New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
biaya service kompresor ac mobil

Biaya Service Kompresor AC Mobil di Bengkel Spesialis

Biaya service kompresor AC mobil ini terbilang mahal, terlebih tingkat kerusakan hampir 100%. Sebab, kompresor AC mobil rusak parah ini tidak dapat diperbaiki kembali. Anda wajib mengganti seluruh komponen kompresor AC mobil. Akibatnya, Anda pun harus mengeluarkan biaya hingga jutaan rupiah.

Biaya tersebut belum termasuk ongkos pemasangan kompresor yang dilakukan oleh montir dan mekanik berpengalaman. Sebab, orang awam seperti pemilik kendaraan tentu tidak memiliki keahlian untuk memasang kompresor AC mobil secara mandiri.

Maka dari itu, Anda wajib tahu bengkel spesialis service dan perbaikan komponen AC mobil. Tujuannya agar mengetahui bengkel rujukan jika mobil  Anda mengalami kerusakan kompresor AC secara tiba-tiba.

Rincian Biaya Service Kompresor AC Mobil di Bengkel Terpercaya

biaya service kompresor ac mobilMemang, biaya perbaikan komponen kompresor AC mobil ini berbeda-beda. Perbedaan biaya service ini tergantung pada jenis kendaraan, layanan yang digunakan, hingga jenis kerusakan komponen kompresor AC mobil. Maka dari itu, ini dia rincian biaya kompresor AC mobil rusak di bengkel spesialis. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Flushing Oli Kompresor

Flushing oli kompresor ini berguna untuk membersihkan sisa ceceran oli pada komponen AC mobil. Layanan flushing oli kompresor ini hanya tersedia pada bengkel spesialis terbaik dan terpercaya saja.

Meskipun harga layanan ini cukup mahal, namun dijamin oli kompresor dapat tersedot hingga mencegah kerusakan pada komponen pendingin mobil. Untuk satu kali layanan flushing oli, setidaknya Anda harus mengeluarkan biaya sekitar Rp. 600.000 hingga Rp. 700.000.

  1. Perawatan Spare Part Kompresor

Pemilik kendaraan juga wajib memberikan perawatan pada sparepart kompresor. Biaya service kompresor AC mobil untuk sekedar perawatan sparepart ini cukup terjangkau, yakni sekitar Rp. 400.000 hingga Rp. 500.000. Biaya tersebut termasuk perawatan pada sambungan seal, thrust bearing, soe, hingga shaft seal kompresor.

  1. Penggantian Magnetic Clutch

Apabila kompresor AC mobil rusak dan mengeluarkan bunyi berisik, maka hal tersebut disebabkan karena kerusakan pada komponen magnetic clutch. Untuk mengatasi masalah tersebut, pemilik kendaraan harus mengganti komponen magnetic clutch. Penggantian komponen ini setidaknya membutuhkan biaya sekitar Rp. 380.000.

  1. Penggantian Komponen Kipas AC Mobil

Jika kompresor AC mobil rusak dan mengeluarkan suara mendecit, maka segera cek bagian sabuk AC mobil. Apabila sabuk AC mobil putus atau melemah, maka segera ganti dengan yang baru. Biaya penggantian sabuk AC mobil ini sekitar Rp. 40.000.

Selain itu, cek pula bagian extra fan mobil. Apabila extra fan rusak, biaya penggantian unit ini sekitar Rp. 300.000. Biaya tersebut belum termasuk ongkos pasang yang dikerjakan oleh mekanik bengkel.

  1. Isi Ulang Freon AC Mobil

Jika AC mobil kurang dingin, maka hal tersebut bisa saja disebabkan oleh kurangnya kadar freon AC mobil. Untuk biaya isi ulang freon AC mobil ini cukup beragam. Mulai dari Rp. 200.000 (untuk mobil single blower) hingga Rp. 350.000 (untuk mobil double blower).

  1. Penggantian Kompresor AC Mobil

Biaya service kompresor AC mobil paling mahal adalah penggantian unit. Unit kompresor AC mobil ini mencapai Rp. 1.500.000 hingga Rp. 3.000.000 (tergantung jenis mobil).

Biasanya, penggantian unit kompresor ini disebabkan karena adanya kebocoran yang cukup menganga. Sehingga, mekanik tidak dapat memperbaiki kerusakan tersebut. Sehingga, penggantian unit kompresor adalah langkah solutif yang paling direkomendasikan.

Rekomendasi Bengkel Spesialis Service dan Perbaikan Komponen AC Mobil Terpercaya

Bagi Anda yang membutuhkan rekomendasi bengkel spesialis komponen AC mobil terpercaya, maka Dokter Mobil adalah ahlinya. Sebab, bengkel spesialis AC mobil ini telah beroperasi cukup lama dan telah menjadi langganan para selebriti papan atas Indonesia.

Baca Juga : Ciri-Ciri dan Penyebab Oli Kompresor Naik Secara Tiba-Tiba

Beberapa artis terkenal hingga pegiat otomotif Indonesia seperti Om Mobi, Mas Wahid, Aqil Savik, hingga drifter ternama sekelas Akbar Rais pun pernah service komponen AC kendaraan ke Dokter Mobil. Maka dari itu, kunjungi Dokter Mobil cabang terdekat untuk berkonsultasi terkait biaya service kompresor AC mobil lebih detail.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bagian Mobil Yang Tidak Boleh Diabaikan
Setelah Membeli Mobil Bekas! Apa saja Yang Harus Dilakukan?
Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Harga Jual Mobil Anjlok? Ini  Penyebabnya
Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala! Anda Perlu Tahu