AC Mobil Kurang Dingin / Tidak Dingin, Ini Sebab dan Solusinya
 
Posted by Roy Ivan AC, bengkel mobil, Service AC Mobil, Tips merawat ac mobil

AC Mobil Kurang Dingin / Tidak Dingin Ini Sebab dan Solusinya

AC Mobil Kurang Dingin disebabkan masalah pada mesin mobil

AC mobil yang bau asam serta tidak dingin ataupun ac mobil kurang dingin umumnya disebabkan oleh adanya kebocoran pada freon AC mobil. Namun apakah penyebab kebocoran freon AC mobil ? Adakah penyebab lain masalah AC mobil kurang dan tidak dingin pada AC mobil anda ?

Artikel berikut semoga dapat menjawab semua pertanyaan anda yang sedang mengalami masalah AC mobil baik itu masalah AC mobil kurang dingin, atau bahkan AC mobil tidak dingin.

Jika AC Mobil Kurang Dingin dan atau Tidak Dingin

Masalah AC mobil kurang ataupun AC mobil tidak dingin akan mengganggu kenyamanan perjalanan anda. Beberapa masalah yang ditimbulkan akibat hal ini antara lain :

  • Gerah selama perjalanan
    AC mobil yang tidak dingin atau yang kurang dingin akan menyebabkan rasa gerah dan mudah berkeringat selama perjalanan, terutama di perjalanan siang hari dan di tengah kemacetan.
  • Tanda adanya kerusakan pada komponen lain mobil anda
    AC mobil yang tidak dingin atau kurang dingin menandakan ada masalah pada komponen atau spare part mobil anda. Jika tidak segera diperbaiki, spare part lain akan mengalami beban menumpuk sehingga harus bekerja extra keras. Hal ini tentu saja akan mengakibatkan spare part tersebut akan cepat rusak.Oleh sebab itu, demi mencegah rusaknya komponen-komponen lain pada mobil anda, masalah AC mobil tidak dingin dan AC mobil kurang dingin harus segera diperbaiki. Perbaikan ini meliputi memperbaiki spare part yang rusak, mengganti komponen yang rusak, memperbaiki pemasangan spare part (yang longgar, tertekuk, ataupun terjepit).

Bahaya dari AC Mobil Kurang Dingin dan Tidak Dingin

Selain menimbulkan ketidak nyamanan, AC mobil yang kurang ataupun tidak dingin ternyata berbahaya bagi kesehatan penumpang maupun keselamatan berkendara. Adapun bahaya yang muncul adalah :

  • Rasa gerah selama perjalanan akan menyebabkan pengemudi mudah lelah
  • Rasa lelah selama perjalanan dapat menyebabkan rasa mengantuk
  • Mengantuk selama perjalanan dapat menyebabkan kehilangan konsentrasi saat mengemudi
  • Hilangnya konsentrasi saat mengemudi dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan.

Masalah AC mobil kurang dan tidak dingin pun tidak boleh dianggap sepele. Pada beberapa kasus, masalah ini dapat menyebabkan mesin mati total, mesin mobil meledak, atau bahkan mobil terbakar.

Misalnya pada beberapa kasus di mana oli kompresor yang terlalu banyak, menyebabkan tekanan pada kompresor AC menjadi berlebihan sehingga freon yang mengalir jumlahnya kurang dan AC mobil jadi kurang atau tidak dingin. Karena masalah ini dibiarkan terlalu lama, lama-lama AC mobil tidak mampu lagi menahan tekanan di dalam mesin kompresor AC dan meledak. Ledakan ini akan menyebabkan mobil terbakar dan membahayakan orang di dalam mobil.

Service AC Mobil Kurang Dingin mobil pajero

Penyebab AC Mobil Kurang dan Tidak Dingin

AC mobil yang kurang dan tidak dingin dapat disebabkan oleh banyak sekali faktor, baik itu faktor internal di dalam mobil (umur spare part, dan kualitas spare part), maupun faktor external (kecelakaan, kesalahan penggunaan AC, atau kebiasaan buruk pemilik mobil).

  1. Kebiasaan Buruk Pemilik Mobil
    Banyak sekali kebiasaan buruk pemilik mobil yang menyebabkan masalah AC mobil bau asam serta kurang dan tidak dingin. Beberapa kebiasaan buruk itu antara lain :
  2. Membiarkan kaca jendela mobil terbuka terlalu lama
    Membuka kaca jendela terlalu lama dapat menyebabkan kotoran dari luar masuk ke dalam mobil dan terhisap ke dalam saluran AC mobil. Kotoran ini akan menyebabkan masalah seperti :- Menyumbat saluran AC
    – Menjadi lendir penyebab korosi pada kompresor AC
    – Menyebabkan AC mengeluarkan bau asam, dan menyebabkan AC mobil kurang dan tidak dingin.b. Makan dan minum di dalam mobil
    Makan dan minum di dalam mobil seringkali menghasilkan remah-remah dan cairan tumpah yang jatuh ke lantai mobil dan terhisap saluran AC. Remah dan cairan ini akan menjadi lendir penyebab korosi dan retak pada kompresor AC. Selain itu remah dan cairan ini akan menghasilkan bau asam.

    Tidak hanya itu, remah dan cairan ini kerap kali menyumbat saluran freon AC. Oleh sebab itu, jika anda sering makan dan minum di dalam mobil, segera hentikan kebiasaan tersebut. Selain itu, sangat penting juga untuk rajin melakukan cuci AC, flushing, dan perawatan berkala AC mobil.

    c. Tidak memperhatikan kebersihan evaporator AC dan filter AC
    Evaporator AC harus secara berkala diperhatikan kebersihannya. Selain dapat menimbulkan masalah AC mobil kurang dan tidaka dingin, evaporator yang kotor juga dapat menyebarkan berbagai macam penyakit pernapasan.

Selain itu, filter AC juga harus dicheck secara berkala. Filter AC yang sudah kotor harus segera diganti dengan filter AC yang baru.

d. Lupa mematikan AC saat mematikan mobil
Pada beberapa mobil, AC mobil tetap dibiarkan menyala saat mesin mobil dimatikan. Akibatnya adalah AC mobil mengalami kelebihan beban saat mesin mobil kembali dinyalakan. AC mobil yang kelebihan beban akan mengurangi beban dengan cara mengurangi aktivitasnya sehingga kualitas pendinginan AC akan dikurangi. Inilah sebab utama (selain masalah freon) terjadinya masalah AC mobil kurang dingin.

Sebenarnya masih banyak lagi kebiasaan buruk yang menyebabkan AC mobil anda mengalami masalah AC mobil kurang dan tidak dingin, juga masalah AC mobil bau asam. Namun pada intinya adalah anda harus menjaga kebersihan AC mobil, dan melakukan perawatan berkala pada mobil anda.

Komponen yang Bermasalah dan Menyebabkan AC Mobil Kurang dan Tidak Dingin

Beberapa hal yang menjadi sumber utama masalah ini antara lain :

  1. FREON AC
    Freon AC mobil yang jumlahnya berkurang atau habis adalah sebab utama masalah AC mobil kurang dan tidak dingin.Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengisi ulang freon AC mobil anda. Namun perlu diperhatikan beberapa hal seperti :- Freon AC jumlahnya tidak dapat berkurang.
    Oleh sebab itu, dapat dipastikan berkurangnya jumlah freon menandakan adanya kebocoran pada AC mobil anda.

    – Kebocoran dapat terjadi di beberapa titik
    Jika kebocoran AC sudah ditemukan, jangan lekas berpuas diri karena bisa jadi ada titik lain kebocoran AC.

    Selain masalah jumlah atau volume freon AC, kualitas freon juga harus diperhatikan. Freon AC yang terlalu lama mendapat paparan panas matahari, panas mesin, knalpot, ataupun tercampur kotoran dapat menyebabkan AC mobil kurang dingin, bau asam, dan juga tidak dingin.

    Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti freon AC mobil anda dengan yang baru.

