Cara Mengatasi Oli Mobil yang Boros | Dokter Mobil
 
Posted by admin Mesin

Cara Mengatasi Oli Mobil yang Boros

cara-mengatasi-oli-mobil-yang-boros

cara-mengatasi-oli-mobil-yang-boros

Ini dia tips cara mengatasi oli mobil yang boros. Dokter Mobil akan berbagi informasi yang bermanfaat, simak berikut ini jangan sampai ketinggalan.Oli mobil adalah salah satu komponen yang vital bagi kelangsungan hidup mesin mobil, dan sangat berpengaruh pada performanya. Dimonitor dengan baik, dirawat, serta diganti secara rutin, dan oli pun akan membuat suhu di mesin mobil Anda tetap stabil dan komponen mesin terlindungi karena dilumasi. Namun lupa mengurusnya? Maka bisa dipastikan mobil Anda akan kena dampaknya karena performa yang menurun dan komponen yang rusak.

Salah satu dari masalah tentang oli mesin adalah, banyak orang yang tampaknya jarang menyadari bahwa kapasitas oli juga bisa menjadi masalah. Normalnya, oli bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama, namun jika akhir-akhir ini Anda melihat bahwa indikator oli di mesin berkurang dengan cepat, atau ada tetesan oli maupun rembesannya di lantai maupun sambungan mesin, maka waspadalah.

Jika ternyata Anda mengalami oli yang cepat sekali habisnya dan Anda melihat ada gejala-gejala di atas, maka bisa dipastikan bahwa terjadi kebocoran oli pada mesin mobil Anda. Karena itu, kenali dulu penyebabnya agar Anda bisa mengatasinya. Inilah beberapa di antaranya:

  1. Bocor pada ring/piston

Ketika kebocoran ini terjadi di ring atau piston mobil, maka oli juga menjadi ikut terbakar pada proses pembakaran bahan bakar. Ini bisa dilihat dari asap putih kental yang keluar dari knalpot mobil, yang memberikan tanda bahwa ada oli yang bocor dan berhasil masuk ke piston. Segera perbaiki ring atau piston mobil begitu melihat ini terjadi pada mobil Anda.

  1. Kualitas oli yang buruk

Oli yang buruk ini akan sangat cepat memuai ketika mesin menjadi panas, yang berakibat komponen-komponen di mobil menjadi kehilangan pelumasnya, dan saling bergesekan tanpa adanya perlindungan, menjadi mudah aus. Padahal, kalau saja Anda memakai oli yang bagus, bahkan ketika berkendara hingga luar kota dalam jarak yang panjang, tak akan terjadi pemuaian semacam ini.

Karena itu, segera ganti oli Anda dengan yang kualitasnya lebih bagus. Mahal sedikit tak apa-apa, daripada Anda nantinya harus mengganti mobil secara total.

  1. Seal mobil yang bocor atau rusak

Kadang-kadang pemilik mobil sendiri tak menyadari hal ini, namun seal packing yang berada di antara sambungan mesin bisa saja menjadi bocor. Ini bisa terjadi karena seal yang digunakan dalam waktu lama akan semakin mengeras, membuatnya rentan menjadi robek. Kalau ini terjadi, maka oli bisa saja bocor dari sini, dan berkurang dengan secara pelan-pelan, yang membuat banyak orang tak sadar.

Perhatikan bagian pada sambungan penutup di mesin yang terlihat seal-nya. Kalau ada rembesan oli, ini berarti terjadi kebocoran. Segera ganti seal mesin tersebut, daripada nantinya Anda harus turun mesin.

  1. Ruang bakar mesin bocor

Bisa jadi, ruang pembakaran di mesin mobil bocor karena adanya camshaft yang juga bocor. Akibatnya, oli masuk ke ruang pembakaran. Kalau Anda mengendarai mobil dengan kencang, oli akan semakin banyak yang merembes ke dalam sini. Pantau mobil secara rutin, dan segera bawa ke bengkel jika dirasa ada masalah.

Intinya, mengatasi oli mobil yang bocor mengharuskan Anda untuk merawat mobil secara teratur, dan memperhatikan kapasitas oli Anda dengan rajin. Namun jika Anda tak punya waktu atau merasa kesulitan dalam melakukannya, Anda yang berada di Jakarta bisa menghubungi Dokter Mobil atau membawanya langsung ke workshop Dokter Mobil di Boulevard Raya Blok QJ3 No.2, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Hubungi (021) 4587 6874 untuk keterangan lebih lanjut.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author