Sebab dan Solusi AC Mobil Hanya Keluar Angin - Dokter Mobil
 
Posted by Roy Ivan Tips merawat ac mobil

AC Mobil Hanya Keluar Angin Sehingga Tidak Dingin

Mengatasi Masalah AC Mobil Hanya Keluar Angin dengan cuci kabin AC

Masalah AC mobil tidak dingin baik yang ditandai dengan AC mobil hanya keluar angin hingga AC mobil yang tidak mengeluarkan angin sama sekali akan mengganggu kenyamanan perjalanan anda. Masalah ini sering dijumpai baik itu pada mobil keluaran lama maupun mobil keluaran terbaru. Penyebabnya pun bermacam-macam. Mulai dari cacat produk, faktor usia AC, kesalahan penggunaan, hingga kecelakaan.

Bagi anda yang ingin mengetahui secara lengkap mengenai masalah AC mobil hanya keluar angin sehingga AC mobil tidak dingin ini, semoga artikel di bawah ini dapat membantu dan memuaskan anda.

Mengenal Masalah AC Mobil Tidak Dingin

AC mobil tidak dingin adalah masalah pada AC mobil di mana AC tidak menghasilkan hawa dingin sesuai yang diharapkan. Ada berbagai bentuk masalah AC mobil tidak dingin, seperti :

  • AC mobil hanya keluar angin saja
  • AC mobil kurang dingin
  • AC mobil mengeluarkan hawa panas
  • AC mobil dingin, tetapi cuma sebentar
  • AC mobil tidak mengeluarkan angin ataupun hawa dingin

Terkadang masalah AC mobil tidak dingin ini dibarengi juga dengan beberapa masalah lainnya seperti ada bau dari blower AC mobil, ada suara berisik kasar dari dalam kompresor AC, ataupun gabungan bau dan suara berisik.

Masalah AC mobil tidak dingin sendiri merupakan indikasi adanya kerusakan mesin kompresor, kesalahan pemakaian, ataupun adanya gangguan pada  sistem AC mobil.

Penyebab AC mobil hanya keluar anngin

Masalah AC mobil hanya keluar angin sehingga tidak dingin terjadi karena banyak sebab / faktor. Beberapa faktor dan sebab ini meliputi kesalahan dalam perawatan AC, kecerobohan penggunaan AC, faktor usia AC, dan banyak sebab lainnya.

  1. Kesalahan Perawatan AC

AC mobil memang perlu dirawat secara berkala. Namun perawatan yang tidak hati-hati. Atau ceroboh dapat menyebabkan masalah seperti AC mobil tidak dingin, AC mobil mengeluarkan bau tidak sedap, AC mobil berisik, AC mobil mati total, dan masalah AC lainnya.

Beberapa kesalahan perawatan AC mobil contohnya adalah :
– Mengganti Spare Part AC Original dengan yang KW atau berkualitas rendah
– Mengganti Spare Part AC dengan spare part yang spesifikasinya tidak sesuai
– Ketidak hati-hatian ketika membongkat dashboard saat cuci AC mobil
– Ketidak pas-an dalam memasang komponen AC setelah proses bongkar dan service
– Ketidak pas-an dalam mengisi oli kompresor dan freon dalam takaran yang sesuai

Untuk itu sangat disarankan bagi pemilik mobil agar berhati-hati ketika melakukan perawatan AC mobil nya. Sebaiknya menyerahkan proses perawatan kepada bengkel AC mobil yang memang berkompeten. Kompetensi ini biasanya dapat dilihat dari kelengkapan peralatan bengkel yang memadai, dan kualitas serta pengalaman mekanik yang akan merawat AC mobil anda.

  1. Kecerobohan Penggunaan
    Masalah kerusakan AC yang ditandai dengan AC mobil hanya keluar angin sehingga tidak dingin umumnya terjadi karena kesalahan atau kecerobohan pemilik mobil. Beberapa kecerobohan tersebut biasanya berupa pembiaran kebiasaan buruk ketika berkendara seperti :– Merokok di dalam mobil
    Asap rokok dapat masuk ke dalam saluran AC mobil dan menyebabkan munculnya lendir. Lendir ini dapat menyebabkan banyak persoalan seperti :–>> Menyebabkan korosi pada kompresor AC
    Korosi ini dapat membuat kompresor retak/bocor sehingga jumlah freon dan oli kompresor akan berkurang atau bahkan habis.
    Padahal oli kompresor dan freon memiliki tanggung jawab memaksimalkan hawa dingin pada AC mobil.–>> Menyebabkan munculnya masalah AC mobil bau asap rokok
    Lendir dari asap rokok yang masuk ke dalam saluran AC dan akan menghasilkan bau tidak sedap. Celakanya bau ini akan dihembuskan oleh blower ke dalam ruangan mobil.

