Penyebab Mobil Ngelitik, Ngebul dan Ngempos | Dokter Mobil
 
Posted by admin Mesin

Penyebab Mobil Ngelitik, Ngebul dan Ngempos

penyebab-mobil-ngelitik-ngebul-dan-ngempos

penyebab-mobil-ngelitik-ngebul-dan-ngempos

Ternyata inilah penyebab mobil ngelitik, ngebul dan ngempos. Mesin mobil ngelitik atau brebet menyebabkan akselarasi mobil kita menjadi menurun dan mengakibatkan merasa kurang nyaman. Perawatan mobil membahas apa saja penyebab mesin mobil brebet atau menggelitik secara garis besar ada dua kemungkinan, yang berhubungan dengan pengapian mobil dan yang berhubungan dengan sistem bahan bakar mobil.

Penyebab Mesin Mobil Brebet / Ngelitik / Ngempos

Komponen pengapian mobil :

  • Busi
  • Kabel Busi
  • Koil

Komponen bahan bakar Mobil

  • Fuel Rail
  • Filter Bensin (Fuel Filter)
  • Fuel Pressure
  • Pompa Bensin (Fuel Pump)
  • Injektor / Karburator

Gejala mesin mobil brebet / ngelitik / ngempos umumnya terjadi pada semua tingkat kecepatan, hal ini disebabkan bahan bakar atau pasokan api yang dikirim dari sumbernya tidak bisa sampai ke tujuan dengan sempurna. Contohnya, ketika terjadi perpindahan gigi, mesin mobil menjadi brebet hal ini disebabkan karena kondisi pengapian yang sudah tidak bagus, tidak mampu untuk membakar jumlah bahan bakar yang masuk menjadikan bahan bakar menjadi over suplly atau tidak terbakar secara sempurna.

Salah satu cara mudah mendeteksi adanya kebocoran pengapian adalah saat malam hari atau dapat dilakukan pada tempat gelap. Nyalakan mesin mobil dan perhatikan sekitar perangkat pengapian yang disebutkan di atas, kalau ada kebocoroan biasanya akan otomatis terlihat adanya percikan api. Apabila kita merasa kurang yakin, kita dapat memegangnya langsung terkena setrum mobil.

Untuk mengetahui adanya masalah di dalam sistem bahan bakar, salah satu metode yang paling ampuh adalah menekan secara tiba-tiba pedal gas sampai menyentuh dek mobil. Jika mesin brebet atau jeda, sebaiknya dicek komponen yang berkaitan dengan sistem pendistribusian bahan bakar. Hal ini dikarenakan apabila kita menekan gas secara mendadak mengakibatkan mesin mobil akan meminta bahan bakar dalam jumlah banyak, kalau terdapat masalah di dalam salah satu komponen maka jumlah bahan bakar yang digunakan oleh mesin mobil tidak akan terpenuhi sehingga mengakibatkan brebet / gelitik.

Analogi sederhananya seperti kran air, memiliki selang dan penyemprot. Kran air dapat diibaratkan dengan koil dan fuel pump, kemudian selang sebagai kabel busi dan fuel rail. Penyemprotnya dapat disamakan oleh kabel busi dan busi. Jika kran di buka penuh tetapi ada kebocoran di selang, maka air yang keluar di penyemprot tanaman juga tak akan maksimal. Selain itu, komponen pemberi dan penerima perintah mesin mobil juga bisa menyebabkan mesin brebet seperti Air Flow, ECU,  camshaft, atau juga sensor Crank Sensor.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *