New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Ketika AC Mobil Bau Tidak Sedap Maka Inilah Penyebab dan Solusinya

Kotornya evaporator dapat menjadi alasan masalah AC mobil bau tidak sedap. Namun ada penyebab lain juga yang perlu anda tahu. Apa saja hal penyebab lain tersebut? Dan bagaimana mengatasinya? Artikel berikut ini akan menjadi jawabannya.

Masalah bau tak sedap pada AC mobil, tak hanya dialami oleh anda seorang. Namun jangan sampai hanya anda yang tahu cara mengatasinya. Pada dasarnya, untuk mengatasi masalah ini, pertama-tama anda harus tahu sebenarnya apa penyebab munculnya masalah ini.

Penyebab AC Mobil Bau Tidak Sedap

Ada beberapa faktor yang jadi penyebab masalah ini. Beberapa di antaranya merupakan penyebab yang sering ditemukan, dan beberapa lagi jarang terjadi. Beberapa dapat anda atasi sendiri. Namun beberapa lagi, memerlukan tenaga profesional untuk menghilangkan bau tersebut.

Evaporator AC Mobil yang Kotor Menjadi Sumber Penyebab Utama AC Mobil Bau Tidak Sedap
Evaporator AC Mobil yang Kotor Menjadi Sumber Penyebab Utama AC Mobil Bau Tidak Sedap

Adapun beberapa penyebab munculnya bau tak sedap dari AC mobil anda antara lain adalah:

  • AC Mobil yang Kotor

    Kotornya AC mobil akan membawa bau tak sedap. Biasanya bagian yang kotor ini meliputi evaporator AC mobil, filter AC mobil, dashboard, dan kipas AC mobil.

    Kotornya AC mobil ini biasa disebabkan kebiasaan buruk penumpang di dalam mobil. Contohnya karena makan dan minum di dalam mobil, terlalu sering membuka jendela kaca mobil, ataupun jarang mencuci AC mobil.

  • Freon AC Mobil yang Tercemar

    Freon AC mobil murni akan memberikan hawa segar pada AC mobil anda. Namun freon AC mobil yang tercemar dapat menjadi biang bau. Adapun bau tak sedap ini muncul karena adanya kotoran masuk ke saluran freon AC mobil, ataupun karena sejak awal freonnya sudah tercampur kotoran.

  • Adanya Bau yang Masuk Ke Saluran AC Mobil

    Selain kotoran, bebauan yang masuk ke saluran AC mobil juga dapat menyebabkan masalah AC mobil bau tidak sedap ini. Biasanya bau tak sedap ini muncul karena 3 hal. Apa saja hal tersebut?

    Hal pertama adalah kebiasaan merokok di dalam mobil saat AC mobil menyala. Akibatnya, asap rokok masuk ke saluran AC mobil. Hal ini akan menyebabkan masalah AC mobil bau rokok.

    Hal kedua adalah kebiasaan menggunakan parfum di dalam mobil. Aroma parfum memang wangi, namun ketika masuk ke saluran AC mobil, bercampur dengan berbagai cairan dan zat di dalam saluran AC mobil, akan menyebabkan munculnya bau tak sedap.

    Hal ketiga adalah aroma makanan dan minuman. Aroma tersebut juga dapat menjadi aroma busuk ketika masuk ke saluran AC mobil.

  • Bangkai ataupun Kotoran Hewan

    Adanya hewan kecil seperti tikus dan kecoa yang masuk ke mobil dapat menyebabkan AC mobil bau tidak sedap. Biasanya bau ini berasal dari kotoran hewan tersebut (baik urin maupun feses). Selain itu, bau juga bisa berasal dari hewan yang mati tersetrum di dalam mobil.

    Oleh sebab itu, membiasakan membersihkan mobil secara rutin dapat mencegah masuknya hewan-hewan ini ke dalam mobil anda.

Lihat Juga: Apa Penyebab AC Mobil Panas

Semua hal-hal di atas tidak hanya menyebabkan AC mobil bau tidak sedap namun juga menimbulkan resiko untuk kesehatan anda. Apa saja resiko yang ditimbulkan?

Resiko yang Dapat Ditimbulkan dari Gejala AC Mobil Bau Tidak Sedap

Bau tidak sedap yang berasal dari AC mobil anda merupakan tanda bahwa AC mobil anda kotor, ada part yang bermasalah, dan ada resiko kesehatan yang bisa saja menimpa anda.

Adapun resiko kesehatan yang dapat ditimbulkan antara lain adalah:

  • Gangguan Pernafasan

    Masalah pada saluran pernafasan sangat mungkin terjadi. Mulai dari resiko paru-paru, bronkitis, ataupun asma.

  • Masalah Kulit

    AC mobil yang bau tak sedap biasanya membawa kuman, bakteri, jamur, dan virus. Semua hal tersebut akan berbahaya bagi kesehatan kulit anda. Mulai dari jerawat, kulit kering, ataupun masalah gatal-gatal.

  • Pusing dan Mual

    Bau yang tak sedap juga dapat memicu rasa pusing dan mual. Hal ini tentu akan menimbulkan rasa tak nyaman saat menumpang mobil. Apalagi jika harus mengemudi dalam keadaan pusing. Resiko terjadinya kecelakaan bisa saja terjadi.

AC Mobil yang Mengeluarkan Bau Tak Sedap Akan Menimbulkan Pusing dan Mual dalam Perjalanan
AC Mobil yang Mengeluarkan Bau Tak Sedap Akan Menimbulkan Pusing dan Mual dalam Perjalanan

Selain masalah kesehatan, AC mobil bau tidak sedap juga dapat memicu kecelakaan. Baik karena penumpang merasa mual dan pusing sehingga hilang konsentrasi, ataupun karena mobil mogok karena ada part yang bermasalah.

Lalu bagaimana cara mengatasi AC mobil bau ini? Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan.

Solusi Mengatasi Masalah AC Mobil Bau Tidak Sedap

Setelah mengetahui resiko yang bisa ditimbulkan, dapat dikatakan bahwa masalah bau ini tidak bisa dianggap sepele. Perlu penanganan yang cepat dan tepat. Setidaknya ada 5 langkah penanganan yang perlu anda lakukan. Langkah tersebut adalah:

  1. Cari Penyebab Munculnya Bau

    Anda perlu mencari tahu apa penyebab bau ini. Apakah karena kotornya AC mobil, freon yang tak lagi segar, ataupun karena masalah lainnya. Beda sebab, tentu akan ada beda langkah penanganan.

  2. Lakukan Perbaikan pada Kebocoran

    Salah satu sebab adanya bau adalah kebocoran pada saluran AC mobil. Oleh sebab itu, anda perlu mencari tahu komponen apa di mobil anda yang mengalami kebocoran. Biasanya AC mobil bau tidak sedap terjadi karena ada kebocoran di selang saluran freon, kebocoran saluran pembuangan (knalpot), ataupun kebocoran kompresor AC mobil sehingga oli kompresor rembes ke mana-mana.

  3. Cuci AC Mobil

    Dalam cuci AC mobil, semua komponen AC mobil harus dibersihkan. Namun pada umumnya, komponen yang wajib dibersihkan adalah dashboard AC mobil, dan evaporator AC mobil. Selain dashboard dan evaporator, filter AC juga wajib untuk dibersihkan. Namun karena tidak bisa dicuci, filter AC harus diganti.

  4. Flushing

    Langkah selanjutnya adalah melakukan flushing pada AC mobil. Dengan melakukan flushing, oli kompresor yang kotor, ataupun freon yang sudah tak lagi segar bisa diganti dengan yang baru. Proses flushing tidak hanya menjadikan AC mobil lebih segar dan wangi, namun juga mencegah masalah seperti AC mobil tidak dingin.

  5. Fogging

    Hal terakhir yang wajib dilakukan untuk mengatasi masalah AC mobil bau tidak sedap ini adalah dengan melakukan fogging atau pengasapan. Dengan fogging, tidak hanya bau tak sedap saja yang dihilangkan, namun juga mengatasi masalah kuman dan bakteri yang ikut bersarang bersama kotoran yang menempel.

Penanganan dan Solusi Mengatasi Masalah AC Mobil Bau Tidak Sedap
Penanganan dan Solusi Mengatasi Masalah AC Mobil Bau Tidak Sedap

Itulah beberapa cara mengatasi masalah AC mobil yang mengeluarkan bau tidak sedap. Namun tentu saja anda tidak ingin bau tak sedap ini muncul kembali kan? Oleh sebab itu, ada beberapa langkah yang wajib anda lakukan.

Apa saja langkah pencegahan tersebut?

Cara Mencegah Munculnya Bau Tidak Sedap pada AC Mobil

Jangan sampai masalah bau tak sedap ini menimpa anda (lagi). Ada beberapa cara yang harus dan wajib anda lakukan. Adapun cara mencegah AC mobil anda kembali berbau tak sedap adalah dengan:

  • Tidak merokok di dalam mobil
  • Tidak makan dan minum di dalam mobil
  • Hindari penggunaan parfum untuk badan di dalam mobil
  • Jangan terlalu dekat menggantung parfum mobil di dekat dashboard AC mobil
  • Rutin melakukan service dan perawatan AC mobil, terutama cuci AC mobil secara berkala
Melakukan Cuci AC Mobil Secara Rutin dapat Mencegah Munculnya Bau Tak Sedap dari AC Mobil
Melakukan Cuci AC Mobil Secara Rutin dapat Mencegah Munculnya Bau Tak Sedap dari AC Mobil

Dengan melakukan hal-hal tersebut, masalah bau tak sedap dijamin tak akan muncul kembali. Dan kesehatan andapun akan terjaga. Juga anda akan mendapatkan kenyamanan sepanjang perjalanan.

Itulah beberapa penyebab dan solusi mengatasi masalah AC mobil anda yang bau. Semoga artikel ini membantu mengatasi masalah AC mobil bau tidak sedap yang sedap menimpa anda. Terimakasih sudah membaca. Apapun mobilnya, Dokter Mobil bengkelnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bingung Check Up Beli Mobil Bekas? Dokter Mobil adalah Solusinya
Menyimpan Hand Sanitizer Gel di Mobil, Bolehkah?
Daya Tarik Hyundai Palisade Terhadap Pecinta Mobil Indonesia
8 Alasan Anda Harus Menggunakan Produk Anti Limbung Mobil di Dokter Mobil
Ciri Kipas Radiator Lemah Yang Mulai Terjadi Pada Mobil Anda