    Jadi jangan heran ketika anda sering merokok di dalam mobil, AC mobil anda pun akan berbau seperti bau rokok.

    – Memarkirkan mobil di bawah terik matahari
    Seringkali karena kehabisan waktu untuk mencari tempat parkir yang teduh, pemilik mobil pun asal saja memarkirkan mobilnya di tempat yang terik atau panas. Padahal hal ini akan menyebabkan banyak sekali masalah.

    Dengan terlalu lama memarkirkan mobil di bawah terik matahari, kompresor AC dan freon AC akan ikut panas. Freon yang terlalu sering mendapatkan panas matahari akan kehilangan kualitas pendinginannya. Sementara kompresor AC yang terlalu sering mendapat panas akan perlahan-lahan kehilangan performanya. Hal ini menyebabkan AC mobil bekerja ( ditandai dengan AC mobil hanya keluar angin ) namun tidak membawa hawa dingin dari freon.

    Untuk mencegah terjadinya kerusakan AC mobil karena masalah parkir, disarankan untuk selalu membawa sarung atau cover mobil yang mampu menyerap panas dengan baik. Selain melindungi mobil dari terik matahari, mobil anda pun mendapat perlindungan dari hujan. 

    – Makan dan Minum di dalam mobil
    Makan dan minum di dalam mobil sebenarnya tidak dilarang. Namun sangat sulit untuk menjaga kebersihan di dalam mobil dari hal-hal seperti remah-remah makanan, tumpahan cairan minuman, dan dari potongan kecil bungkus makanan atau minuman.

    Oleh karena itu, biasakan untuk tidak makan dan minum di dalam mobil. Remah dan cairan yang masuk ke dalam saluran AC dapat menyebabkan masalah seperti :

    à menyumbat saluran AC sehingga aliran freon berkurang atau terhambat
    à menjadi lendir di dalam kompresor AC sehingga menyebabkan korosi
    à menjadi lendir penyebab bau pada AC mobil

    Jika anda atau penumpang mobil anda sering makan dan minum di dalam mobil dan sulit lepas dari kebiasaan buruk tersebut, disarankan untuk rajin melakukan cuci AC, flushing, dan perawatan berkala pada AC mobil anda.

  2. Faktor Usia AC Mobil
    AC mobil memiliki rentang usia penggunaan berkisar antara 1 hingga 3 tahun. Semakin baik kualitas AC maka semakin lama rentang usianya. Hal ini umumnya menyangkut bahan baku terutama kompresor AC dan selang AC yang akan mengalami kebocoran setelah penggunaan 1 atau 3 tahun.Seringkali AC mobil tidak dingin padahal baru saja dibeli. Hal ini dapat terjadi karena beberapa sebab seperti :– Adanya cacat produk pada AC mobil yang anda beli
    Jika AC mobil tersebut anda beli di toko resmi, maka anda dapat mengklaim garansi. Inilah sebabnya untuk membeli langsung AC mobil di toko atau bengkel AC mobil ketimbang membeli di toko online. Walaupun harga toko sedikit lebih mahal, namun jaminan garansinya lebih jelas dan lebih mudah untuk diklaim.– AC yang anda beli adalah produk KW / Palsu
    AC mobil KW atau palsu tentu memiliki kualitas dan daya tahan yang jauh lebih rendah daripada produk asli. Oleh sebab itu jangan heran jika setelah beberapa bulan produk AC mobil “abal-abal” ini akan menimbulkan masalah seperti AC mobil tidak dingin dan masalah lainnya.

    – Barang bekas tentu memiliki beberapa masalah bawaan
    Banyak AC mobil bekas memiliki kualitas yang masih layak pakai. Namun sangat sulit mencari AC mobil bekas yang memang layak pakai. AC mobil bekas yang dipilih secara asal ternyata memiliki akan menimbulkan masalah bawaan seperti suara AC yang ternyata berisik, dinding kompresor yang mudah retak / pecah, dan masalah lainnya.

