📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Apa Saja Komponen AC Mobil dan Fungsinya? Yuk Simak Pemaparannya

komponen ac mobil dan fungsinya

Apakah Anda pernah merasa betapa menyenangkan ketika berada di dalam mobil yang dingin di tengah hari yang terik? Itu semua berkat sistem AC mobil yang berfungsi dengan baik.

Komponen AC Mobil dan Fungsinya

Sistem pendingin ini memiliki beberapa komponen AC mobil dan fungsinya yang bekerja bersama-sama untuk memberikan kesejukan saat berkendara.

Ada beberapa membahas lengkap tentang komponen AC mobil dan fungsinya, sehingga Kamu dapat lebih memahami bagaimana AC mobil bekerja dan mengapa pemeliharaan yang tepat sangat penting.

Komponen Utama Sistem AC Mobil

Berikut komponen utama sistem AC mobil yang perlu diketahui yang tentu dapat menambah mengetahuan dan wawasan Kamu, terkait dengan komponen AC mobil dan fungsinya.

Kompresor AC

Pertama, komponen AC mobil dan fungsinya. Salah satu komponen utama dalam sistem AC mobil adalah kompresor AC. Kompresor berfungsi sebagai jantung dari sistem pendingin ini.

Saat diaktifkan, kompresor akan menekan refrigeran (zat pendingin) dalam bentuk gas, yang nantinya akan berubah menjadi cairan setelah dilewatkan oleh kondensor.

Proses ini menciptakan tekanan dan suhu tinggi yang memungkinkan refrigeran untuk menyerap panas di evaporator.

Kondensor AC

Kedua, komponen AC mobil dan fungsinya yaitu kondensor. Kondensor adalah komponen lain yang penting dalam sistem AC mobil.

Kondensor berfungsi untuk mengubah refrigeran yang berada dalam bentuk gas tinggi tekanan dan suhu menjadi cairan yang dingin.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Proses pendinginan ini terjadi karena kondensor berada di bagian depan mobil dan terpapar langsung oleh udara dari luar. Suhu udara luar yang lebih rendah membuat refrigeran cepat berubah wujud menjadi cairan.

Evaporator AC

Ketiga, komponen AC mobil dan fungsinya yaitu Evaporator. Evaporator terletak di dalam kabin mobil dan berfungsi untuk menyerap panas dari udara di dalam mobil.

Ketika cairan refrigeran melewati evaporator, ia akan menyerap panas sehingga udara di dalam mobil menjadi dingin dan nyaman.

Hasil akhir dari proses ini adalah pengeluaran udara dingin dari saluran AC, yang akan menciptakan suhu yang diinginkan dalam kabin mobil.

Ekspansi Katup

Ekspansi katup bertanggung jawab untuk mengontrol aliran refrigeran dari kondensor ke evaporator. Fungsi ini penting karena aliran refrigeran yang tepat akan memastikan kinerja AC yang optimal.

Ekspansi katup juga membantu mengurangi tekanan refrigeran sebelum masuk ke evaporator, sehingga membantu dalam proses penyerapan panas yang efisien.

Komponen Pendukung Sistem AC Mobil

Berikut komponen pendukung sistem AC mobil yang perlu diketahui yang tentu dapat menambah mengetahuan dan wawasan Kamu, terkait dengan komponen AC mobil dan fungsinya.

Kipas AC

Kipas AC adalah komponen yang berfungsi untuk mengalirkan udara di sekitar kondensor dan radiator.

Tujuan utamanya adalah untuk memastikan bahwa udara yang masuk ke sistem AC adalah udara yang dingin. Kipas AC membantu dalam proses pendinginan refrigeran di kondensor dan meningkatkan kinerja keseluruhan sistem.

Filter Kabin

Filter kabin adalah komponen yang seringkali terlupakan, tetapi memiliki peran yang krusial dalam kenyamanan pengendara dan penumpang.

Filter ini berfungsi untuk menyaring debu, polutan, dan kotoran lainnya yang masuk ke dalam kabin melalui saluran AC. Dengan adanya filter kabin yang bersih, udara di dalam kabin akan tetap segar dan bersih.

Belt Penggerak AC

Belt penggerak AC, juga dikenal sebagai belt AC, berperan dalam menggerakkan kompresor AC. Belt ini biasanya dihubungkan dengan crankshaft mesin dan memutar kompresor sehingga sistem AC berfungsi.

Jika belt penggerak AC putus atau mengalami masalah lainnya, maka sistem AC tidak akan berjalan dengan baik.

Pipa AC dan Selang

Pipa AC dan selang berfungsi sebagai saluran yang mengalirkan refrigeran dari satu komponen ke komponen lainnya dalam sistem AC.

Pipa ini terbuat dari bahan yang tahan terhadap suhu tinggi dan tekanan, sehingga refrigeran dapat berpindah dengan aman dan efisien.

Pentingnya Pemeliharaan Rutin

Sistem AC mobil yang baik adalah hasil dari pemeliharaan rutin yang tepat.

Beberapa langkah sederhana dapat membantu menjaga kinerja AC agar tetap optimal, seperti membersihkan filter kabin secara berkala, memeriksa kondisi belt penggerak AC, dan menjaga kebersihan pipa dan selang AC.

Dengan pemeliharaan yang tepat, sistem AC mobil akan bekerja dengan efisien dan tahan lama.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form