📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Ciri-ciri Mesin Mobil Bekas Banjir, Wajib Hati-hati!

Beberapa Ciri-ciri Mesin Mobil Bekas Banjir

Apakah Anda tengah mencari mobil bekas untuk memenuhi kebutuhan transportasi Anda? Jika ya, maka ada satu hal yang perlu Anda waspadai, yaitu mobil bekas yang pernah terendam banjir.

Memahami ciri-ciri mesin mobil bekas banjir menjadi kunci utama dalam memilih kendaraan yang andal dan bebas dari risiko kerusakan akibat banjir.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara rinci dan informatif mengenai ciri-ciri yang harus diperhatikan saat membeli mobil bekas.

Ciri-ciri Mesin Mobil Bekas Banjir

Beli mobil bekas memang cukup tricky. Meski banyak mobil bekas yang dihargai dengan harga yang cukup murah, seringkali ada banyak mobil bekas banjir yang dijual.

Sedangkan mobil bekas banjir biasanya tidak direkomendasikan untuk digunakan karena mesin mobil bekas sudah bisa dipastikan tak akan prima seperti sedia kala.

Agar tak kecolongan. Berikut adalah beberapa ciri mesin mobil bekas banjir:

  1. Bau Apek yang Kurang Sedap

Ketika Anda masuk ke dalam mobil bekas banjir, ciri mesin mobil bekas banjir yang pertama yang dapat Anda perhatikan adalah aroma khas yang menyerupai bau apek atau aroma yang tidak sedap.

Banjir membawa air yang kemudian meresap ke dalam material interior mobil, seperti karpet, jok, dan panel pintu.

Air ini dapat menyebabkan pertumbuhan jamur dan bakteri, yang menghasilkan bau yang khas.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Saat Anda mencium bau yang mencurigakan, terutama jika bau tersebut tetap ada meski sudah dilakukan pembersihan menyeluruh, maka ini menjadi petunjuk yang kuat bahwa mobil tersebut pernah terendam banjir.

  1. Karat pada Bagian Logam

Mobil yang terkena banjir memiliki risiko tinggi terkena karat pada bagian logamnya, termasuk ciri mesin mobil bekas banjir.

Air banjir seringkali mengandung garam dan partikel-partikel yang korosif. Ketika air banjir masuk ke dalam komponen logam pada mesin, knalpot, suspensi, dan bagian-bagian logam lainnya, proses korosi dapat terjadi secara perlahan namun pasti.

Jika Anda melihat adanya tanda-tanda karat yang tidak wajar atau korosi yang parah pada komponen-komponen tersebut, ini bisa menjadi petunjuk yang jelas bahwa mobil tersebut pernah terkena banjir.

  1. Lumpur dan Kerak di Kompartemen Mesin

Saat mobil terkena banjir, lumpur dan kotoran akan terbawa oleh air dan masuk ke dalam kompartemen mesin.

Lumpur tersebut bisa mengendap di area-area yang sulit dijangkau atau tersembunyi dalam mesin sebagai ciri mesin mobil bekas banjir.

Periksalah bagian-bagian seperti radiator, filter udara, wadah oli, dan area-area lain di sekitar mesin. Jika Anda menemukan adanya lumpur atau kerak yang mengendap, ini merupakan indikasi kuat bahwa mobil tersebut telah terendam banjir.

Lumpur dan kerak ini dapat mengganggu kinerja mesin dan memperpendek umur komponen-komponen penting.

  1. Kabel dan Terminal yang Korosi

Kabel dan terminal yang korosi bisa menjadi ciri mesin mobil bekas banjir yang bisa diidentifikasi. Air banjir dapat menyebabkan korosi pada kabel dan terminal elektrikal di dalam mobil.

Ketika kabel dan terminal terkena air, reaksi kimia antara logam dan air dapat terjadi, menghasilkan bercak putih atau hijau yang menandakan korosi.

Korosi pada kabel-kabel dan terminal-teminal dapat mengganggu aliran listrik yang stabil dan mengakibatkan masalah pada sistem listrik mobil, seperti lampu yang mati, klakson yang tidak berfungsi, atau mesin yang sulit dinyalakan.

Jika Anda melihat tanda-tanda korosi pada kabel dan terminal, ini menjadi tanda peringatan bahwa mobil tersebut pernah terendam banjir dan mungkin memiliki masalah serius pada sistem listriknya.

  1. Masalah pada Sistem Listrik

Salah satu ciri umum pada mobil bekas banjir adalah adanya masalah pada sistem listrik. Air yang masuk ke dalam kabel-kabel dan komponen elektronik mobil dapat mengganggu kinerja sistem ini.

Anda mungkin mengalami lampu yang tidak berfungsi, klakson yang tidak berbunyi, atau masalah lain seperti kesulitan menyalakan mesin atau sistem infotainment yang tidak berfungsi dengan baik.

Jika Anda menemui masalah tersebut saat mencoba mobil bekas, ini menandakan bahwa mobil tersebut pernah terkena banjir dan sistem listriknya mungkin telah terpengaruh.

Baca Juga: Perbaikan Sistem Kelistrikan Mobil Dengan Detail

Ingin Cek Ciri-ciri Mesin Mobil Bekas Banjir? Bawa ke Dokter Mobil Kelapa Gading Solusinya!

Bagi orang yang awam dengan kondisi mesin, jelas tidak bisa memahami lebih dalam seperti apa ciri-ciri mesin mobil bekas banjir.

Karena biasanya juga oknum penjual mobil yang licik akan melakukan berbagai cara agar ciri-ciri mesin mobil bekas banjir tak akan terlihat secara kasat mata.

Agar terdeteksi, pastikan untuk bawa mobil ke bengkel mobil terpercaya dan salah satu bengkel yang bisa dituju karena kualitasnya yang terpercaya adalah Dokter Mobil Kelapa Gading.

Layanan Chekko di Dokter Mobil Kelapa Gading bisa dipilih untuk deteksi apakah ada ciri-ciri mesin mobil bekas banjir pada mobil bekas yang Anda akan beli.

Layanan Chekko ini menggunakan teknisi ahli yang berpengalaman dan peralatan canggih untuk menginspeksi dan memeriksa kondisi mobil dengan hasil yang cepat dan akurat.

Selain itu, layanan ini juga dilengkapi dengan SOP yang sistematis dan terintegrasi, sehingga Anda dapat memperoleh informasi yang lengkap dan detail tentang kondisi mobil kesayangan Anda.

Jika Anda ingin lakukan perawatan di bagian mesinnya? Maka tune up Jet Clean di Dokter Mobil Kelapa Gading bisa jadi pilihan.

Tune up Jet Clean melibatkan pembersihan menyeluruh sistem pembakaran mobil, termasuk busi, throttle body, dan sistem injeksi bahan bakar.

Layanan ini membantu menghilangkan endapan karbon dan kotoran yang dapat mengganggu pembakaran dan kinerja mesin.

Dengan melakukan perawatan secara teratur, seperti tune up Jet Clean, Anda dapat memperpanjang umur busi, mengoptimalkan efisiensi bahan bakar, dan mencegah masalah yang lebih serius pada mesin.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Penyebab Knalpot Mobil Bau Bensin

5 Penyebab Knalpot Mobil Bau Bensin

Apakah Anda pernah mengalami masalah knalpot mobil bau bensin di mobil kesayangan Anda? Bau yang tidak sedap ini bukan hanya mengganggu, tetapi juga bisa menjadi

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form