Penyebab Tarikan Mobil Terasa Berat dan Tersendat
 
Posted by Mekanik Juan Mesin, Tune Up Mobil

Penyebab Tarikan Mobil Terasa Berat dan Tersendat

Lalai service berkala jadi penyebab tarikan mobil terasa berat. Kembalikan performa mobil. Ada beberapa cara yg bisa dilakukan. Diantaranya dengan tune up.

Siapa sih yang tidak menginginkan mobil anda bersih dan nyaman saat digunakan? Tentu setiap orang menginginkannya bukan? Oleh karena itu, anda harus rajin dalam merawat dan menservis mobil anda agar terhindar dari permasalahan yang dapat merugikan anda. Salah satunya adalah tarikan mobil yang terasa berat saat digunakan dan masih banyak lagi permasalahan lainnya.

Ini Beberapa Faktor Penyebab Tarikan Mobil Terasa Berat

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan tarikan mobil terasa berat, antara lain adalah sebagai berikut:

Kampas kopling tipis
Kampas kopling sangat penting untuk menguatkan cengkraman kampas pada flywhere sehingga tarikan pada mobil anda terasa ringan. Apabila sudah tipis sebaiknya anda segera menggantinya agar permasalahan pada mobil anda tidak merembet kemana – mana.

Cara mengenali bahwa kampas kopling anda sudah mau habis adalah bau hangus, akselerasi lemah, putaran mesin tinggi, pedal kopling tinggi, selip kopling, anda tidak dapat mengoper gigi saat mesin sudah panas, muncul suara gemuruh saat menginjak kopling,

Mengencangkan sistem rem
Kondisi ini terjadi pada jenis rem tromol saat penyetelan yang telah dilakukan menjadi seret. Hal ini berakibat pada roda mobil yang semakin seret sehingga dapat memberatkan mobil anda saat dijalankan. Selain itu, mesin pada mobil semakin bekerja ekstra. Oleh karena itu anda harus melakukan penyetelan ulang pada rem tromol pada mobil anda.

Bearing roda yang seret
Komponen ini berfungsi sebagai bantalan roda. Apabila kinerja dari komponen tersebut terganggu maka dapat mengakibatkan roda menjadi seret sehingga tarikan mobil terasa berat. Hal tersebut dapat terjadi karena kurangnya pelumas pada bearing sehingga anda menjadi tidak nyaman saat mengendarai mobil.

Turbo vane yang macet
Permasalahan ini dapat anda jumpai pada mobil yang menggunakan mesin diesel. Pada turbo diesel telah dilengkapi dengan teknologi yang dapat mengatur kekuatan bosting turbo.

Sistem transmisi bermasalah
Pada transmisi yang bermasalah dapat menjadikan tarikan mobil berat. Pada mobil yang manual transmisi menggunakan roda gigi, sedangkan pada transmisi matic roda gigi spesial yaitu berbentuk plat lempengan.

Catalytic converter mampet
Salah satu fungsi dari catalytic converter ini sangatlah bagus sekali sebagai salah satu sistem yang mendukung gerakan ramah lingkungan. Mengapa? Hal ini dikarenakan sistem tersebut mampu menyerap gas polutan yang merupakan gas sisa pembakaran dalam mesin mobil anda.

AC Mobil

Sirkulasi AC yang bermasalah ternyata dapat menjadikan mesin terasa berat saat digunakan. Pada umumnya hal ini dikarenakan adanya penyumbatan pada salah satu sistem seperti pada pendingin mobil. Jika masih bermasalah maka silahkan anda bawa ke bengkel. Hal ini dikarenakan jika tidak ditanggulangi dapat menyebabkan tarikan mobil terasa berat.

Saringan udara pada mesin mobil anda kotor

Hal ini dikarenakan mesin yang kotor dapat menyumbat dan menghambat kinerja mesin pada mobil anda.

Cara Mengatasi Tarikan Mobil yang Berat

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menormalkan kembali tarikan mobil anda, diantaranya adalah:

  1. Kompresor yang berfungsi untuk menyemprot bagian dalam saringan udara. Jika anda tidak punya alatnya anda dapat membawa mobil ke bengkel.
  2. Membuka pelindung saringan udara yang terdapat di mesin mobil dengan cara membuka baut satu persatu.
  3. Disemprot pada bagian dalam saringan udara menggunakan angin kompresor sehingga saringan udara pada mobil anda kembali bersih dan terbebas dari kotoran. Alhasil mobil anda dapat berjalan normal kembali.
  4. Anda juga disarankan untuk membersihkan bagian box saringan udara pada mesin mobil anda. Caranya adalah menggunakan kain atau kanebo yang sudah dicelupkan pada air.

Dokter Mobil

Jika anda ingin mengatasi penyebab tarikan mobil terasa berat maka Dokter Mobil adalah solusinya. Silahkan mengunjungi cabang Dokter Mobil terdekat berikut ini:

KELAPA GADING CIBUBUR
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17 Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No 6
Telp (021) 2245 4429 Jl. Alternatif Km 4
Chelsea : 087787133366 ☏ 085817653292
   
SERPONG BEKASI
RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya, Blok G9 No.8C
blok Orange no.5, Gading Serpong (Dekat Pintu Tol Becakayu)
Phone/WA : 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887 | WA : 087887589899

Apapun mobilnya, cari tahu dan atasi penyebab tarikan mobil terasa berat hanya di Dokter Mobil.

 

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *