Tips Memilih Cara Meningkatkan Tenaga Mesin | Dokter Mobil
 
Posted by admin Mesin

Tips Memilih Cara Meningkatkan Tenaga Mesin

tips-memilih-cara-meningkatkan-tenaga-mesin

tips-memilih-cara-meningkatkan-tenaga-mesin

Ini dia tips bagaimana memilih cara meningkatkan tenaga mesin yang ampuh. Tips dari Dokter Mobil yang berpengalaman soal mobil. Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan pemilik mobil untuk meningkatkan tenaga mesin mobil yang mereka miliki, terlebih bila mesin mobil belum dilengkapi dengan piranti seperti supercharger dan juga turbocharger. Anda dapat memasang turbocharger maupun supercharger, bahkan melakukan modifikasi secara besar-besaran mulai dari ujung knalpot hingga saluran air. Namun yang sering dinilai memberi berbagai tambahan tenaga yang besar ialah penambahan turbo maupun supercharger ini. Penambahan ini bahkan mampu memberikan penambahan tenaga sebesar 50%.

Memang pada dasarnya masing-masing cara memiliki tingkat kerumitan serta biaya yang berbeda. Oleh karena itu, Anda harus lebih cermat dan tepat untuk memilah. Untuk turbocharger, piranti ini seperti pompa. Ia dapat menambah tenaga dari piston mesin sehingga memberikan tekanan udara yang jauh lebih besar di setiap silinder, sehingga nantinya proses dari pembakaran bahan bakar pada ruang bakar mesin dapat berlangsung secara cepat dan juga sempurna. Turbocharger ini memanfaatkan sisa dari gas pembakaran di mesin agar dapat memutar kipas maupun turbin di rumah turbocharger. Namun sayangnya, turbocharger ini mempunyai kekurangan yakni turbo-lagnya mempunyai keterlambatan reaksi dikarenakan ada jeda waktu saat pedal gas di tekan hingga pedal gas mencapai tekanan gas buang yang sangat besar.

Kedua ialah supercharger. Kerja dari supercharger ini sangat mirip dengan turbocharger. Namun, kelebihan dari supercharger ini ialah adanya tenaga instan di putaran mesin yang rendah. Karena inilah jeda waktu diantara tekanan pedal gas yang mendorong udara seperti supercharger tidak akan bisa terjadi, piranti ini dapat menghasilkan tekanan udara ketika mesin di hidupkan. Karena alasan inilah supercharger ini dapat mendongkrak tenaga mesin ketika putaran mesin tinggi atau pun rendah.

Ketiga, memilih knalpot yang lebih sesuai dengan mesin. Cara yang paling mudah agar tenaga mesin Anda lebih besar ialah melakukan modifikasi pada saluran buang. Prinsip kerja yang berada di bagian mobil ini ialah, agar dapat mengelola dengan tepat gas sisa dari pembakaran. Knalpot yang baik ialah knalpot yang bisa memberikan tekanan balik yang lebih tepat sehingga dapat menghasilkan tenaga yang optimal. Di sini, Anda harus memilih knalpot yang baik caranya dengan lebih memperhatikan kepala knalpot yang berhubungan secara langsung dengan lubang blok pada mesin. Namun pemilihan ini harus Anda sesuaikan dengan mesin. Secara umum mesin dengan 4 silinder mempergunakan header konfigurasi seperti 4-1 atau 4-2-1.

Terakhir, lengkapi dengan menggunakan intercooler. Hal yang harus catat ialah kerja dari supercharger harus lebih sempurna. Intercooler ini digunakan untuk memastikan jika proses dari pembakaran memerlukan oksigen. Jika semakin banyak oksigen makan akan semakin sempurna pula. Di sisi lainnya, karena dorongan dari supercharger, kerja dari piston bisa lebih cepat sehingga udara segar yang disemburkan dapat lebih banyak. proses penyegaran ini dapat dilakukan ketika pemasangan turbo yang dilengkapi dengan intercooler. Piranti yang satu ini banyak sekali dijual di toko-toko onderdil.

Jika Anda ingin memasang berbagai macam piranti tersebut, tentu saja Anda tidak bisa memasangnya sendirian. Anda harus membawa mobil ke bengkel yang berpengalaman. Bila sekarang ini Anda masih belum dapat menentukan bengkel yang terpercaya, Anda dapat menghubungi Dokter Mobil. Dokter Mobil berada di Jl Boulevard Raya QJ3 2 Kelapa Gading, Jakarta Utara. Telepon 021 4587 6874. Jadi, bila ada masalah yang menyangkut mobil Anda, segera Hubungi Dokter Mobil.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

About Author