    AC Mobil Kurang Dingin dan Cuci AC

  2. Kerusakan Komponen AC Mobil
    Komponen AC mempengaruhi kerja AC secara keseluruhan. Begitu sensitifnya AC mobil, jika ada salah satu komponen AC yang bermasalah, AC mobil dapat mengalami masalah seperti kurang dingin, tidak dingin, mati total, dan masalah lainnya.Beberapa komponen AC yang rentan bermasalah dan menyebabkan AC mobil kurang dan tidak dingin adalah : Drive / Fan Belt AC
    Komponen ini sangat berperan dalam meneruskan putaran mesin ke kompresor AC. Jika drive belt putus atau lepas, kompresor AC akan menyala namun tidak berputar dan tidak memproses freon sehingga tidak ada freon yang masuk ke kondensor AC. Akibatnya adalah AC mobil menjadi kurang atau bahkan tidak dingin.

    Untuk memperbaiki masalah ini, fan belt yang putus sebaiknya diganti. Jika fan belt lepas, anda harus memutuskan secara bijak antara membeli fan belt baru, atau memasangkannya kembali.

    b. Magnetic Clutch (Coil)
    Coil berfungsi untuk memutarkan kompresor AC. Jika coil rusak, kompresor AC akan berputar namun tidak dapat meneruskan putaran tersebut ke kondensor yang sudah siap dengan freon bertekanan tinggi.

    Coil yang rusak harus diganti secara keseluruhan karena jika 1 rusak, umumnya yang lainnya pun rusak.

  3. Volume dan Kualitas Oli Kompresor
    Oli kompresor memegang peran penting dalam kerja sistem AC secara keseluruhan. Jika volumenya kurang, kompresor AC dapat jebol akibat gesekan AC mobil yang terus menerus. Akibat jebol ini tentu akan menyebabkan kebocoran freon.Oli kompresor yang berlebihan juga dapat menyebabkan tekanan di dalam kompresor terlalu tinggi sehingga kompresor AC dapat jebol. Selain itu, jumlah berlebihan oli di dalam kompresor akan mengurangi volume udara yang berfungsi untuk menekan freon AC. Akibatnya aliran freon akan melemah sehingga menyebabkan AC mobil kurang dingin.Untuk menghindari kesalahan dalam memberikan jumlah oli kompresor, sangat penting untuk :

    – mengisi oli kompresor sesuai dengan volume yang dianjurkan pada buku manual
    – mengisi oli kompresor dengan menggunakan alat yang mampu memberikan takaran tepat
    – mengisi oli kompresor berkualitas tinggi sehingga tidak rentan memuai ataupun menyusut.

Jika anda membutuhkan bengkel AC mobil yang mampu menyelesaikan masalah AC mobil kurang dan tidak dingin dalam waktu yang singkat namun dengan hasil yang memuaskan, Dokter Mobil adalah jawabannya.

Dokter Mobil adalah bengkel AC mobil yang memiliki teknologi Service AC Mobil TANPA Bongkar sehingga menghasilkan service yang :

  • Cepat (kurang dari 1 jam)
    Tanpa bongkar berarti tanpa melakukan bongkar maupun pasang kembali AC mobil. Hal ini akan menghemat proses service AC 7 hingga 8 jam.
  • Presisi
    Dengan tanpa bongkar, artinya tidak ada kemungkinan pemasangan komponen AC mobil yang longgar, kurang pas, ataupun tidak pada tempatnya.

Dalam memperbaiki masalah AC mobil yang tidak dan kurang dingin, Dokter Mobil memiliki rincian prosedur meliputi :

  1. Pengecheck an Kondisi Mobil
  2. Melaporkan Kondisi Mobil kepada Konsumen
  3. Memberikan Rincian dan Estimasi Biaya kepada Konsumen
  4. Prosedur Service AC
    Prosedur ini meliputi :
    – pengecheck an ulang
    – cuci AC
    – cuci evaporator
    – flushing AC
    – penggantian komponen / spare part AC yang rusak
    – test hasil service
  5. Serah terima

Semua proses ini dilakukan oleh mekanik-mekanik handal dan berpengalaman dan menggunakan peralatan dan mesin-mesin canggih sehingga pemeriksaan dapat dilakukan dengan akurat, dan service dapat dilakukan dengan tepat dan efisien.

Dokter Mobil sendiri dapat dihubungi atau dikunjungi di alamat :

Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 087880884576

Demikian informasi yang dapat kita berikan mengenai masalah AC mobil kurang dan tidak dingin. Semoga informasi ini dapat membantu anda.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *