📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

7 Cara Membersihkan AC Mobil APV, Pasti Dingin Lagi !

7 Cara Membersihkan AC Mobil APV, Pasti Dingin Lagi !

Membersihkan AC mobil APV secara rutin sangat penting untuk menjaga kualitas udara yang dihasilkan oleh AC. AC mobil APV yang tidak dibersihkan secara teratur dapat menyebabkan timbulnya bau tak sedap dan menimbulkan masalah kesehatan, seperti alergi dan infeksi saluran pernapasan. Oleh karena itu, penting untuk paham cara membersihkan AC mobil APV dan melakukan pembersihan AC mobil APV secara teratur untuk menjaga kualitas udara yang dihasilkan.

Selain itu, cara membersihkan AC mobil APV yang benar juga dapat memperpanjang usia AC tersebut. Kotoran dan debu yang menempel pada evaporator dan blower AC dapat menyebabkan kerusakan pada AC jika tidak dibersihkan secara teratur.

7 Cara Membersihkan AC Mobil APV

Membersihkan AC mobil APV secara rutin merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk menjaga kualitas udara yang dihasilkan oleh AC. Berikut ini adalah 7 cara membersihkan AC mobil APV yang dapat Anda lakukan:

1. Membersihkan Filter Udara

Membersihkan filter udara merupakan langkah pertama yang harus dilakukan ketika membersihkan AC mobil APV. Filter udara yang kotor dapat menghambat aliran udara yang masuk ke dalam AC, sehingga AC tidak dapat berfungsi dengan baik. Membersihkan filter udara bisa dilakukan dengan cara membuka filter, kemudian membersihkannya dengan kuas atau lap basah, dan keringkan sebelum dipasang kembali.

2. Membersihkan Evaporator

Evaporator adalah bagian AC yang berfungsi untuk mendinginkan udara. Debu dan kotoran yang menempel pada evaporator dapat menghambat aliran udara dan membuat AC tidak dapat berfungsi dengan baik. Cara membersihkan AC mobil APV bagian evaporator dapat dilakukan dengan membuka tutup evaporator dan membersihkannya dengan menggunakan kuas atau lap yang telah dibasahi dengan air sabun atau pembersih evaporator. Setelah itu, keringkan evaporator sebelum dipasang kembali.

3. Membersihkan Blower AC

Blower AC adalah bagian yang berfungsi untuk mengalirkan udara dingin ke dalam kabin mobil. Kotoran dan debu yang menempel pada blower AC dapat membuat udara yang dihasilkan tidak segar dan menyebabkan masalah kesehatan. Membersihkan blower AC bisa dilakukan dengan membuka bagian yang menutupi blower AC dan membersihkannya dengan menggunakan kuas atau lap yang telah dibasahi dengan air sabun atau pembersih blower AC.

4. Membersihkan Kondensor

Kondensor adalah bagian AC yang berfungsi untuk mengeluarkan udara panas dari kabin mobil. Kondensor yang kotor dapat menghambat aliran udara dan membuat AC tidak dapat berfungsi dengan baik. Cara membersihkan AC mobil APV bagain kondensor dapat dilakukan dengan membersihkannya dengan menggunakan kuas atau lap yang telah dibasahi dengan air sabun atau pembersih kondensor.

5. Membersihkan Saluran Pembuangan Air

Saluran pembuangan air adalah bagian AC yang berfungsi untuk membuang air yang dihasilkan oleh AC. Saluran pembuangan air yang tersumbat dapat membuat air tidak bisa mengalir keluar dan mengakibatkan air berlebihan yang mengganggu kabin mobil. Membersihkan saluran pembuangan air dapat dilakukan dengan menggunakan alat yang khusus untuk membersihkan saluran pembuangan air.

6. Membersihkan Ruang Kabin

Cara membersihkan AC mobil APV untuk bagian ruang kabin mobil juga merupakan bagian yang penting untuk menjaga kualitas udara yang dihasilkan oleh AC. Membersihkan ruang kabin bisa dilakukan dengan menyedot debu dan kotoran menggunakan vacuum cleaner atau menyapu dengan sapu lidi.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

7. Mengganti AC Mobil APV

Jika AC mobil APV sudah cukup tua dan sering mengalami masalah, mengganti AC baru adalah solusi terbaik. AC baru memiliki kualitas yang lebih baik dan lebih tahan lama dibandingkan dengan AC lama.

Membersihkan AC mobil APV secara rutin sangat penting untuk menjaga kualitas udara yang dihasilkan oleh AC. Dalam membersihkan AC mobil APV, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan seperti membersihkan filter udara, evaporator, blower AC, kondensor, saluran pembuangan air, ruang kabin, serta mengganti AC baru. Setiap langkah perawatan AC mobil APV memiliki peranan penting dalam menjaga kualitas udara yang dihasilkan oleh AC.

BACA JUGA: 6 Cara Mengatasi AC Mobil APV Mati & Perawatannya

Dengan melakukan perawatan AC mobil APV secara rutin, maka dapat menghindari terjadinya kerusakan pada AC dan mencegah biaya perbaikan yang mahal di masa depan. Selain itu, dengan memahami cara membersihkan AC mobil APV yang benar dan rutin, hal ini juga dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara.

Kabin mobil yang sehat dan segar akan membuat pengemudi dan penumpang merasa nyaman saat berkendara dan meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan akibat kurangnya konsentrasi. Oleh karena itu, pahami ketujuh cara membersihkan AC mobil APV di atas dan jangan lupa untuk selalu merawat AC mobil APV secara rutin serta melakukan perbaikan ketika diperlukan.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/