yang kerap jadi sumber masalah adalah fan belt AC mobil yang copot atau putus. Biasanya karena terbakar akibat gesekan dengan puly, ataupun karena memuai sehingga longgar.

Lantas mengapa masalah-masalah ini bisa muncul? Kebanyakan ternyata karena ada kebiasaan buruk yang biasa dilakukan oleh pemilik mobil.

Lihat Juga: Bunyi Berdecit Saat AC Mobil Dinyalakan

Ada cukup banyak kelalaian yang menjadi sumber masalah AC mobil cuma angin dan tak dingin. Beberapa kelalaian tersebut antara lain:

  1. Merokok di dalam mobil
  2. Makan dan minum di dalam mobil
  3. Terlalu sering membuka kaca jendela mobil saat mobil melaju
  4. Jarang melakukan perawatan AC mobil (terutama cuci AC mobil dan flushing)
  5. Kerusakan komponen akibat kecelakaan
  6. Terlalu sering menggunakan parfum semprot di dalam mobil
  7. dan sebab-sebab lainnya.

Lantas apa solusi yang bisa dipilih untuk menyelesaikan masalah ini? Ada beberapa solusi yang bisa anda pilih.

Solusi Mengatasi Masalah AC Mobil yang Tidak Dingin dan Cuma Angin

Ada beberapa solusi yang bisa anda lakukan untuk mengatasi AC mobil yang cuma mengeluarkan angin. Adapun beberapa solusi tersebut antara lain adalah:

  • Cuci AC Mobil Anda, Terutama Evaporator AC Mobil

    Dengan melakukan hal ini, kotoran di evaporator dapat disingkirkan. Agar lebih maksimal, jangan lupa untuk juga melakukan penggantian filter AC mobil.

  • Ganti Part yang Bermasalah

    Masalah pada magnetic clutch, fan belt, kompresor, ataupun kipas dapat menjadi penyebab AC mobil tidak dingin cuma angin. Nah untuk mengatasi hal tersebut, cara paling praktis adalah dengan mengganti komponen yang bermasalah.

    Namun sebelum melakukan pembelian untuk spare part baru, pastikan anda melihat kompatibility atau kecocokan dengan AC ataupun mobil anda. Jangan sampai anda membeli mahal, namun part tersebut ternyata tidak terpakai.

  • Penambalan pada Kebocoran AC Mobil

    Flushing berfungsi untuk mengisi ulang oli kompressor dan freon AC mobil. Namun pengisian ulang tersebut akan sia-sia jika kompresor AC mobil jebol, ataupun ada kebocoran di saluran freon. Oleh sebab itu, anda harus mencari titik kebocoran.

    Jika titik kebocoran sudah ditemukan, langsung selanjutnya adalah dengan memilih apakah perlu mengganti komponen bermasalah, atau dapat diselesaikan tanpa beli baru.

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan seputar masalah AC mobil anda ini. Semoga informasi yang kami berikan ini mampu membantu anda mengatasi masalah AC mobil tidak dingin cuma angin saja. Terimakasih sudah membaca, dan jangan sungkan membagikan artikel ini kepada teman-teman anda.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *