New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Mati Total

5 Cara Mengatasi Mobil Mati Total dengan Cepat dan Mudah

Memahami cara mengatasi mobil mati total sangatlah penting. Terutama saat hendak bepergian jauh. Misalnya ketika hendak mudik. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan ketika masalah ini menimpa anda.

Pada dasarnya kasus mobil yang mengalami mati total ini disebabkan oleh banyak faktor. Bahkan seringkali masalah ini terjadi karena ada kerusakan pada 3-4 komponen sekaligus. Sedih memang, tapi seperti itulah kenyataannya. Oleh sebab itu sangat penting untuk merawat mobil dengan sebaik-baiknya.

Langkah dan Cara Mengatasi Mobil Mati Total

Walaupun mobil sudah dicek sebelum berangkat, namun masalah mobil mogok dan tidak bisa dihidupkan sama sekali (mati total) bisa terjadi. Oleh sebab itu, demi kelancaran berkendara, wajib hukumnya untuk tahu cara mengatasi masalah ini.

Bagaimana caranya?

Tetap Tenang

Panik tidak akan menyelesaikan masalah. Tidak perlu juga untuk marah-marah pada orang-orang di sekitar anda. Selain itu, panik hanya akan menyebabkan terhambatnya kemampuan untuk berpikir dan menyelesaikan masalah ini dengan baik dan benar.

Tetap Tenang dan Cari Penyebab Mogoknya Mobil

Tetap tenang juga penting agar tidak melakukan kesalahan, misalnya mendorong mobil matik yang mogok secara sembarangan. Padahal mobil matik tidak boleh didorong sembarangan loh.

Cara Memindahkan Mobil Matic yang Mogok Karena Masalah Aki Mobil

Ada beberapa hal sederhana yang perlu dicek karena kerap menjadi sumber masalah yang tidak disadari, misalnya:

  • Bensin atau solar ternyata habis
  • On/Off ternyata belum dinyalakan

Jika memang bukan kedua masalah tersebut yang menjadi sumber masalah, maka silahkan melakukan tindakan lanjutan.

Hubungi Bengkel Mobil Terdekat

Setelah merasa tenang dan aman, carilah kontak orang yang bisa dimintai tolong. Boleh kerabat, teman, atau siapa saja yang menurut anda bisa mengatasi masalah ini. Namun sangat disarankan untuk menghubungi bengkel mobil yang berpengalaman. Dengan demikian, anda bisa lebih tenang dan yakin akan hasil servicenya.

Pengecekan dan Perbaikan Mobil Mati Total di Dokter Mobil

Namun jika anda mau mencoba memperbaiki sendiri masalah ini, boleh-boleh saja untuk dilakukan. Namun pastikan anda memiliki peralatan untuk melakukan pengecekan dan pembongkaran.

Check Sumber Masalah

Masalah mobil mati total seringkali menjadi masalah yang sebenarnya bisa anda atasi sendiri. Adapun langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mencari penyebab masalah ini.

Pengecekan Perlu untuk Diagnosa dan Memberikan Solusi yang Tepat

Ada beberapa hal yang menyebabkan mobil mati total, di antaranya adalah:

  • Aki yang Mulai Lemah

    Tanda aki mobil anda lemah adalah kondisi level air aki yang sudah dibawah normal. Selain itu, anda juga bisa mengecek umur aki. Apakah umur aki masih baru, atau sudah lama tidak pernah diganti.

    Agar tidak menimbulkan asumsi, sangat penting untuk datang ke bengkel mobil yang menyediakan alat untuk cek umur aki mobil. Dengan demikian, kondisi aki mobil bisa dicek dengan akurat.

  • Dinamo Starter yang Bermasalah

    Pada dasarnya dinamo starter akan berhubungan dengan aki dan baterai, rangkaian starter, relay starter (bendik), dan motor starter. Jika satu atau lebih dari komponen tersebut bermasalah, maka dinamo starter pasti akan bermasalah.

    Avometer dan multimeter bisa digunakan untuk mengecek ada tidaknya rangkaian arus pada komponen-komponen tersebut. Komponen yang arusnya bermasalah menurut avometer berarti menjadi penyebab masalah mati total pada mobil anda.

  • Busi, Kabel Busi, dan Koil Mobil yang Rusak

    Ketiga part tersebut adalah komponen utama untuk pengapian mobil. Cobalah kondisi komponen tersebut. Beberapa kondisi yang sering muncul adalah adanya kabel yang copot, busi sudah tua dan berkarat, koil lemah, ataupun adanya kebanjiran oli di sistem busi.

    Seringkali semua tampak normal, busipun masih terlihat baru, namun sebenarnya busi mati. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk mengetes dengan menggunakan busi lainnya.

  • Kompresi Silinder Rendah dan Choke Bermasalah

    Masalah ini biasa terjadi karena mobil overheat. Cek apakah kondisi air radiator dalam keadaan normal dan mesin tidak panas berlebihan. Bisa juga terjadi karena oli sudah tidak lagi mampu melumasi mesin dengan baik.

    Silinder penuh karbon juga bisa saja terjadi. Terutama pada mobil yang jarang melakukan tune up. Oleh sebab itu, sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan untuk mentune up mobil terlebih dahulu.

  • Injektor yang Kotor dan Tersumbat oleh Debu

    Bahan bakar mungkin terisi penuh. Namun jika bahan bakar tersebut tidak bisa masuk ke ruang pembakaran, maka mesin tidak akan menyala. Seringkali ternyata bahan bakar tidak masuk ke ruang pembakaran karena injektor yang tersumbat. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengecek kapan terakhir kali tune up.

    Jika memang sudah cukup lama tidak melakukan tune up, ada kemungkinan saluran bahan bakar mampet. Terutama bagian injektornya.

Jika anda sudah menemukan sumber masalah, maka perbaikan akan lebih mudah. Bisa dengan memperbaiki komponen yang rusak, atau dengan mengganti komponen yang rusak tersebut. Jika masalah karena ada komponen yang dibutuhkan (misalnya mogok karena air radiator kosong, atau oli habis), maka komponen tersebut harus segera disediakan kembali.

Lakukan Penanganan Sesuai Penyebab Mobil Mati Total

Dengan mengetahui penyebab masalah, maka penanganan akan lebih mudah. Jika penyebab masalahnya karena bahan bakar habis, silahkan mengisi BBM terlebih dahulu. Jika memang karena masalah di kelistrikan mobil (aki, ataupun dinamo starter) maka disarankan untuk menggunakan jumper untuk merangsang mobil menyala.

Bagaimana cara menjumper mobil yang mogok total?

Sebelum melakukan jumper pada mobil mogok, pastikan untuk menyiapkan 1 aki lainnya yang berfungsi dengan baik. Tegangan aki juga harus sama atau lebih besar dari aki yang terpasang pada mobil saat ini.

Ada sebuah alat yang bernama powerbank jumper. Harga alat ini sebesar 300-500 ribuan. Alat ini dapat digunakan untuk melakukan jumper dengan sangat praktis.

Ketika mobil sudah dijumper, mobil biasanya akan langsung menyala. Namun jika jumper masih gagal, cobalah untuk mengisi daya aki terlebih dahulu. Jika daya aki tidak bisa diisi, maka mau tidak mau harus membeli aki mobil yang baru.

Bagaimana jika jumper masih juga gagal?

Jika cara mengatasi mobil mati total masih gagal dengan cara jumper, maka kemungkinannya adalah bahwa penyebab mati total pada mobil bukanlah pada kelistrikannya saja. Bisa jadi ada kemungkinan-kemungkinan lainnya. Misalnya overheat, pembakaran gagal, ataupun terjadi error pada sistem ECU mobil.

Melakukan Jumper Harus Dilakukan dengan Baik dan Benar

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk mengambil jasa towing untuk membawa mobil ke bengkel terdekat. Atau memanggil teknisi home service untuk melakukan pengecekan secara total dan menyeluruh.

Itulah beberapa cara mengatasi mobil mati total dan tidak bisa dinyalakan lagi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Jika memang dirasa bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman ataupun keluarga anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!