New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

AC Mobil Bunyi Berdecit, Ini Sebabnya !

Ada banyak sekali penyebab AC Mobil Bunyi Berdecit ketika dinyalakan, mulai dari tali kipas AC yang kendor, bearing AC yang sudah aus dan waktunya untuk diganti. Selain hal tersebut, sampai yang paling parah adalah kompressor AC itu sendiri yang bermasalah.

Agar Sobat lebih memahami penyebab AC Mobil Bunyi Berdecit saat dihidupkan, sebaiknya anda juga perlu tahu ciri kerusakan AC agar nantinya anda bisa dengan mudah melakukan penanganan dengan tepat. Berikut ulasannya;

1. AC mobil bunyi mencicit saat dinyalakan karena fanbelt AC kendor

Sistem AC mobil juga membutuhkan fanbelt atau tali kipas yang nantinya dihubungkan dan digunakan untuk memutar kompresor AC. Untuk jenisnya ada yang berupa tali / belt kompressor tunggal, dimana tali belt ini dihubungkan hanya antara pulley crankshaf dan pulley kompressor AC. Ada pula tali belt AC yang selain dihubungkan dengan pulley kompressor, juga dihubungkan ke pulley alternator atau bahkan semua bagian pulley hanya dihubungkan oleh satu tali kipas. Tali atau belt yang kendor juga bisa menimbulkan bunyi berdecit.

Ciri utama adalah tali kipasnya yang kendor

Ketika pertama kali AC dinyalakan, maka bunyi tersebut akan secara terus menerus terdengar sampai anda mematikan AC baru bisa hilang. Untuk memeriksa apakah belt ini yang menjadi penyebab bunyi, kalian bisa menyetel kekencangan tali / belt ini atau melumasi tali kipas dengan menggunakan gemuk / vet / grease dan mencoba menyalakan mesin mobil, kemudian menyalakan AC.

2. AC mobil bunyi decit karena bearing pulley kompressor yang aus

Penyebab bunyi decit pada saat AC mobil dinyalakan selanjutnya adalah karena disebabkan oleh rusak atau ausnya komponen bearing pulley kompressor sehingga setiap kali AC dinyalakan, baik pada saat kompressor AC bekerja atau tidak bunyi decit tersebut tetap terdengar.

Cara Memastikan Jika Bermasalah?

Coba lepaskan fanbelt kompressor AC ini, kemudian putar pulley kompressor dengan tangan. Bila putaran pulley terdengar kasar maka bisa dipastikan bunyi tadi disebabkan oleh bearing pulley yang rusak. Langkah mengatasinya adalah dengan melakukan penggantian bearing pulley ( bila bisa diganti ) atau mengganti pulley kompressor AC jika ternyata bearingnya tidak bisa dilepas.

3. AC mobil bunyi berdecit karena kompressor AC bermasalah

Dan penyebab terakhir ialah bisa jadi piston kompressor atau yang lainnya. Ciri utama bila kompressor yang bermasalah adalah, ketika AC dinyalakan dan kompressor sedang bekerja maka bunyi decit tadi akan muncul, namun ketika kompressor AC nya tidak sedang bekerja maka bunyi berdecit tadi akan hilang.

Apa yang seharusnya dilakukan?

Bila kompressor AC mobil yang jadi sumber masalah bunyi sebaiknya anda lakukan servis / perbaikan agar kerusakannya tidak semakin parah.

Komponen yang ada didalam kompressor AC ini sangatlah banyak dan penyebab kenapa kompressor bisa sampai berbunyi juga bermacam macam, mungkin dilain kesempatan akan kami bahas mengenai hal ini.

Solusinya?

Bila suara decitan pada AC mobil terjadi, Anda bisa menyemprotkan cairan pelembab belt sehingga cengkeramannya lebih baik dan tidak terjadi selip. Namun selip juga bisa terjadi karena setelan tensioner belt kurang kencang.

Dokter Mobil

Bagi anda yang membutuhkan perawatan dan service AC mobil untuk mengatasi masalah Penyebab AC Mobil Bunyi Berisik

Silahkan menghubungi Dokter Mobil.

Dokter Mobil adalah bengkel AC mobil yang memiliki beberapa keunggulan seperti:

– Mekanik berpengalaman lebih dari 5 tahun
– Peralatan service yang lengkap dan berteknologi terbaru
– Spare part pengganti asli dan berkualitas
– Pengecheckan AC mobil yang “By Data” menggunakan mesin canggih
– Pengecheckan AC mobil GRATIS
– Garansi uang kembali 100% jika masalah muncul kembali.

Jika anda membutuhkan service mengatasi Penyebab AC Mobil Bunyi Berisik silahkan menghubungi Dokter Mobil di phone/kontak:

KELAPA GADING CIBUBUR SERPONG BEKASI
Jalan Boulevard Raya Kawasan Niaga Citra Gran RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya,
Blok QJ1 No.17 Blok R6 No 6 blok Orange no.5 Depan Pintu Tol Ramp Off
Kelapa Gading Jl. Alternatif Km 4 Gading Serpong Tol Becakkayu – Pondok Kelapa
☏ (021) 2245 4429 ☏ 085817653292 ☏ 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887
WA : 087787133366 WA : 085817653292 WA : 0813-1991-2289 WA : 087887589899

Demikian informasi yang dapat Dokter Mobil berikan. Jika anda merasa informasi ini kurang, silahkan bertanya melalui kontak di atas, ataupun dengan meninggalkan pertanyaan anda di kolom komentar di bawah ini.

Dokter Mobil, Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya.

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bingung Check Up Beli Mobil Bekas? Dokter Mobil adalah Solusinya
Menyimpan Hand Sanitizer Gel di Mobil, Bolehkah?
Daya Tarik Hyundai Palisade Terhadap Pecinta Mobil Indonesia
8 Alasan Anda Harus Menggunakan Produk Anti Limbung Mobil di Dokter Mobil
Ciri Kipas Radiator Lemah Yang Mulai Terjadi Pada Mobil Anda