New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
penyebab ac mobil boros bensin

Ini Dia Penyebab AC Mobil Boros Bensin Ketika Digunakan

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab AC mobil boros bensin? Ya, penyebab AC mobil terlalu boros bahan bakar ini dikarenakan kesalahan pengemudi dalam berkendara. Sebab, pengendara terlalu sering mengendarai mobil dengan menghidupkan AC mobil untuk waktu yang lama.

Terlebih ketika melewati jalanan yang menanjak, tentu saja tarikan mobil semakin berat dan boros bahan bakar bensin. Akibat penggunaan AC mobil di jalanan menanjak, maka konsumsi bahan bakar mobil pun meningkat 20% dibandingkan dengan berkendara di jalan biasa. Maka dari itu, Anda wajib tahu apa saja yang menyebabkan mobil boros bahan bakar ketika AC mobil dihidupkan.

Ini Dia Hal-Hal yang Menjadi Penyebab AC Mobil Boros Bensin Ketika Digunakan

penyebab ac mobil boros bensinAda beberapa hal yang menyebabkan mobil Anda boros bahan bakar ketika digunakan berkendara sembari menghidupkan AC mobil. Ya, ada beberapa hal yang menjadi penyebab AC mobil terlalu boros bahan bakar yang harus Anda ketahui. Maka dari itu, inilah beberapa penyebabnya. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Terlalu Sering Menghidupkan AC Mobil

Penyebab pertama, pengendara terlalu sering menghidupkan AC mobil ketika berkendara. Hal tersebut mungkin wajar-wajar saja, terlebih ketika suhu diluar cukup panas.

Maka dari itu, Anda disarankan untuk menggunakan AC mobil agar tidak hilang konsentrasi dalam berkendara. Namun, Anda juga tidak boleh sering-sering berkendara dengan menghidupkan AC mobil.

Sebab, menghidupkan AC mobil dapat membuat konsumsi bahan bakar meningkat sekitar 20%. Sebab, bensin kendaraan ini juga digunakan untuk menghidupkan dan mengoperasikan komponen pendingin AC mobil.

  1. Mesin Mobil Terlalu Panas

Penyebab kedua, mesin mobil yang terlalu panas karena digunakan selama berjam-jam sembari menghidupkan AC juga menjadi salah satu penyebab AC mobil boros bensin.

Sebab, komponen AC mobil akan bekerja lebih ekstra agar suhu mesin mobil tetap stabil dan tidak mengalami overheating karena suhu mesin mobil terlalu panas. Selain itu, komponen AC mobil juga tetap bekerja untuk menyediakan suhu dingin mobil.

Oleh sebab itu, komponen AC mobil butuh asupan bahan bakar ekstra. Alhasil, mobil Anda pun terasa boros karena Anda berkendara selama berjam-jam dengan menghidupkan AC mobil.

  1. Adanya Kebocoran pada Sistem AC Mobil

Ketika AC mobil mengalami kebocoran, maka suhu kabin kendaraan pun menjadi tidak dingin. Sehingga, secara tidak langsung pemilik kendaraan akan menambah kecepatan putaran AC mobil. Hal ini yang menstimulasi kerusakan lebih parah.

Sebab, kompresor AC dipaksa untuk bekerja lebih keras. Alhasil, konsumsi bahan bakar juga semakin meningkat. Untuk itu, segera cek komponen AC mobil Anda apabila ditemukan adanya kebocoran pada kompresor. Sebab, kerusakan pada kompresor AC mobil harus ditangani segera guna mencegah kerusakan permanen.

Cara Mengatasi Masalah Mobil Boros Bensin

Apabila Anda merasa bahwa mobil terlalu boros bahan bakar, maka pemilik kendaraan harus segera mengatasi kendala tersebut. Caranya cukup mudah, Anda bisa langsung membawa mobil ke bengkel terdekat untuk dilakukan pengecekan.

Setelah mengetahui penyebab AC mobil boros bensin, maka akan dilakukan langkah perbaikan komponen yang bermasalah. Namun, mobil Anda masih terasa boros? Maka gunakan layanan remap ECU dari Dokter Mobil.

Remap ECU merupakan salah satu langkah untuk mengkalibrasi Electronic Control Unit (ECU) mobil agar konsumsi bahan bakar mobil lebih irit sekitar 15% hingga 20% dari setelan sebelumnya.

Dengan menggunakan layanan remap ECU dari Dokter Mobil, maka konsumsi bahan bakar semakin irit tanpa membongkar mesin mobil. Selain itu, performa mesin mobil Anda tetap stabil karena remap ECU ini hanya membuat bahan bakar semakin irit.

Mengapa Harus Melakukan Remap ECU di Dokter Mobil ?

Memang, bengkel-bengkel ternama juga menyediakan layanan remap ECU. Namun, tidak semua hasil remap ECU memuaskan. Hanya di Dokter Mobil, Anda akan mendapat garansi kepuasan setelan mobil yang telah di remapping oleh montir dan teknisi kami. Selain itu, proses remap ECU pun dapat Anda lihat secara langsung.

Baca Juga : AC Mobil Denso Terbaik Di Jakarta

Anda juga dapat berkonsultasi dengan tim kami perihal layanan remap ECU yang kami sediakan. Maka dari itu, segera kunjungi cabang Dokter Mobil terdekat untuk berkonsultasi sekaligus melakukan remap ECU agar penyebab AC mobil boros bensin dapat segera diminimalisir.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!