Magnet Clutch Komponen Sistem Kelistrikan Pada Kompresor AC Mobil | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Magnet Clutch Komponen Sistem Kelistrikan Pada Kompresor AC Mobil

magnet-clutch-komponen-sistem-kelistrikan-pada-kompresor-ac-mobil

magnet-clutch-komponen-sistem-kelistrikan-pada-kompresor-ac-mobil

Untuk Anda yang memiliki sebuah mobil, tentu sudah tak asing lagi bukan dengan magnet clutch? Magnet clutch adalah komponen sistem kelistrikan pada kompresor AC mobil. Komponen yang satu ini bisa ditemukan dalam mesin mobil. Komponen magnet clutch ini ternyata memiliki fungsi untuk sistem kelistrikan kompresor dan sistem kelistrikan pada AC mobil.

Ternyata magnet clutch memiliki beberapa bagian yang tiap bagian tersebut memiliki fungsi masing-masing. Ada tiga bagian magnet clutch yang perlu Anda ketahui yakni spull, center piece dan pully. Ketiganya memiliki fungsi berbeda namun tetap berkaitan. Apakah Anda sudah mengetahui fungsi dari bagian-bagian tersebut? Jika belum mengetahuinya ada baiknya Anda simak ulasan berikut ini.

Spull

Spull merupakan salah satu bagian dari magnet clutch. Spull terdapat pada bagian paling dalam dari sebuah magnet clutch. Di dalam sebuah spull terdapat kumparan kawat yang bagian luarnya dilapisi oleh isolator.

Pada kumparan tersebut terdapat arus dan tegangan sekaligus. Fungsi dari spull sendiri adalah untuk mengatur daya listrik yang ada pada mobil. Selain itu pada spull ini terdapat konektor kabel yang memiliki fungsi untuk saklar AC sebuah mobil. Jadi ternyata sangat penting sekali bukan kegunaan spull yang ada pada magnet clutch ini. Jika tak ada spull tentu saja sebuah mobil tidak akan bisa menyalakan pendinginnya.

Center Piece

Center piece merupakan salah satu bagian dari magnet clutch juga. Komponen yang satu ini ternyata terhubung pada has yang ada pada bagian kompresor AC mobil. Sedangkan fungsi dari center piece ini adalah untuk menerima daya listrik yang dihasilkan oleh komponen magnet clutch lainnya yakni spull.

Jadi mulai dari sini Anda bisa menyimpulkan jika cara kerja masing-masing komponen ini ternyata saling berhubungan. Selain itu center piece ini juga memiliki peran untuk menyempurnakan ketukan piringan menjadi seimbang.

Pully

Letak komponen pully magnet clutch ini berada diantara spull dan center piece. Pully juga memiliki peran tak kalah penting dari komponen lainnya. Pada sebuah pully terdapat sebuah bearing. Bearing inilah yang bisa merekat di head cylinder dari kompresor AC.

Jadi adanya bearing tersebut juga bisa membantu pully untuk bisa berputar menjadi sempurna. Tanpa adanya komponen pully bisa dipastikan jika center piece dan spull tidak akan bisa bekerja dengan baik. Mengingat letak pully yang berada diantara keduanya dan juga peran pully yang ikut membantu dalam kinerja spull dan center piece.

Cara pemasangan magnet clutch ini ternyata tidak boleh sembarangan. Karena jika sembarangan bisa dipastikan kinerjanya tidak akan baik. Cara pemasangan magnet clutch ini sebaiknya dipasang secara sempurna sehingga magnet clutch ini sejajar dengan komponen mobil lainnya yakni pully kompresor dan pully mesin. Dengan memasangnya secara sempurna, maka bisa dipastikan jika putaran konektor v-belt menjadi lebih stabil. Jadi kinerja daripada mobil Anda bisa lebih maksimal.

Untuk Anda yang sedang mengalami kerusakan dari magnet clutch, jangan terburu panik dahulu. Lebih baik langsung saja bawa mobil Anda ke Dokter Mobil. Bengkel Dokter Mobil merupakan bengkel terbaik yang sangat direkomendasikan untuk Anda.

Selain bisa mengatasi permasalahan tentang magnet clutch, bengkel Dokter Mobil ternyata juga bisa mengatasi permasalahan sistem AC yang ada pada mobil Anda. Untuk Anda yang belum memasang AC mobil, Anda bisa langsung membawanya ke bengkel Dokter Mobil. Biaya pemasangan dan perbaikan yang ditawarkan oleh bengkel Dokter Mobil juga terjamin sangat terjangkau.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author