Cara Merawat Kopling Mobil Agar Awet Tidak Cepat Aus | Dokter Mobil
 
Posted by admin bengkel mobil

Cara Merawat Kopling Mobil Agar Awet Tidak Cepat Aus

kopling-mobil

kopling-mobil

Tips cara merawat kopling mobil agar awet tidak cepat aus. Kampas kopling pada mobil manual merupakan salah satu faktor yang penting supaya mobil tidak kehilangan tenaga saat berjalan, terlebih lagi di jalan yang menanjak. Sebenarnya tidak ada yang istimewa dalam langkah merawat kopling pada mobil manual, terutama untuk mobil baru yang jarak tempuhnya belum mencapai 100.000 km. Tetapi untuk mobil yang biasanya sudah berusia, kadang masalah pada kopling tersebut akan timbul seperti mesin yang tidak bisa di kopling ataupun yang lainnya.

Pada dasarnya merawat kopling tergantung pada cara Anda mengemudi dan juga seberapa berat medan yang sering dilalui. Kampas kopling pada mobil manual merupakan salah satu faktor yang penting supaya mobil tidak kehilangan tenaga saat berjalan, terlebih lagi di jalan yang menanjak.

Bagian pada kopling

Kopling pada mobil terdiri oleh beberapa bagian yang saling berkaitan, di antaranya adalah plat kopling (cluth disc), kampas kopling, cover cluth yang berfungsi sebagai pegas, leher kopling (release bearing), pedal kopling, penghubung (hidrolik/mekanik). Prinsip kerjanya yaitu pada saat pedal kopling di tekan, maka putaran mesin tidak akan di teruskan atau di salurkan ke transmisi, karena kampas kopling dan fly wheel tidak saling bersinggungan. Pada saat pedal kopling dilepas, maka putaran mesin akan tersalurkan ke transmisi untuk kemudian menggerakan roda mobil.

Menjaga kopling mobil tidak cepat aus

  • Usahakan untuk secara rutin memeriksa akan terjadinya kebocoran minyak kopling, terutama pada bagian bawah master kopling. Hal ini dikarenakan biasanya akan terjadi kebocoran pada bagian tersebut saat menginjak pedal kopling yang diakibatkan oleh beban yang terlalu berat.
  • Cek dan pastikan jika setelan pada pedal kopling sudah pas dan tepat.
  • Periksa juga setelan tekanan pada pedal kopling, sebab biasanya kopling yang sudah mengalami kerusakan, kopling menjadi lebih berat saat ditekan.
  • Jika terlihat kebocoran oli dari sambungan transmisi dan mesin, sebaiknya sesegera mungkin diganti bagian belakang seal crankshaft. Karena jika hal ini dibiarkan, maka bisa menyebabkan selip pada kopling yang disebabkan oleh oli yang bocor tersebut.
  • Saat berhenti di lampu merah usahakan mobil dalam posisi netral.
  • Mobil yang terlalu diberi beban lebih dan pemakaian kopling yang kasar juga akan berakibat cepat merusak komponen per pada bagian kampas.

 Bagi pengendara mobil, sebaiknya tidak hanya mampu mengendarai mobil saja melainkan juga mampu merawat beberapa komponen mobil seperti halnya kopling tersebut.Tidak menutup kemungkinan berbagai komponen pada mobil yang tidak dirawat atau kurang perawatannya umur kendaraan akan berkurang.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *