📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Tangki Bensin Diisi Garam pada Mobil, Bikin Prima atau Bahaya?

Tangki Bensin Diisi Garam pada Mobil
Tangki Bensin Diisi Garam pada Mobil

Tangki bensin diisi garam pada mobil adalah praktik yang sering dibahas dalam komunitas otomotif.

Beberapa orang percaya bahwa menambahkan garam ke tangki bensin dapat memberikan manfaat tertentu untuk kendaraan mereka.

Namun, sebelum kita memutuskan apakah ini adalah langkah yang tepat, penting untuk memahami secara mendalam tentang dampaknya pada kinerja mobil dan apakah praktik ini benar-benar bermanfaat. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi topik ini secara rinci.

Apa yang Dimaksud dengan Menambahkan Garam ke Tangki Bensin?

Menambahkan garam ke tangki bensin adalah praktik yang beberapa orang lakukan dengan harapan mendapatkan beberapa manfaat tambahan untuk kendaraan mereka.

Beberapa mengklaim bahwa hal ini dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar, membersihkan sistem injeksi, atau melindungi mesin dari korosi.

Namun, penting untuk dicatat bahwa tidak ada bukti ilmiah yang meyakinkan yang mendukung klaim-klaim ini.

Apakah Tangki Bensin Diisi Garam Benar-benar Efektif?

Meskipun beberapa orang bersikeras bahwa menambahkan garam ke tangki bensin memberikan manfaat tertentu, perlu diingat bahwa ini hanyalah mitos yang belum terbukti secara ilmiah.

Sebenarnya, menambahkan garam ke tangki bensin dapat memiliki efek negatif pada kinerja mobil dan bahkan merusak komponen pentingnya.

Mengapa Tangki Bensin Mobil Diisi Garam Berbahaya?

Meskipun masih banyak pengguna mobil yang melakukan praktik tangki bensin diisi garam, sesungguhnya ada efek kurang bagus bagi mobil jika tetap membiarkan dan melakukan tindakan tangki bensin diisi garam ini.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Diantaranya sebagai berikut:

  1. Korosi

Garam memiliki sifat korosif yang dapat merusak sistem bahan bakar dan bagian-bagian terkait mobil. Ketika garam terlarut dalam bahan bakar, itu dapat menyebabkan korosi pada tangki bensin, saluran bahan bakar, pompa bahan bakar, dan komponen logam lainnya.

Korosi ini dapat mengakibatkan kerusakan serius pada sistem bahan bakar dan memerlukan biaya perbaikan yang tinggi.

  1. Kontaminasi

Menambahkan garam ke tangki bensin juga dapat menyebabkan kontaminasi bahan bakar. Garam dapat mengendap dan membentuk partikel padat di dalam tangki bensin.

Ketika partikel ini mencapai sistem injeksi, mereka dapat menyumbat saluran bahan bakar, menyebabkan gangguan aliran bahan bakar, dan mengurangi efisiensi pembakaran. Hal ini dapat mengurangi efisiensi bahan bakar kendaraan dan mengakibatkan performa yang buruk.

  1. Kerusakan Komponen

Garam juga dapat merusak komponen-komponen penting dalam sistem bahan bakar. Partikel garam yang terbawa bersama bahan bakar dapat menyumbat filter bahan bakar, menggores katup-katup, dan menyebabkan kerusakan pada sistem injeksi bahan bakar.

Kerusakan ini dapat mengganggu kinerja mesin, menyebabkan suara yang tidak wajar, atau bahkan menyebabkan kegagalan mesin secara keseluruhan.

Baca Juga: Mencari Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar dan Memperbaikinya

Mitos dan Fakta Mengenai Tangki Bensin Diisi Garam

Untuk lebih memahami bagaimana dampak kurang bagus dari tangki bensin diisi garam, berikut adalah beberapa mitos dan fakta terkait tangki bensin diisi garam:

  1. Menambahkan Garam Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar?

Mitos. Faktanya, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim bahwa menambahkan garam ke tangki bensin dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Sebaliknya, praktik ini justru dapat mengurangi efisiensi kendaraan dengan menyebabkan kontaminasi dan gangguan aliran bahan bakar.

  1. Garam Membersihkan Sistem Injeksi?

Mitos. Faktanya, sistem injeksi bahan bakar dirancang untuk menangani bahan bakar yang bersih. Menambahkan garam ke tangki bensin tidak akan membersihkan sistem injeksi.

Sebaliknya, hal itu dapat menyebabkan pengendapan partikel padat dan kontaminasi di dalam sistem injeksi, yang dapat mengurangi kinerjanya.

  1. Garam Melindungi Mesin dari Korosi?

Mitos. Faktanya, garam sebenarnya dapat mempercepat proses korosi pada komponen logam dalam sistem bahan bakar.

Ketika garam terlarut dalam bahan bakar, itu dapat merusak bagian-bagian logam, termasuk tangki bensin, saluran bahan bakar, dan komponen sistem injeksi. Ini dapat mengakibatkan kerusakan serius pada mesin dan sistem bahan bakar.

Jika Anda sudah terlanjur melakukan praktik tangki bensin diisi garam, maka segera lakukan pengurasan pada tangki bensin agar tangki bensin bersih dari sisa-sisa garam.

Kesulitan dalam lakukan pengurasan hingga bersih? Tune up Jet Clean di Dokter Mobil bisa Anda pilih untuk lakukan pembersihan di ruang tangki bensin hingga komponen pengapian mobil lainnya.

Kesimpulan

Tangki bensin diisi garam bukanlah praktik yang disarankan. Meskipun ada klaim bahwa hal ini dapat memberikan manfaat tertentu, tidak ada bukti ilmiah yang mendukungnya.

Sebaliknya, menambahkan garam dapat menyebabkan kerusakan serius pada sistem bahan bakar dan komponen kendaraan.

Sebagai pemilik mobil yang bertanggung jawab, lebih baik menjaga sistem bahan bakar dengan rutin melakukan perawatan yang direkomendasikan oleh produsen dan menghindari praktik yang belum terbukti secara ilmiah.

Referensi:

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/