📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Perbedaan Freon R12 dan R134a AC Mobil, Ada yang Ramah Lingkungan!

Perbedaan Freon R12 dan R134a AC Mobil

Dalam AC mobil, dua jenis freon yang umum digunakan adalah Freon R12 dan R134a. Freon merupakan cairan yang berfungsi dalam siklus pendinginan di dalam sistem AC mobil.

Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu menghasilkan udara dingin di dalam kabin, namun terdapat perbedaan Freon R12 dan R134a dalam hal sifat, kinerja, dan dampak terhadap lingkungan.

Artikel ini akan membahas secara mendalam perbedaan Freon R12 dan R134a. Yuk, disimak!

Freon R12

Freon R12, juga dikenal sebagai Dichlorodifluoromethane (CFC-12), adalah freon yang banyak digunakan dalam industri AC mobil pada masa lampau.

Freon ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1930-an dan menjadi standar industri untuk AC mobil selama beberapa dekade.

Namun, karena efek negatifnya terhadap lingkungan, produksi dan penggunaan Freon R12 secara global telah dihentikan.

  • Kelebihan Freon R12

Salah satu kelebihan Freon R12 adalah efisiensi pendinginannya yang tinggi.

Refrigeran ini memiliki kapasitas pendinginan yang baik dan mampu dengan cepat mengubah suhu udara di dalam kabin mobil menjadi dingin.

Hal ini memberikan kenyamanan maksimal bagi pengendara dan penumpang, terutama dalam cuaca panas.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Selain itu, Freon R12 juga memiliki titik didih yang rendah, sehingga mudah menguap saat melewati evaporator dalam sistem AC.

Pengubahan dari bentuk cair menjadi bentuk gas ini memerlukan energi panas, sehingga udara di sekitar evaporator menjadi lebih dingin dan menghasilkan udara dingin yang dihembuskan ke dalam kabin mobil.

  • Kekurangan Freon R12

Sayangnya, kekurangan utama dari Freon R12 adalah dampaknya pada lapisan ozon.

Ketika dilepas ke atmosfer, Freon R12 dapat merusak lapisan ozon yang melindungi Bumi dari sinar ultraviolet berbahaya.

Setiap molekul Freon R12 yang mencapai stratosfer dapat terurai oleh radiasi ultraviolet, dan akhirnya melepaskan klorin yang dapat menyebabkan reaksi kimia berantai yang merusak molekul ozon.

Selain itu, Freon R12 juga memiliki Potensial Pemanasan Global (PPG) yang tinggi.

PPG mengukur kemampuan gas untuk menangkap radiasi panas di atmosfer dan menyebabkan efek pemanasan. Dengan PPG yang tinggi, Freon R12 dapat menyebabkan pemanasan global jika terlepas ke atmosfer.

Freon R134a

Freon R134a, juga dikenal sebagai Tetrafluoroethane (HFC-134a), adalah alternatif yang lebih ramah lingkungan untuk Freon R12.

Refrigeran ini diperkenalkan sebagai pengganti Freon R12 ketika kesadaran tentang efek negatifnya terhadap lapisan ozon semakin meningkat.

Freon R134a diperkenalkan pada tahun 1990-an dan sejak itu telah menjadi pilihan yang umum digunakan dalam sistem AC mobil.

  • Kelebihan Freon R134a

Salah satu kelebihan utama Freon R134a adalah keamanannya terhadap lapisan ozon, jadi poin perbedaan Freon R12 dan R134a yang unggul pada sisi Freon R134a.

Refrigeran ini tidak mengandung klorin, sehingga tidak menyebabkan penipisan lapisan ozon. Penggunaan Freon R134a membantu melindungi lapisan ozon yang sangat penting bagi kehidupan di Bumi.

Selain itu, Freon R134a memiliki Potensial Pemanasan Global (PPG) yang rendah. Dengan PPG yang rendah, Freon R134a memiliki dampak lebih kecil terhadap perubahan iklim jika terlepas ke atmosfer.

Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang lebih ramah lingkungan daripada Freon R12.

  • Kekurangan Freon R134a

Meskipun Freon R134a memiliki keunggulan lingkungan yang jelas, terdapat juga beberapa kekurangan. Salah satunya adalah efisiensi pendinginan yang sedikit lebih rendah daripada Freon R12.

Artinya, untuk mencapai suhu yang sama, sistem AC mobil mungkin memerlukan lebih banyak Freon R134a dibandingkan dengan Freon R12.

Baca Juga: Wajib Tahu, 4 Jenis Freon AC Mobil dan Karakternya

Perbedaan Freon R12 dan R134a

Sama-sama berfungsi untuk memberikan sensasi ‘sejuk’ dari AC mobil, ada perbedaan Freon R12 dan R134a yang cukup signifikan antara satu dengan yang lain, seperti:

  1. Efisiensi Pendinginan

Perbedaan Freon R12 dan R134a terletak pada efisiensi pendinginannya. Freon R12 memiliki efisiensi pendinginan yang lebih tinggi daripada Freon R134a.

Dalam kondisi yang sama, Freon R12 dapat memberikan udara dingin yang lebih cepat dan lebih dingin dibandingkan dengan Freon R134a.

Namun, perbedaan Freon R12 dan R134a ini tidak terlalu signifikan dan mungkin tidak terasa oleh pengendara biasa.

Freon R134a, meskipun sedikit lebih rendah dalam efisiensi pendinginan, masih mampu memberikan udara dingin yang nyaman di dalam kabin mobil.

  1. Dampak Lingkungan

Perbedaan Freon R12 dan R134a yang paling mencolok adalah dampaknya pada lingkungan.

Freon R12 berkontribusi pada penipisan lapisan ozon dan menyebabkan pemanasan global, sementara Freon R134a tidak merusak lapisan ozon dan memiliki dampak yang lebih rendah terhadap perubahan iklim.

Sebagai alternatif yang lebih ramah lingkungan, penggunaan Freon R134a dianggap lebih berkelanjutan dalam jangka panjang.

Hal ini memungkinkan pengendara dan pemilik mobil untuk ikut berkontribusi dalam pelestarian lingkungan tanah air dan melindungi lapisan ozon.

  1. Ketersediaan dan Regulasi

Perbedaan Freon R12 dan R134a juga terlihat dari ketersediaan di pasaran dan regulasi yang mengaturnya.

Freon R12 tidak lagi diproduksi atau digunakan secara luas karena peraturan global yang melarangnya karena dampaknya pada lapisan ozon.

Sebagai gantinya, Freon R134a telah menggantikan Freon R12 sebagai refrigeran yang lebih aman dan ramah lingkungan.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan kesadaran akan perlunya menjaga lingkungan, berbagai negara telah mengadopsi regulasi yang ketat mengenai penggunaan freon.

Penerapan regulasi ini bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan melindungi lapisan ozon, dengan beralih ke alternatif yang lebih ramah lingkungan seperti Freon R134a.

  1. Biaya dan Aksesibilitas

Ada faktor biaya dan aksesibilitas untuk perbedaan Freon R12 dan R134a.

Karena Freon R12 tidak lagi diproduksi, ketersediaannya terbatas dan mungkin mahal jika ditemukan.
Banyak pengguna mobil yang masih memiliki sistem AC yang menggunakan Freon R12 mungkin kesulitan untuk mendapatkan stok refrigeran yang sesuai.

Di sisi lain, Freon R134a lebih mudah diakses dan umumnya lebih terjangkau harganya, jadi poin perbedaan Freon R12 dan R134a yang cukup menonjol.

Penggunaan Freon R134a juga lebih umum dalam berbagai merek dan model mobil, sehingga para pemilik mobil tidak kesulitan dalam mencari freon AC yang sesuai.

Salah satu bengkel mobil di Indonesia yang bisa Anda tuju untuk bisa dapatkan freon R134a yang lebih ramah lingkungan dengan harga yang jauh lebih terjangkau adalah Dokter Mobil.

Karena kualitasnya jelas tak perlu diragukan, salah satunya karena menjadi pionir bengkel mobil bersertifikasi ISO 9001:2015 di Indonesia!

Untuk itu, pastikan segera dapatkan service AC mobil untuk pengisian freon terbaik hanya di Dokter Mobil dengan reservasi dan kunjungi langsung ke cabang Dokter Mobil di:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi: Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240.

Telepon / Whatsapp Live Chat CS:

CUSTOMER SERVICE 1

CUSTOMER SERVICE 2

Dokter Mobil Kelapa Gading 2
Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua Ruko Gading Lavender No.88 D, Pegangsaan Dua, Jakarta, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

Telepon / Whatsapp Live Chat CS:

CUSTOMER SERVICE 1

CUSTOMER SERVICE 2

Dokter Mobil Lontar
Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216.

Telepon / Whatsapp Live Chat CS:

CUSTOMER SERVICE 1

CUSTOMER SERVICE 2

Jadi untuk pahami perbedaan freon R12 dan R134a serta kiat-kiat pengisiannya yang paling tepat, pastikan hanya percayakan pada Dokter Mobil.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!