📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

6 Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil Ertiga yang Benar

6 Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil Ertiga yang Benar

Jika kamu sering mengalami masalah AC mobil Ertiga yang kurang dingin atau bau tidak sedap ketika dihidupkan, kemungkinan besar bagian evaporator yang terletak di dalam dashboard mobilmu perlu dibersihkan. Membersihkan evaporator AC mobil Ertiga yang benar dapat membantu memaksimalkan kinerja AC dan menjaga kualitas udara di dalam mobil agar tetap sehat.

Namun, membersihkan evaporator AC mobil Ertiga tidaklah semudah membersihkan bagian luar mobil. Hal ini karena evaporator terletak di dalam dashboard mobil dan tidak mudah dijangkau. Oleh karena itu, perlu diperhatikan cara-cara yang tepat untuk membersihkannya agar tidak merusak bagian dalam mobil.

6 Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil Ertiga

Ketika musim panas tiba, AC mobil menjadi sangat penting, terutama bagi para pemilik mobil Ertiga yang ingin menikmati perjalanan yang nyaman dan dingin. Namun, seringkali masalah muncul ketika AC mobil tidak dingin atau bau tidak sedap tercium dari dalam mobil. Salah satu penyebab masalah tersebut adalah evaporator yang kotor dan perlu dibersihkan. Berikut ini adalah 6 cara membersihkan evaporator AC mobil Ertiga yang benar.

1. Membersihkan Filter AC

Filter AC adalah komponen penting yang perlu dibersihkan secara rutin. Filter AC yang kotor dapat menyebabkan kinerja AC menjadi kurang optimal dan membuat kualitas udara di dalam mobil menjadi buruk. Untuk membersihkan filter AC mobil Ertiga, kamu perlu membuka panel filter yang terletak di bawah dashboard mobil. Bersihkan filter dengan kuas atau vacuum cleaner dan pastikan untuk mengganti filter jika sudah terlalu kotor.

2. Membersihkan Kipas AC

Kipas AC merupakan komponen yang membantu sirkulasi udara di dalam mobil. Jika kipas AC kotor, sirkulasi udara di dalam mobil akan terganggu dan membuat kinerja AC menjadi kurang optimal. Untuk membersihkan kipas AC, lepaskan penutup kipas dan bersihkan dengan kuas atau vacuum cleaner.

3. Menggunakan Cairan Pembersih Evaporator

Cairan pembersih evaporator dapat membantu membersihkan evaporator AC mobil Ertiga secara menyeluruh. Cairan ini dapat menembus ke dalam lubang-lubang kecil di dalam evaporator dan membersihkannya dengan baik. Namun, pastikan untuk memilih cairan pembersih yang aman dan sesuai dengan merek AC mobil Ertiga. Setelah menggunakan cairan pembersih, bilas evaporator dengan air bersih dan biarkan kering sebelum dipasang kembali.

4. Membersihkan Drainage Pipe

Drainage pipe adalah pipa pembuangan air AC yang terletak di bawah dashboard mobil. Pipa ini perlu dibersihkan secara teratur untuk mencegah terjadinya penyumbatan dan masalah bau tidak sedap. Untuk membersihkan drainage pipe, gunakan kabel pembersih khusus yang bisa dibeli di toko aksesoris mobil. Selain itu, semprotkan juga cairan pembersih ke dalam pipa untuk membersihkannya secara menyeluruh.

5. Membersihkan Kisi-kisi Pembuka Udara

Kisi-kisi pembuka udara adalah komponen AC mobil yang sering diabaikan dalam proses pembersihan. Padahal, kisi-kisi pembuka udara dapat menjadi sarang kuman dan debu yang dapat mempengaruhi kualitas udara di dalam mobil. Bersihkan kisi-kisi pembuka udara dengan kuas atau semprotkan cairan pembersih. Pastikan juga untuk membersihkan daerah di sekitar kisi-kisi agar tidak terdapat kotoran yang mengendap.

6. Membersihkan Bagian Dalam Dashboard

Jika evaporator AC mobil Ertiga terletak di dalam dashboard, kamu perlu membersihkan bagian dalam dashboard dengan hati-hati. Bersihkan dengan kuas atau vacuum cleaner, namun pastikan untuk tidak merusak kabel-kabel yang terhubung dengan AC mobil. Lakukan pembersihan secara berkala untuk menjaga evaporator dan komponen AC mobil tetap bersih.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

BACA JUGA: AC Mobil Ertiga Tidak Dingin? Cek Komponen-komponen Ini!

Membersihkan evaporator AC mobil Ertiga dengan benar dapat membantu memaksimalkan kinerja AC dan menjaga kualitas udara di dalam mobil agar tetap sehat. Melakukan perawatan secara rutin dengan membersihkan filter AC, kipas AC, drainage pipe, kisi-kisi pembuka udara dan bagian dalam dashboard, serta menggunakan cairan pembersih evaporator yang tepat dapat membantu menjaga AC mobil Ertiga agar tetap dingin dan berfungsi dengan baik. Pastikan untuk memperhatikan setiap detail dalam proses pembersihan dan menggunakan alat dan bahan yang sesuai agar tidak merusak komponen AC mobil.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form