fbpx
 
Posted by dani nofianto Masalah dan Solusi Mobil, Tune Up Mobil, Upgrade Performance

Penyebab Mobil Solar Terasa Kurang Tenaga dan Solusinya

Mobil Diesel Baru Tetap Bisa Mengalami Kurang Tenaga

Sebenarnya anda tidak perlu bingung. Karena mengatasi penyebab mobil solar kurang tenaga khususnya ketika di tanjakan sangatlah mudah.

Namun kebingungan anda dapat dimaklumi. Mengingat banyak orang yang belum mengetahui seluk beluk kerja mesin mobil. Pada intinya, masalah ini dapat diatasi asalkan anda mengetahui seluruh penyebab mesin mobil diesel mengalami kurang tenaga.

Masalah kurang tenaga pada mobil berbahan bakar solar tidak hanya terjadi pada anda. Ribuan mobil lainnya juga mengalami masalah yang sama. Kejadian ini dapat muncul karena adanya masalah pada mesin mobil, ataupun sistem mobil lainnya.

Secara umum, ada beberapa komponen utama mobil, yaitu:

  • Mesin
  • Powertrain
  • dan Kelistrikan

Jika semua komponen tersebut berfungsi dengan normal, masalah ini tak akan muncul. Dan mobil anda akan dapat melaju dengan kencang. Tetapi jika ada komponen yang tidak berfungsi dengan normal, akan ada masalah yang muncul. Mobil bisa saja menjadi loyo atau kurang bertenaga, ndut-ndutan, ataupun brebet.

Mobil Diesel Baru Beli, Tapi Tenaga Kurang

Jika dahulu mesin dan powertrain merupakan komponen yang paling mempengaruhi tenaga mobil, namun kini hal tersebut hampir tidak berlaku pada mobil-mobil keluaran terbaru.

Teknologi diesel comonrail menjadikan kelistrikan mobil memegang kendali yang begitu besar atas tenaga mobil.

Nah, ada beberapa penyebab mengapa mobil baru bisa mengalami kurang tenaga. Untuk memastikannya memang diperlukan pengecheckan secara menyeluruh. Namun biasanya gejala kurang atau hilang tenaga ini terjadi karena adanya pemasangan komponen yang tidak sesuai. Entah ketika melakukan service berkala, ataupun karena adanya mallfacture (cacat produksi).

Namun jika anda yakin mobil anda pada dasarnya tidak memiliki masalah pada pemasangan komponen, maka anda dapat melihat beberapa penyebab mobil solar kurang tenaga berikut ini.

Faktor yang Menyebabkan Mobil Berbahan Bakar Solar Mengalami Kurang Tenaga

Ada beberapa penyebab terjadinya masalah ini. Oleh sebab itu, jangan terpaku hanya pada 1 penyebab saja. Bisa jadi masalah mobil terjadi karena adanya 2 atau lebih kerusakan pada komponen mobil.

Di antara kerusakan tersebut, beberapa di antaranya yang sering menjadi penyebab mobil diesel kurang tenaga antara lain adalah:

Masalah pada Turbo Vane
Turbo Vane pada Mobil Solar yang Bersih dan Kotor
Turbo Vane pada Mobil Solar yang Bersih dan Kotor

Rata-rata mobil diesel (berbahan bakar solar) keluaran tahun 2000 ke atas menerapkan sistem Turbo Intercooler. Sistem ini memiliki fungsi memaksimalkan suplai udara bersuhu dingin. Tujuannya agar tekanan kompresir yang dihasilkan cukup tinggi untuk mendongkrak tenaga mobil.

Di kendaraan diesel terbaru, sistem tenaga mobil jauh lebih canggih karena menggunakan teknologi variabel turbo van. Dengan teknologi ini, tekanan udara yang disuplai turbo ke mesin akan diatur agar efisiensinya lebih optimal.

Dengan adanya teknologi variabel turbo van, RPM mobil dapat lebih tinggi.

Namun sayangnya, ketika teknologi turbo van bermasalah, suplay udara juga bermasalah. Tenaga mesin akan berkurang ketika suplai udara berkurang. Istilah yang sering digunakan adalah “mobil mengalami underboost”.

Untuk masalah ini, satu-satunya cara pendeteksian kerusakan hanya dengan 2 cara, yaitu alat scan berbasis komputer, dan mengira-ngira menggunakan insting. Jika anda merasa masalah kurang tenaga pada mobil anda terjadi karena kerusakan turbo van, silahkan melakukan pembongkaran dan pembersihan pada komponen ini.

Sayangnya, seringkali masalah pada turbo van terjadi pada sirkuit elektriknya. Akibatnya, mau tidak mau anda harus ganti komponen ini.

Turunnya Tingkat Tekanan Kompresi Mobil
Kompresi pada Mobil Solar dibandingkan dengan Mobil Bensin
Kompresi pada Mobil Solar dibandingkan dengan Mobil Bensin

Pembakaran di mesin diesel terjadi secara otomatis tanpa adanya trigger dari busi mobil. Hal ini dapat dilakukan selama tingkat kompresi yang tinggi sehingga menghasilkan suhu yang melampaui titik bakar solar.

Proses self combustion engine di atas harus berlangsung dengan sempurna. Karena jika suhu yang diharapkan tidak tercapai, akan menghasilkan gejala seperti:

  • Tenaga mesin terasa kurang (lemah)
  • Suara seperti ada yang “loss” saat mengegas
  • Gejala ndut-ndutan
  • dan beberapa gejala lainnya.

Proses dalam self combustion engine ini bisa bermasalah umumnya karena keausan pada silinder ataupun ring kompresi. Pada dinding silinder yang mengalami keausan, celah antara ring dan silinder akan membesar sehingga udara akan banyak yang “loss” dari celah tersebut. Semakin banyak udara yang keluar, semakin rendah tekanan pada proses ini.

Solusi untuk masalah ini dapat dilakukan dengan mengganti satu set ring kompresi. Namun untuk melakukan hal ini sangatlah sulit dan perlu beberapa orang. Mengapa? Karena proses ini membutuhkan turun mesin dan overhaul total.

Macetnya Injector pada Mobil Diesel
Sistem Injektor Mobil yang Bermasalah dapat Menjadi Penyebab Mobil Solar Kurang Tenaga
Sistem Injektor Mobil yang Bermasalah dapat Menjadi Penyebab Mobil Solar Kurang Tenaga

Faktor lain yang jadi penyebab mobil solar kurang tenaga adalah macetnya injector. Baik itu pada mesin diesel dengan Direct Injection maupun Indirect Injection, keduanya bekerja dengan mengkabutkan solar bertekanan tinggi ke ruang bahan bakar.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tekanan injeksi haruslah besar saat terjadi penyemprotan dalam proses kompresi.

Namun jika ada gangguan pada injektor, maka tekanan injeksi dan volume solar yang disuplai ke ruang bakar akan terganggu. Hal tersebut akan menyebabkan pembakaran menjadi tidak sesuai dengan prinsip kerja mesin diesel. Akibatnya, tenaga mesin akan berasa kurang.

Penyebab terjadinya masalah ini cukup banyak, namun biasanya terjadi karena lubang noozle tersumbat debu. Untuk mengatasinya bisa dengan melakukan pembersihan pada saluran bahan bakar.

Tune up Jet Clean Thronic merupakan solusi terbaik untuk mengatasi mesin diesel yang kurang tenaga karena sumbatan dan kotoran di sekitar injektor.

Habisnya Kampas pada Kopling Mobil
Kampas Kopling Harus dalam Keadaan Baik Agar Mobil Tetap Berperforma Optimal
Kampas Kopling Harus dalam Keadaan Baik Agar Mobil Tetap Berperforma Optimal

Ternyata habisnya kampas kopling menjadi salah satu alasan mobil diesel kurang tenaga, terutama saat berada di tanjakan.

Mengapa bisa seperti itu? Ternyata jawabannya sangat sepele. Jika kampas kopling tipis, tenaga mesin akan sulit disalurkan ke transmisi. Bahkan ketika pedal tidak ditekan sama sekali.

Untuk mengatasi masalah ini, tentu hanya bisa dilakukan dengan mengganti kopling mobil. Namun selain melakukan penggantian kopling, anda juga wajib tahu cara yang benar dalam menggunakan kopling agar penggunaannya lebih awet.

Penggunaan Ukuran Ban yang Kurang Sesuai
Mobil Berban Besar Tenaganya Bisa Kurang
Mobil Berban Besar Tenaganya Bisa Kurang

Kebanyakan mobil diesel menggunakan ban berukuran besar dan memiliki permukaan yang lebar. Tujuannya untuk menimbulkan kesan gagah. Namun ban jenis ini perlu tenaga yang lebih besar untuk menggerakkannya.

Untuk mobil diesel yang tenaga dasarnya sudah sangat besar, penurunan tenaga akibat penggunaan ban yang terlalu besar mungkin tidak terasa. Namun bagi mobil diesel dengan spesifikasi rendah, penggunaan ban besar akan menimbulkan masalah penurunan tenaga mobil, dan peningkatan konsumsi solar.

Untuk menyelesaikan masalah ini, cukup dengan penggantian ban saja ke ukuran yang standart.

Mencegah Mobil Solar Mengalami Masalah Kurang Tenaga

Anda tentu ingin mobil diesel anda selalu tampak gagah, dan memiliki performa tertinggi dibanding mobil lainnya. Untuk itu, melakukan perawatan, dan upgrade performance adalah kuncinya. Ada beberapa bentuk perawatan dan upgrade yang bisa anda lakukan.

Di antara perawatan dan upgrade menjaga tenaga mobil tersebut, mobil berbahan bakar solar paling cocok untuk melakukan:

  • Tune UP Berkala

    Merupakan cara untuk mengembalikan performa mobil selayaknya baru. Mesin mobil akan dibersihkan sehingga karbon penyebab mobil brebet dan kurang tenaga hilang dari mesin.Tune UP sebaiknya dilakukan di bengkel mobil yang terpercaya dengan peralatan yang lengkap untuk memastikan pengerjaannya tidak merusak mesin.

  • Piggyback PRO

    Merupakan penyetingan pada tenaga mobil diesel sehingga penggunaan bahan bakar lebih irit, tetapi tenaga mobil meningkat dengan drastis. Piggyback PRO merupakan sebuah terobosan yang kebetulan hanya ada di Dokter Mobil.

  • Remap

    Mengkalibrasi ulang ECU mobil, atau lebih sering dikenal dengan nama REMAP, merupakan sebuah teknik untuk meningkatkan tenaga dan akselerasi mobil secara drastis. Remap dilakukan oleh tuner yang sudah mempelajari settingan mobil secara mendetail.Oleh sebab itu, anda tidak boleh sembarangan melakukan remap. Pastikan tuner remap merupakan orang yang berkompeten dan menggunakan program remap asli sehingga hasil remapnya dapat dipertanggungjawabkan.

Itulah beberapa penyebab mobil solar kurang tenaga dan cara mengatasinya. Semoga semua informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *