fbpx
 
Posted by Mekanik Juan AC, Service AC Mobil, Tips merawat ac mobil

Faktor Penyebab AC Mobil Bau Tak Sedap dan Cara Mengatasinya

Faktor Penyebab AC Mobil Bau Tak Sedap Ketika Berhembus dan Solusi Mengatasinya

Jangan sampai masalah AC mobil bau tak sedap menimpa anda. Selain mengganggu kenyamanan berkendara, juga membahayakan kesehatan. Lantas apa solusinya?

Pada dasarnya, ada cukup banyak penyebab AC mobil bau tak sedap. Adapun beberapa penyebab tersebut adalah dirangkum dalam artikel berikut ini.

Penyebab AC Mobil Bau Tak Sedap

Setidaknya ada lebih dari 10 penyebab AC mobil anda bisa sampai mengeluarkan bau yang tidak sedap. Dan penyebab tersebut antara lain adalah:

  • Evaporator AC Mobil Kotor
  • Kipas AC Mobil Kotor
  • Filter AC Mobil Kotor
  • Freon AC Mobil Bocor
  • Freon AC Mobil Tercemar
  • Kompresor AC Mobil Ada Kotoran/Lendir Bau
  • Oli Kompresor AC Mobil Bocor
  • Knalpot Mobil Bocor
  • dan Berbagai Penyebab Lainnya.

Lantas apa solusi untuk mengatasi berbagai penyebab AC mobil bau ini?

Solusi Mengatasi AC Mobil yang Mengeluarkan Bau Tak Sedap

Masalah bau pada AC mobil harus diselesaikan dengan segera. Karena jika tidak, masalah ini dapat menyebabkan gangguan serius pada kesehatan anda dan penumpang mobil lainnya.

Lihat Juga: AC Mobil Xenia Kurang Dingin

Adapun beberapa solusi yang wajib dilakukan adalah:

  1. Lakukan Pengecheckan Sumber Penyebab Bau

    Dengan menemukan penyebab masalah, anda akan lebih mudah menentukan langkah penanganan. Karena beda penyebab, akan beda solusinya.

  2. Cuci AC Mobil

    AC mobil yang Bau Tak Sedap ini pasti disebabkan oleh kotornya AC mobil. Oleh sebab itu, dengan mencuci AC mobil, biasanya dapat langsung menyelesaikan masalah bau pada AC mobil.

    Cuci AC mobil harus menyeluruh. Artinya, cuci AC jangan hanya menyemprotkan foam di dashboard, namun juga cuci evaporator AC mobil, kipas AC mobil, dan lakukan penggantian filter AC mobil.

  3. Berikan Perawatan Flushing pada AC Mobil

    Perawatan flushing perlu dilakukan pada mobil yang mengalami masalah bau karena freonnya bermasalah, atau karena dirasa ada masalah di kompresor AC mobil.

    Dengan melakukan flushing, oli kompresor yang kotor akan diganti dengan yang baru, freon AC mobil yang sudah tak layak, akan didaur ulang atau diganti dengan yang baru, serta kotoran di dalam kompresor akan dihilangkan sehingga AC mobil bisa jadi lebih segar dan jernih.

  4. Lakukan Pemfoggingan pada AC Mobil

    AC mobil yang bau biasanya membawa kuman penyakit. Menghilangkan bau saja tak cukup. Bisa saja AC mobil sudah tak lagi berbau tak sedap, namun ada kuman penyakit yang mengintai anda.

    Oleh sebab itu, disarankan untuk melakukan fogging pada AC mobil untuk memastikan tidak adanya bau, dan memastikan kuman, bakteri, virus, dan jamur di dalam mobil dapat disingkirkan 100%

Sayangnya, alat fogging yang dapat membunuh kuman penyakit belum banyak yang pakai. Cuma Dokter Mobil satu-satunya bengkel AC mobil yang menggunakan alat fogging yang dapat menghilangkan bau dan mengatasi kuman penyakit.

Lihat Juga: AC Mobil Bau Tidak Enak

Demikianlah informasi penyebab dan solusi mengatasi AC mobil bau tak sedap ini. Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu anda menyelesaikan masalah tersebut. Senang rasanya jika bisa membantu anda.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *