Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Saat AC Mobil Hidup | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Saat AC Mobil Hidup

penyebab-mesin-mobil-cepat-panas-saat-ac-mobil-hidup

penyebab-mesin-mobil-cepat-panas-saat-ac-mobil-hidup

Inilah penyebab mesin mobil cepat panas saat AC mobil hidup. Saat AC mobil hidup jika mengakibatkan temperatur tinggi mesin atau suhu mesin cepat panas, hal tersebut disebabkan oleh kapasitas pendinginan kondensor Service AC mobil

Pendinginan kondensor AC pembuangan hawa panas kondensor kurang di sebabkan oleh tidak bekerjanya motor extra fan untuk AC mobil atau motor cooling fan. Yang bisa disebabkan karena hembusan angin condenser fan atau extra fan sudah lemah atau tidak berputar saat AC Mobil dihidupkan.

Ketika AC dinyalakan beban mesin otomatis meningkat, dengan adanya bertambahnya beban berarti butuh pembakaran bahan bakar yang lebih sehingga secara langsung meningkatkan temperatur kerja mesin. Dibutuhkan sistem pendinginan yang cukup atau stabil agar temperatur mesin tetap pada batas aman.

Ketika AC dinyalakan masalah  apa yang menyebabkan temperatur mesin meningkat ?

– Beban kompresor, dengan menyalanya kompresor mengakibatkan meningkatnya beban mesin maka otomatis mesin akan menghasilkan panas melebihi dari biasanya. Namun apabila sistem pendinginan tidak mengalami masalah maka kenaikan temperatur mesin tidak signifikan atau masih dapat ditoleransi. kemungkinan permasalahan ada pada :

– clutch fan sudah rusak atau kekurangan oli silicone, periksa dengan menggunakan tangan apakah kipas sangat enteng saat diputar ? jika iya sebaiknya ganti oli silicone atau ganti clutch fan.

– V belt kendor, periksa kerenggangan v belt

– Aliran udara masuk dari luar terhambat oleh modifikasi grill dan sebagainya

–  Penggunaan jenis kompresor yang tidak sesuai dengan spesifikasi jenis mobil. Memodifikasi kompresor dapat menyebabkan penambahan beban yang berlebih pada kendaraan. Termasuk jumlah freon yang berlebihandapat membebani mesin sehingga temperatur mesin meningkat.

– Extrafan AC tidak baik, kurangnya tiupan angin extrafan dapat menaikkan temperatur mesin juga hal ini karena panas freon yang semestinya dilepas ke udara dengan tidak dibantu oleh konveksi paksa oleh extrafan. Sehingga beban ditanggung oleh Kipas radiator saja melalui kisi-kisi radiator. Sehingga mau tidak mau meningkatkan temperatur air coolant.

– Thermostat mengalami kerusakan? Apabila thermostat mengalami kerusakan artinya aliran air terhambat oleh thermostat, padahal temperatur coolant sudah mencapai temperatur bekerja. Namun jika thermostat rusak temperatur coolant akan meningkat meskipun AC tidak dinyalakan. Jadi kemungkinan ke arah sini agak kecil namun tetap ada.

– Kisi-kisi Kondensor dan kisi-kisi radiator dipenuhi oleh debu dan lumpur sehingga kemampuan konveksi ke udara sudah kurang. Setiap hari kisi kisi radiator dan kondensor AC terpapar oleh debu kotoran sampai lumpur. Saat membersihkannya kita hanya membersihkan bagian luar kondensor dan tidak terjangkau kisi-kisi radiator dan bagian dalam kondensor. Ada baiknya kisi-kisi kondensor dan radiator dibersihkan sehingga aliran masuk udara dapat mengambil panas dari kondensor dan radiator.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author