AC Mobil Tidak Dingin Saat Macet, Ini Sebab dan Solusinya
 
Posted by Roy Ivan Service AC Mobil, Tips merawat ac mobil

AC Mobil Tidak Dingin Saat Macet, Ini Sebab dan Solusinya

Proses Flushing dan Service masalah AC mobil kurang dingin dan tidak dingin

AC Mobil Tidak Dingin Saat Macet – Di antara masalah pada mobil anda, masalah AC mobil tidak dingin saat macet ataupun kurang dingin saat macet merupakan masalah yang paling sering dikeluhkan pemilik mobil. Hal ini pada umumnya lumrah terjadi karena AC mobil sangatlah sensitif. Adanya sedikit masalah pada AC mobil, maka AC mobil akan langsung bereaksi.

Reaksi AC mobil sebagai tanda adanya masalah dapat berupa :

  • AC mobil kurang dingin
  • AC mobil tidak dingin
  • AC mobil mengeluarkan hawa panas
  • AC mobil dingin tetapi cuma sebentar
  • AC mobil tidak dingin saat macet saja
  • AC mobil tidak dingin saat sang hari saja
  • AC mobil hanya nyala saja
  • Dan berbagai masalah lainnya.

Pada dasarnya masalah AC mobil tidak dingin merupakan indikator adanya masalah pada komponen AC mobil anda. Komponen apa saja itu ? Mengapa komponen tersebut dapat bermasalah ? Dan apa solusinya ? Artikel kali ini akan membahasnya secara lengkap dan semoga dapat membantu anda menghindari ataupun menyelesaikan masalah pada AC kendaraan kesayangan anda.

Apa yang Sebenarnya Terjadi ?

Ketika AC mobil anda tidak dingin saat macet maka kemungkinan besar masalahnya adalah bahwa AC mobil anda kekurangan atau kehabisan freon AC. Freon adalah zat refrigerant (pendingin) yang berfungsi mendinginkan udara yang kemudian akan dihembuskan oleh blower AC mobil. Kurangnya freon akan menyebabkan masalah AC mobil gak dingin (kurang ataupun tidak dingin sama sekali)

Jika freon pada AC mobil jumlah / volumenya berkurang atau habis, maka solusinya adalah dengan mengisi ulang freon pada mobil anda.

Tapi tahukah anda bahwasanya freon AC mobil tidak akan habis atau berkurang ?

Berkurang atau habisnya freon menandakan adanya kebocoran pada sistem AC mobil anda. Kebocoran ini baik berada di kondensor AC, saluran AC, maupun pada kompresor AC. Oleh sebab itu, sebelum anda mengisi ulang freon AC, pastikan anda menemukan titik kebocoran freon dan menambalnya. Menemukan dan menambal kebocoran sangat penting karena anda tentu tidak ingin terus-terusan mengisi ulang freon AC. Selain akan menghabiskan banyak uang, terus-terusan mengisi freon akan menyita waktu, tenaga, dan pikiran anda.

Penyebab Kebocoran Freon AC Mobil

Ada banyak sekali hal yang menyebabkan kebocoran sehingga freon AC mobil anda berkurang / habis. Beberapa diantaranya adalah :

  • Retak / Bocornya Kompresor AC Mobil
    Keretakan ataupun kebocoran pada kompresor AC mobil dapat disebabkan oleh hal-hal seperti :– >> Kecelakaan / tabrakan
    — >> Korosi akibat masuknya lendir atau kotoran ke saluran AC mobil
    — >> Tekanan pada kompresor AC yang terlalu besar akibat kebanyakan oli kompresor
    — >> Gesekan di dalam mesin kompresor yang terlalu besar akibat kekurangan oli kompresor
    — >> Bahan spare part AC yang kualitasnya memang rendah
    — >> Faktor usia AC mobil
  • Seal Sambungan Saluran AC yang Tidak Rapat
    Saluran AC yang tidak tersambung dengan rapat akan menyebabkan adanya celah sehingga cairan freon dapat merembet dan menetes keluar sehingga perlahan-lahan jumlahnya akan berkurang. Jika tidak ditangani segera, freon akan habis dan AC mobil akan kehilangan kemampuan pendinginannya.Untuk mencari sambungan saluran AC yang tidak rapat ini diperlukan ketelitian yang sama dengan mencari kebocoran / retak pada kompresor dan sambungan AC.

Selain masalah pada freon AC, masih banyak faktor lain yang menyebabkan AC mobil tidak dingin. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Volume dan Kualitas Oli KompresorVolume Oli Kompresor – Oli kompresor mempengaruhi tekanan di dalam mesin kompresor AC. Jika tekanan kurang (karena volume oli kurang), freon AC tidak dapat secara maksimal tersalurkan ke kondensor AC.

    Jika volume oli kompresor terlalu banyak, tekanan di dalam mesin kompresor AC akan berlebih dan berpotensi dapat menyebabkan retaknya kompresor AC. Retaknya kompresor AC dapat menyebabkan kebocoran freon dan dapat mengurangi kemampuan kompresor dalam menyalurkan / mendorong freon ke dalam kondensor.

    Untuk memastikan volume oli kompresor sesuai standart, sangat penting untuk melihat takaran yang direkomendasikan oleh buku manual. Dan untuk memastikan volume oli kompresor sesuai buku manual, disarankan untuk menggunakan mesin yang mampu menakar volume oli di dalam kompresor dengan sangat teliti. Mesin flushing adalah mesin yang disarankan untuk digunakan setiap kali mengisi ulang oli kompresor AC mobil anda.

Kualitas Oli Kompresor – Kualitas oli juga mempengaruhi kompresor AC agar dapat menghasilkan hawa dingin secara maksimal. Jika kualitas oli tidak terlalu baik, kompresor dapat dengan mudah kehilangan tekanannya. Selain itu, kualitas oli yang buruk dapat menyebabkan kompresor AC mudah mengalami overheating yang dapat menurunkan kualitas freon dalam merefrigerant udara saat melewati kondensor AC.

Untuk mendapatkan oli kompresor yang berkualitas, mintalah saran kepada bengkel AC mobil yang memang berkompeten dan profesional agar oli yang diberikan benar-benar oli yang sesuai dengan spesifikasi kompresor AC anda.

  1. Adanya Masalah pada Komponen AC Mobil Anda
    AC mobil tidak dingin adalah indikator alami adanya komponen AC mobil yang rusak. Ada beberapa komponen AC yang jika rusak akan menyebabkan AC mobil tidak dingin, diantaranya adalah :

– Magnetic Clutch (Coil) yang Rusak
Coil yang rusak akan menyebabkan kompresor AC tidak berputar saat mesin dihidupkan. Hal ini menyebabkan kompresor AC tidak mendorong freon ke kondensor AC sehingga AC mobil menjadi tidak dingin / hanya angin saja.

– Drive atau Fan Belt AC Putus
Drive Belt berfungsi menghubungkan putaran mesin mobil dengan putaran kompresor AC. Jika Drive Belt putus atau lepas, maka kompresor AC tidak akan berputar sehingga freon tidak terdorong ke kondensor AC sehingga AC mobil menjadi tidak dingin / hanya angin saja.

– Overheat pada Sistem AC Mobil Anda
Overheat ini dapat menyebabkan freon AC kehilangan kualitasnya. Selain itu, overheat juga mengakibatkan kompresor AC dapat mati mendadak.

Beberapa penyebab overheat sehingga AC mobil tidak dingin saat macet antara lain oli kompresor kualitas ataupun jumlahnya kurang, cooling fan rusak/mati, AC mobil terlalu kotor, dan kebocoran panas yang berasal dari mesin mobil dan saluran knalpot. Selain itu, overheat juga dapat terjadi karena mobil terlalu lama di bawah sinar matahari, semisal di parkir di tempat yang panas, serta berada terlalu lama di kemacetan jalan pada siang hari.

SOLUSI Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin

Untuk mengatasi masalah tersebut, beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi AC mobil tidak dingin saat macet adalah :

  • Bersihkanlah AC mobil anda (Cuci AC)
    Seringkali masalah AC mobil tidak dingin disebabkan oleh terhalangnya angin yang membawa hawa dingin. Angin terhalang oleh evaporator maupun filter AC yang sudah terlalu kotor. Oleh sebab itu, selain mencuci AC dan evaporator, mengganti filter AC secara berkala juga sangat penting.
  • Lakukan Flushing AC
    Flushing AC adalah proses menyedot isi di dalam kompresor AC seperti oli lama dan kotoran di dalam kompresor lalu mengisi ulang kompresor dengan oli kompresor yang lebih bersih. Flushing juga akan menyedot cairan freon dan mengisi ulang dengan cairan freon baru.Proses flushing adalah prosedur standart yang tidak hanya mengatasi masalah AC mobil tidak dingin namun juga menyelesaikan masalah lain seperti AC mobil bau, dan AC mobil berisik.
  • Mengecheck dan Mengganti Spare Part AC yang Rusak
    Pengecheck an dan penggantian spare part AC membutuhkan pengetahuan yang lebih mengenai AC mobil. Oleh sebab itu, disarankan untuk meminta tenaga profesional untuk melakukannya. Kesalahan dalam pengecheckan dan penggantian spare part dapat menyebabkan kerugian materi maupun kerugian waktu dan tenaga.
  • Hindari Kebiasaan Buruk Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Saat Macet
    Untuk hasil service terbaik, anda perlu mengetahui dan menghindari melakukan kebiasaan buruk yang menyebabkan AC mobil menjadi tidak dingin. Beberapa kebiasaan itu antara lain adalah :Makan dan minum di dalam mobil
    b. Merokok di dalam mobil
    c. Lalai melakukan perawatan berkala pada AC mobil anda
    d. Menggunakan spare part AC KW / Palsu
    e. Membawa mobil anda ke bengkel mobil yang tidak berkompeten

Dokter Mobil adalah spesialis AC mobil yang memberikan layanan secara profesional untuk berbagai kebutuhan anda seperti tune up AC mobil, maupun service kerusakan AC mobil.

Beberapa keunggulan Dokter Mobil di antaranya adalah :

  1. Service AC Mobil Tanpa Bongkar
    Dengan teknologi dan teknik canggih yang dimiliki, Dokter Mobil dapat menservice AC mobil tanpa membongkarnya. Keuntungan dari service ini antara lain :– Waktu service menjadi kurang dari 1 jam
    Ini karena proses bongkar-pasang membutuhkan waktu 5 sampai 8 jam. Dengan tidak adanya proses bongkar pasang, proses service tentu akan lebih cepat.

    – Tidak adanya resiko kesalahan saat bongkar dan pasang
    Saat proses bongkar – pasang, seringkali terjadi kesalahan seperti baut yang sleg, ataupun pemasangan komponen AC yang tidak erat/rapat.

    – Tidak ada resiko spare part AC hilang / rusak selama proses bongkar pasang
    Seringkali dalam proses service AC mobil tidak dingin, ada baut ataupun spare part yang rusak / hilang. Oleh sebab itu, service tanpa bongkar adalah sebuah efisiensi yang sangat menakjubkan dalam service AC mobil.

  2. Mekanik Berpengalaman dengan Peralatan yang Canggih dan Lengkap
    Berbekal peralatan yang canggih dan lengkap, mekanik-mekanik profesional di Dokter Mobil dapat menghasilkan service yang cepat, teliti, dan dengan hasil yang sesuai harapan.Selain itu, mekanik di Dokter Mobil adalah mekanik-mekanik terpercaya yang hanya akan memberikan laporan kerusakan yang jujur dan dapat dipertanggung jawabkan.
  3. Garansi Service AC Mobil
    Di Dokter Mobil memiliki standart AC mobil tidak dingin akan kembali dingin ( di bawah 5 derajat celcius). Jika standart ini tidak tercapai maka Dokter Mobil siap memberikan garansi. Jadi jangan khawatr jika setelah anda meninggalkan bengkel dan bertemu dengan macet lalu masalah AC mobil tidak dingin saat macet kembali datang. Hal ini tidak akan terjadi.Selain garansi service, di Dokter Mobil juga memastikan spare part yang ada adalah spare part asli dan bergaransi sehingga menjamin kenyamanan anda sebagai konsumen dalam mengklaim jasa service maupun barang yang sudah dibeli.
  4. Mampu Menangani Berbagai Jenis Mobil dan AC Mobil
    Tidak seperti kebanyakan bengkel AC mobil lainnya, para mekanik di Dokter Mobil dapat menangani berbagai masalah AC mobil dari berbagai jenis mobil maupun merk AC. Penanganan secara profesional ini meliputi :- Pengecheckan AC mobil secara menyeluruh
    – Estimasi harga di muka
    – dan saran perbaikan serta konsultasi perawatan AC mobil
ac mobil tidak dingin saat macet mungkin disebabkan oleh beberapa faktor di bawah ini
proses service ac mobil tidak dingin saat macet

Bagi anda yang memiliki masalah AC mobil tidak dingin dan membutuhkan jasa service AC secara professional, anda dapat mengunjungi atau menghubungi Dokter Mobil di alamat :

Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 087880884576

Jadi jika anda membutuhkan service masalah AC mobil tidak dingin saat macet maka Dokter Mobil adalah solusi terbaik anda.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *