Perlu Diingat Saat Servis di Bengkel Tune Up Mobil | Dokter Mobil
 
Posted by admin bengkel mobil

Perlu Diingat Saat Servis di Bengkel Tune Up Mobil

servis-mobil-tune-up

servis-mobil-tune-up

Beberapa langkah yang perlu diingat saat servis di bengkel tune up mobil biasanya adalah mengenai filter udara, platina, komponen busi, oli, dan lain sebagainya. Tapi tahukah Anda masih ada langkah lanjutan yang tidak kalah penting harus Anda ketahui supaya meyakinkan bengkel tune up mobil pilihan Anda mengerjakan semuanya dengan beres. Hal tersebut adalah:

Menyetel Celah Katup

Selama penyetelan celah katup, busi tidak perlu dipasang di lubangnya. Biarkan mesin tanpa busi untuk sementara, hingga penyetelan katup selesai. Penyetelan celah katup dalam keadaan mesin tanpa busi akan memperoleh keuntungan sebagai berikut.

  • Mesin akan lebih ringan diputar saat mencari posisi top kompresi masing-masing silinder.
  • Mempermudah dalam memeriksa posisi piston
  • Lebih aman, karena mesin tidak mungkin berputar tanpa busi.

Menyetel Positive Crank Case Ventilation (PCV)

PCV adalah sistem ventilasi ruang engkol. Uap bensin yang bocor ke dalam ruang engkol dialirkan kembali ke ruang bakar mesin melalui sebuah selang yang menghubungkan ruang engkol ke saluran buangan gas. Setelah penyetelan katup, sebaiknya PCV diservis terlebih dahulu sebelum .tes kompresi. PCV cukup berpengaruh terhadap tekanan kompresi dan putaran mesin. Tanpa PCV putaran mesin lebih rendah dibandingkan dengan ketika PCV diaktifkan. Dalam servis PCV, yang perlu diperiksa adalah kerja katup PCV dan kerapatan selang-selangnya. Katup PCV yang telah rusak sebaiknya diganti dengan yang baru.

Menyetel Tali Kipas

Kekencangan tali kipas berpengaruh terhadap pendinginan dan putaran alternator. Jika tali kipas kendor, putaran mesin tidak bisa memutar kipas pendingin dengan baik karena selip. Akhirnya, pendinginan oleh kipas tidak sesuai dengan putaran mesin sehingga mesin menjadi panas. Selain itu, putaran alternator juga tidak bisa maksimum sehingga pengisian ke baterai kurang baik. Oleh sebabnya pengaturan tali kipas juga penting dalam proses tune up mobil.

Menyetel Idel

Penyetelan idel merupakan penyetelan yang paling akhir dalam tune up mesin mobil karena sangat dipengaruhi berbagai komponen mesin Menyetel idel pada prinsipnya adalah menyetel campuran antara udara dengan bensin pada putaran idling. Jadi sebelum menyetel campuran idel, putaran mesin harus stasioner terlebih dahulu. Jika setelah penyetelan idel, kemudian putaran stasionernya berubah, putaran stasioner pun harus disetel ulang.

Demikianlah hal yang perlu Anda ketahui juga sebagai pemilik mobil. Melakukan tune up mobil sebaiknya di bengkel karena komponen mobil tetap saja memerlukan keahlian dan pengawasan yang benar supaya tidak salah mengambil langkah yang justru membuat mobil rusak.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author