Komponen AC Mobil yang Rusak

Masalah AC mobil tidak dingin menjadi indikator adanya kerusakan ataupun masalah pada komponen pada AC mobil. Kerusakan ini meliputi :

  • Putusnya Drive Belt
    Drive belt berfungsi untuk menyambungkan putaran mesin dengan putaran pada kompresor AC. Putusnya Drive Belt / Fan Belt AC akan menyebabkan kompresor AC tidak berputar sehingga tidak dapat menyalurkan freon dengan baik.Untuk Drive Belt yang putus atau lepas solusinya hanyalah mengganti dengan Drive Belt yang baru. Hal ini untuk mencegah kejadian yang sama terulang lagi.
  • Kondensor dan Radiator yang Kotor ataupun Rusak
    Kondensor dan radiator seringkali kotor ataupun tertekuk. Padahal komponen tersebut berfungsi untuk mengatur pembuangan panas dari freon bertekanan tinggi. Akibatnya proses pembuangan panas menjadi terhambat dan freon tidak mampu memberikan hawa dingin sesuai yang diharapkan.Untuk menyelesaikan masalah ini, anda dapat dengan rutin melakukan pembersihan dan pengecheckan pada kondensor dan radiator mobil anda.

Solusi Masalah AC Mobil Tidak Dingin

Jika mobil anda mengalami masalah Acmobil tidak dingin, beberapa langkah yang dapat anda lakukan diantaranya adalah :

  1. Cuci AC dan Evaporator
    Mencuci AC mobil pada beberapa kasus dapat menyelesaikan masalah AC mobil tidak dingin. Hal ini karena AC mobil yang kotor akan menghasilkan hawa panas dan menghambat hawa dingin sehingga semburan hawa dingin menjadi berkurang.Disarankan untuk berhati-hati dalam mencopot dan memasang kembali dashboard dan evaporator mobil anda saat mencuci AC agar tidak menimbulkan kerusakan lainnya pada sistem pendingin mobil anda.
  2. Flushing
    Flushing adalah prosedur standart untuk mengatasi masalah AC mobil tidak dingin. Pada umumnya, masalah AC mobil tidak dingin terjadi karena 2 hal, yaitu jumlah oli kompresor yang tidak sesuai (kurang atau terlalu banyak), dan jumlah serta kualitas freon yang sudah menurun.Flushing akan mengganti oli kompresor dengan oli baru. Selain itu, freon pun akan diisi ulang dengan freon baru yang lebih dingin dan segar. Jika prosedur flushing belum berhasil menyelesaikan masalah AC mobil tidak dingin, itu berarti terjadi kerusakan pada salah satu komponen AC mobil. Untuk itu anda perlu membawa mobil anda ke bengkel AC mobil profesional untuk dilakukan pengecheckan.

Dokter Mobil adalah bengkel mobil yang salah satu spesialisasi unggulannya adalah memperbaiki semua masalah pada AC mobil anda. Beberapa keunggulan yang ditawarkan Dokter Mobil dalam menyelesaikan masalah AC mobil tidak dingin adalah :

  • Proses service yang cepat (kurang dari 1 jam)
  • Biaya service yang bisa diestimasi di muka
  • Adanya jaminan AC mobil pasti dingin

Service AC Mobil Hanya Keluar Angin Tanpa Bongkar

Keunggulan-keunggulan tersebut dapat diberikan karena Dokter Mobil memiliki kelebihan seperti :

  • Peralatan service AC yang sangat lengkap dan berteknologi canggih
    Salah satu peralatan canggih di Dokter Mobil adalah mesin flushing berteknologi tinggi yang mampu menyedot kotoran dan oli pada kompresor AC mobil dengan sangat cepat dan bersih.Selain itu, mesin flushing di Dokter Mobil dapat secara tepat mengisi oli kompresor dan freon AC mobil dalam ukuran yang dibutuhkan oleh AC mobil anda.
  • Mekanik Profesional dan Berpengalaman dengan jam terbang yang sangat tinggi
    Mekanik di Dokter Mobil adalah para profesional dengan SOP yang sangat ketat sehingga menghasilkan service yang teliti dan sepenuh hati.Mekanik di Dokter Mobil pun dapat menjadi sahabat anda untuk berkonsultasi mengenai AC mobil, tips dan trick perawatan mobil, dan konsultasi lainnya yang berhubungan dengan kendaraan anda.

Untuk anda yang membutuhkan perawatan AC Mobil sehingga tidak mengalami masalah AC mobil hanya keluar angin dan AC mobil tidak dingin , anda dapat menghubungi Dokter Mobil di alamat :

Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 087880884576

Dokter Mobil, Spesialis Perbaikan AC Mobil Tidak Dingin dan AC Mobil Hanya Keluar Angin.

Tags: , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *