Mesin mobil menjadi lebih panas ? ketahui penyebabnya | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Mesin mobil menjadi lebih panas ? ketahui penyebabnya

Masalah mesin mobil menjadi lebih panas ketika ac mobil menyala atau hidup adalah karena extra fan yang berfungsi mendingkan atau membuang panas kondensor ac sedang dalam kondisi hidup atau mati.

Temperatur Mobil Menjadi naik ketika ac hidup atau saat ac di nyalakan, masalah lainnya jika extra fan ac mobil mati atau tidak berputar selain menyebabkan ac mobil menjadi kurang dingin bisa membuat mesin mobil cepat panas.

Mesin mobil menjadi lebih panas ? ketahui penyebabnya

Extra fan radiator sebutan lain dari extra fan ac mobil karena posisinya terletak dan posisi yang menempel pada radiator dan penyebab extra fan ac mobil mati juga banyak sekali penyebabnya, mulai dari karbon brush yang sudah habis, komutator pada motor extra fan atau pada kerusakan relay extra fan.

Biasanya kejadian seperti ini terjadi paling banyak di temukan pada ac mobil yang condensor ac mobil nya bersebalahan dengan radiator, jika salah satu kipas radiatornya mati maka ketika ac dihidupkan dan mobil jalan beberapa kilometer mesin akan naik.

Lain lagi jika kondensor ac tidak berdekatan dengan radiator, jika extra fan mati hanya akan menyebabkan ac mobil tidak dingin saja, tidak sampai menyebabkan mesin panas atau temperatur tinggi naik.

Sistem Kerja Ekstra Fan AC Mobil

Sistem kerja motor extra fan pada ac mobil biasanya bersamaan dengan hidup ac mobil, ketika Ac On maka kipas extra fan juga akan berputar untuk mendinginkan kondensor atau berdasarkan temperatur air radiator.

Untuk extra fan yang bekerja berdasarkan temperatur air radiator, terdapat sensor untuk mengatur bekerjanya extra fan yang tertanam di radiator seperti contohnya adalah toyota crown tahun 2001 yang masih menggunaakn visco fan radiator dengan tujuan ketika ac mobil di hidupkan tetapi kendaraan dalam posisi dia, extra fan akan bekerja membantu visco fan radiator yang berputar di rpm rendah.

untuk bisa mengetahui apakah mobil anda menggunakan atau tidaknya motor extra fan atau tidak adalah dengan cara melihat kipas yang terdapat di sekitar radiator. kalau hanya terdapat satu kipas atau satu fan artinya kendaraan anda tidak menggunakan kipas yang di sebut extra fan. tetapi biasanya satu kipas radiator tadi juga sekaligus berfungsi sebagai extra fan dan fan radiator seperti contoh pada mesin Avanza dan Xenia.

Sesuai dengan fungsinya membantu pendinginan kondensor ac mobil, terdapat banyak penempatan posisi extra fan sesuai dengan kebutuhan pendinginan atau membuang panas kondensor.

masalah seperti diatas adalah masalah yang umum terjadi pada mobil, jika mobil anda mengalami masalah seperti diatas, anda bisa konsultasi dengan kami team Dokter Mobil. terima kasih

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *