📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

5 Penyebab Suspensi Mobil Avanza Keras & Cara Mengatasinya

5 Penyebab Suspensi Mobil Avanza Keras & Cara Mengatasinya

Anda merasa guncangan keras saat berkendara dengan mobil Avanza Anda? Suspensi mobil Avanza keras bisa sangat mengganggu kenyamanan berkendara Anda.

Tidak hanya itu, suspensi yang tidak normal juga dapat berdampak pada kinerja kendaraan dan mempercepat keausan komponen mobil.

Terkadang, suspensi mobil Avanza keras dapat disebabkan oleh faktor eksternal seperti kondisi jalan yang buruk atau permukaan yang tidak rata.

Namun, jika suspensi mobil Anda terus-terusan keras, mungkin ada masalah dengan komponen internal.

Meskipun begitu, penyebab suspensi mobil Avanza yang keras dapat beragam, dan sangat penting untuk mengetahui akar permasalahannya agar dapat segera diatasi.

5 Penyebab Suspensi Mobil Avanza Keras

Suspensi mobil yang keras adalah masalah umum yang dihadapi oleh pengguna mobil Avanza.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan suspensi mobil Avanza menjadi keras, dan pemilik mobil perlu memperhatikan gejala-gejala tersebut agar bisa mengatasi masalah dengan tepat waktu.

Berikut adalah 5 penyebab suspensi mobil Avanza keras beserta penjelasannya.

1. Komponen suspensi yang aus

Komponen suspensi yang aus atau kendor adalah salah satu penyebab utama suspensi mobil Avanza keras.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Pada umumnya, komponen yang mudah aus termasuk per dan bantalan. Jika suspensi mobil Avanza sudah cukup lama digunakan, per dan bantalan bisa aus atau bahkan patah.

Kondisi ini akan membuat suspensi mobil menjadi lebih keras dan berisiko mengalami kerusakan yang lebih serius. Jika komponen suspensi aus, segera lakukan penggantian untuk menjaga kenyamanan dan keamanan berkendara.

2. Sistem suspensi yang buruk

Sistem suspensi yang buruk dapat menyebabkan suspensi mobil Avanza menjadi keras dan tidak nyaman.

Salah satu komponen penting pada sistem suspensi adalah shockbreaker. Jika shockbreaker dalam kondisi rusak atau tidak bekerja dengan baik, mobil akan terasa sangat keras saat melintasi jalan yang tidak rata.

Selain itu, bantalan dan per bisa menjadi bermasalah jika sistem suspensi tidak dirawat dengan baik. Pemilik mobil perlu memeriksa dan merawat sistem suspensi secara berkala agar tetap berfungsi dengan baik.

3. Kondisi jalan yang buruk

Kondisi jalan yang buruk seperti lubang, kerikil, atau permukaan jalan yang tidak rata juga dapat menyebabkan suspensi mobil Avanza keras.

Mobil akan terasa guncangan yang lebih kuat dan bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen suspensi jika sering melintasi jalan yang buruk.

Pemilik mobil perlu menghindari jalan yang buruk atau perlu berhati-hati saat melewati jalan yang tidak rata untuk menghindari kerusakan suspensi.

4. Beban berlebih

Beban berlebih pada mobil Avanza dapat menyebabkan suspensi mobil menjadi keras. Jika mobil dipakai untuk membawa beban yang melebihi kapasitas, maka akan membuat suspensi lebih berat dan bekerja keras untuk menahan beban tersebut.

Hal ini dapat menyebabkan suspensi mobil Avanza keras dan berisiko mengalami kerusakan.

5. Umur mobil yang sudah tua

Mobil yang sudah tua umumnya lebih rentan mengalami kerusakan pada suspensinya. Beberapa komponen pada suspensi mobil Avanza bisa aus atau bahkan patah karena usia mobil yang sudah cukup lama.

Selain itu, mobil yang sudah tua juga lebih berisiko mengalami masalah pada sistem suspensi dan shockbreaker.

Pemilik mobil perlu memeriksa dan merawat suspensi mobil secara berkala agar tetap berfungsi dengan baik dan menghindari kerusakan yang lebih serius.

BACA JUGA: 5 Suspensi Mobil Terbaik di Indonesia, Dijamin Empuk Banget!

Suspensi mobil Avanza keras dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk komponen suspensi yang aus, sistem suspensi yang buruk, kondisi jalan yang buruk, beban berlebih, dan umur mobil yang sudah tua.

Jika pemilik mobil menemukan gejala suspensi yang keras, perlu segera menemukan penyebabnya dan melakukan perbaikan dengan tepat waktu untuk menghindari kerusakan yang lebih serius.

Cara Mengatasi Penyebab Supensi Mobil Avanza Keras

Jika Anda mengalami masalah dengan suspensi mobil Avanza keras, ada beberapa cara untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Berikut adalah tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi penyebab suspensi mobil Avanza yang keras:

1. Perbaiki Komponen Suspensi yang Rusak

Salah satu penyebab suspensi mobil Avanza keras adalah kerusakan pada komponen suspensi, seperti per yang kendor atau rusak.

Jika hal ini terjadi, Anda perlu segera memperbaiki komponen tersebut. Anda dapat membawa mobil Anda ke bengkel untuk diperiksa dan diperbaiki oleh mekanik yang terlatih.

Atau, jika Anda merasa mampu, Anda dapat memperbaiki komponen tersebut sendiri dengan membeli suku cadang yang diperlukan dan mengikuti panduan perbaikan.

2. Ganti Suspensi Mobil

Jika perbaikan komponen suspensi tidak berhasil mengatasi masalah, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk mengganti suspensi mobil secara keseluruhan.

Anda dapat memilih untuk mengganti suspensi dengan jenis yang sama seperti suspensi bawaan pabrik, atau memilih suspensi yang lebih baik dan lebih berkualitas.

Pilihlah suspensi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

3. Lakukan Perawatan Teratur pada Mobil

Melakukan perawatan teratur pada mobil dapat membantu mencegah masalah suspensi yang keras.

Perawatan yang tepat dapat melindungi komponen suspensi dan mencegah kerusakan pada bagian-bagian lain dari mobil.

Anda dapat melakukan perawatan mandiri seperti menjaga tekanan ban yang tepat, memeriksa keausan dan kekencangan komponen suspensi secara berkala, dan membersihkan mobil secara teratur.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form