Sifat dan Jenis Refrigerant Pada Sistem AC | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Sifat dan Jenis Refrigerant Pada Sistem AC

sifat-dan-jenis-refrigerant-pada-sistem-ac

sifat-dan-jenis-refrigerant-pada-sistem-ac

Saat ini hampir setiap mobil sudah dilengkapi dengan fasilitas pendingin atau sering disebut dengan istilah AC. Wajar saja sekarang ini akan kurang nyaman jika menumpangi mobil tanpa ada pendinginnya. Jika berbicara tentang AC, tentu erat kaitannya dengan refiregrant AC. Komponen yang satu ini memiliki fungsi untuk menyerap panas yang ada di kabin mobil khususnya pada bagian evaporator. Jadi bisa dipastikan bukan tanpa adanya komponen ini pendingin mobil tidak akan memiliki fungsi yang maksimal.

Pada umumnya banyak orang yang berpendapat jika refrigrant yang baik adalah yang mampu menyerap panas saja. Akan tetapi hal ini sangatlah salah. Ternyata ada beberapa sifat lain juga yang harus dimiliki oleh refrigrant AC. Antara lain:

  • Memiliki karakter yang mudah utnuk menguap. Karena jika tidak mudah menguap, bisa dipastikan jika refrigrant tersebut tidak bisa menyerap panas kabin mobil secara baik dan benar.
  • Semakin besar panas yang diserap pada proses penguapan, volume dari sirkulasi refrigrant bisa menjadi lebih kecil. Jadi tak heran adanya refrigrant ini dimaksudkan agar bisa menyerap panas sebanyak mungkin.
  • Pada refrigrant tersebut tidak mengeluarkan reaksi kimia yang berbahaya meskipun sudah digunakan selama beberapa kali.

Terpenting, refrigrant tersebut tidak merusak bagian karet dan logam yang terdapat pada sistem AC.

Sekarang ini sudah banyak jenis refrigrant yang beredar di pasaran. Salah satunya adalah refrigrant tipe R-12. Ada beberapa keuntungan ketika menggunakan refrigrant yang satu ini. Antara lain:

  • Mudah sekali untuk menguap dan berubah wujud menjadi cair. Ini menjadi salah satu ciri jika refrigrant ini mudah sekali menyerap panas.
  • Tidak meledak saat digunakan jadi dijamin tidak akan membahayakan para penumpang.
  • Tidak terjadi perubahan zat kimia selama refrigrant digunakan.
  • Tidak beracun saat dihirup oleh sistem pernafasan manusia.
  • Tidak akan merusak komponen yang ada pada sistem AC mobil.
  • Mudah sekali untuk didapatkan.

Ternyata banyak sekali bukan kelebihan yang bisa diperoleh jika menggunakan refrigrant jenis R-12 ini.

Sayangnya, meskipun memiliki banyak kelebihan jenis refrigrant R-12 ini sudah tak digunakan lagi. Ini disebabkan karena penggunaan refrigrant tipe R-12 ini bisa menyebabkan kerusakan ozon di bumi. Selain itu R-12 ini bisa melepaskan Chlor apabila tersengat sinar ultraviolet dari matahari secara langsung. Tak heran jika saat ini penggunaan refrigrant ini sudah dihentikan secara total. Selain R-12 ada juga refrigran jenis R-134a yang masih diizinkan penggunaannya meskipun bisa menimbulkan dampak yang hampir sama dengan R-12 akan tetapi lebih sedikit.

Jadi manakah jenis refrigrant yang saat ini banyak digunakan? Jawabannya adalah refrigrant jenis Hydrocarbon. Selain banyak penggunanya, refrigrant jenis ini juga dinilai lebih aman serta tidak menimbulkan efek pemanasan global. Jadi dijamin jika Anda menggunakan refrigrant jenis ini tidak akan merusak alam. Selain itu menggunakan refrigrant jenis ini juga tidak akan merepotkan Anda karena jika saatnya penggantian Anda tidak perlu mengganti komponen sistem AC yang lainnya.

Ingin menggunakan refrigrant jenis yang satu ini, Anda bisa membelinya di Dokter Mobil. Disana terdapat banyak jenis refrigrant terbaik yang bisa Anda pilih dan pasang ke dalam mobil Anda. Untuk bisa menjangkau bengkel Dokter Mobil ini juga mudah karena terdapat di kawasan Jakarta bagian utara. Jika Anda berlokasi diluar kota, Anda juga bisa memesan refrigrant ini secara online. Harga dari refrigrant yang dijual di Dokter Mobil juga paling murah dibandingkan dengan refrigrant dari bengkel lainnya.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , ,

About Author