Tips Cara Merawat AC Mobil New Avanza | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Tips Cara Merawat AC Mobil New Avanza

mobil-new-avanza

mobil-new-avanza

Ini dia tips cara merawat AC mobil New Avanza yang mudah untuk dilakukan bagi para pemilik mobil. Simak tips dari Dokter Mobil, bengkel terpercaya. Salah satu komponen andalan pada sebuah mobil adalah penyejuk udara alias air conditioner (AC). Dengan adanya pendingin ini biasanya selalu digunakan para pemilik mobil demi kenyamanan berkendara, terlebih lagi di saat udara yang panas. Jika Anda termasuk yang sering menggunakannya, sudah sepantasnya komponen ini dirawat dengan baik agar bekerja maksimal dan keseluruhan bagiannya lebih awet.

  • Bersihkan kondensor AC dengan semprotan air mengalir. Lakukan langkah ini ketika mencuci mobil dengan air bertekanan. Arahkan semprotan air ke kondensor AC, yang berada tepat di balik grille Kondensor yang bersih menjadikan embusan udara dari AC akan lebih cepat dingin.
  • Jagalah kebersihan karpet atau lantai mobil. Kebersihan lantai mobil menjadikan udara di dalam kabin mobil juga ikut bersih. Hal ini bertujuan filter AC tidak bekerja terlalu keras untuk menyaring debu dan kotoran, dan juga tidak cepat kotor.
  • Sempatkan untuk membuka kaca sebelum menyalakan AC, dan cobalah gunakan putaran blower yang tertinggi. Langkah ini dilakukan bertujuan agar uap panas di dalam kabin cepat keluar dan berganti. Sehingga AC bekerja secara maksimum serta mempercepat proses pendinginan kabin.
  • Pada saat menempuh perjalanan jauh, matikan AC beberapa saat, baru hidupkan kembali. Tujuannya untuk mengistirahatkan AC agar tidak terus-menerus mendinginkan kabin mobil, dan menghindari pembekuan pada saluran AC.
  • Pilih tempat parkir yang teduh terutama jika parkir kendaraan dalam waktu yang cukup lama. Jika lama ditinggal di tempat panas biasanya saat pengemudi masuk, ruang dalam cukup panas dan mengakibatkan membutuhkan proses pendinginan yang lama. Selain itu beban pendinginan saat mobil berjalan pun juga semakin tinggi.
  • Tidak perlu menggunakan pengharum wewangian yang tidak bermutu. Pewangi tersebut justru akan menimbulkan bau dan susah dibersihkan. Selain itu jangan memakai pengharum model colok ke grill sebab sangat rentan menyebabkan patah.
  • Lakukan perawatan rutin AC. Jangka waktu yang disarankan setahun sekali, yang perlu diganti Receiver Dryer, Oil Compressor, services Blower, Evaporator, kuras Condensor dan Freon. Perawatan rutin di samping memperpanjang fungsi komponen AC menjadi lebih lama, juga akan membuat udara yang berembus selalu segar.

Langkah-langkah sederhana di atas dapat Anda lakukan untuk perawatan sehari-hari untuk merawat AC mobil New Avanza dan bisa dilakukan untuk jenis mobil lainnya. Jika AC mobil Anda bermasalah, segera minta bantuan bengkel terpercaya seperti Dokter Mobil (021) 4584 5268 untuk memeriksa dan memperbaiki agar permasalahan tidak merambat ke komponen-komponen lain pada sistem AC. Perawatan berkala dan pengecekan menyeluruh terhadap AC sebaiknya Anda lakukan di bengkel dengan mekanik ahli.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *