📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Harga Magnet Clutch AC Mobil Xenia 1300 cc dan Fungsi serta Cara Perawatannya

Harga Magnet Clutch AC Mobil Xenia 1300 cc

Keberadaan magnet clutch AC mobil sangatlah vital untuk fungsi AC mobil Anda. Karena jika komponen ini rusak, rusak pula performa AC mobil Anda.

Salah satu mobil yang sering alami kerusakan di magnet clutch AC-nya adalah Daihatsu Xenia 1300 cc. Sehingga banyak penggunanya yang cari tahu info berapa harga magnet clutch AC mobil Xenia 1300 cc.

Oleh karena itu, berikut ini informasi lengkap seputar harga magnet clutch AC mobil Xenia 1300 cc, fungsinya, cara perawatannya agar performa magnet clutch AC selalu prima.

Daftar Harga Magnet Clutch AC Mobil Xenia 1300 cc

Sebagai pemilik mobil Daihatsu Xenia 1300 cc, pastikan Anda selalu mengetahui daftar harga magnet clutch AC mobil Xenia 1300 cc.

Komponen ini penting untuk kelancaran sistem pendingin udara mobil Anda. Berikut ini adalah daftar harga magnet clutch AC mobil Xenia 1300 cc yang dapat membantu Anda memahami perkiraan biaya penggantian jika diperlukan:

  • Harga Magnet Clutch AC Mobil Xenia 1300 cc: Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan Rupiah.

Harga magnet clutch AC mobil Xenia 1300 cc yang ada di atas bersifat ESTIMASI dan dapat berbeda tergantung pada lokasi bengkel mobil Xenia terdekat hingga merek dan kualitas magnet clutch yang dipilih.

Apa Itu Magnet Clutch AC Mobil?

Magnet clutch merupakan salah satu komponen yang terdapat dalam sistem pendingin udara (AC) mobil, khususnya pada mobil Daihatsu Xenia 1300 cc.

Komponen ini terletak pada kompresor AC dan memiliki fungsi vital dalam pengoperasian AC mobil. Magnet clutch bekerja sebagai penghubung antara poros engkol mesin dengan kompresor AC.

Prinsip Kerja Magnet Clutch AC Mobil

Prinsip kerja magnet clutch sangat sederhana namun berpengaruh besar pada kinerja AC mobil. Ketika Anda menghidupkan AC mobil, sistem elektrikal mobil akan mengirimkan sinyal ke magnet clutch.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Sinyal ini akan mengaktifkan elektromagnet yang ada di dalam magnet clutch. Setelah elektromagnet aktif, dia akan menarik bagian clutch plate (plat kopling) yang terbuat dari bahan logam feromagnetik, sehingga magnet clutch akan terhubung dengan kompresor AC.

Dengan terhubungnya magnet clutch ke kompresor AC, putaran dari poros engkol mesin akan dialirkan ke kompresor.

Ini memungkinkan kompresor untuk memompa refrigeran ke dalam sistem pendingin udara dan menghasilkan udara dingin yang akan disalurkan ke dalam kabin mobil.

Apakah Magnet Clutch Selalu Berputar?

Magnet clutch tidak selalu berputar. Berbeda dengan komponen lain pada mesin mobil, magnet clutch hanya berputar saat AC mobil diaktifkan.

Ketika Anda menyalakan AC, sistem elektrikal akan mengirimkan sinyal untuk mengaktifkan magnet clutch.

Sebaliknya, ketika AC dimatikan, magnet clutch akan berhenti berputar dan otomatis memutuskan hubungan antara mesin dan kompresor AC.

Fitur ini penting karena saat AC tidak beroperasi, putaran dari mesin tidak akan dialirkan ke kompresor.

Hal ini membantu mengurangi beban pada mesin dan kompresor saat tidak digunakan, sehingga dapat menghemat bahan bakar dan energi.

Di Mana Letak Magnet Clutch?

Magnet clutch terletak di bagian depan kompresor AC pada mobil Daihatsu Xenia 1300 cc. Jika Anda membuka kap mesin mobil, Anda akan dengan mudah melihatnya.

Umumnya, magnet clutch memiliki pulley (katrol) yang dapat berputar bebas ketika AC tidak aktif.

Fungsi Magnet Clutch pada Kompresor

Fungsi utama magnet clutch adalah menghubungkan atau memutuskan putaran antara mesin dan kompresor AC.

Ketika AC dinyalakan, sistem elektrikal akan memberikan sinyal untuk mengaktifkan magnet clutch, sehingga clutch plate menempel pada kompresor.

Ini memungkinkan putaran mesin dialirkan ke kompresor, sehingga kompresor dapat beroperasi dan memompa refrigeran ke dalam sistem pendingin udara mobil.

Benefit Adanya Magnet Clutch pada Kompresor AC

Penggunaan magnet clutch pada kompresor AC memiliki beberapa keuntungan, di antaranya:

  1. Penghematan Energi

Saat AC dimatikan, magnet clutch memutuskan hubungan antara mesin dan kompresor, sehingga kompresor tidak berputar dan tidak memerlukan energi tambahan dari mesin.

  1. Meningkatkan Umur Kompresor

Karena putaran kompresor tergantung pada permintaan AC, penggunaan magnet clutch membantu mengurangi beban pada kompresor saat tidak beroperasi, yang pada akhirnya meningkatkan umur kompresor.

  1. Kenyamanan Pengemudi

Magnet clutch memungkinkan AC dapat dihidupkan atau dimatikan sesuai kebutuhan, memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang.

Apa Akibatnya Jika Magnetic Clutch Tidak Berfungsi?

Jika magnetic clutch mengalami masalah atau tidak berfungsi dengan baik, beberapa gejala yang dapat muncul antara lain:

  1. AC Tidak Dingin

Salah satu gejala paling jelas adalah AC tidak mengeluarkan udara dingin meskipun AC dihidupkan. Hal ini dapat terjadi karena kompresor tidak berputar, sehingga tidak ada refrigeran yang dialirkan ke dalam sistem pendingin udara.

  1. Bunyi Berisik

Saat magnetic clutch mengalami masalah, Anda mungkin mendengar bunyi berisik dari bagian depan mesin, terutama saat AC dihidupkan atau dimatikan.

Bunyi ini biasanya disebabkan oleh gesekan yang tidak normal pada clutch plate atau pulley.

Dampak Tidak Berfungsinya Magnet Clutch pada Sistem AC Mobil

Ketika magnetic clutch tidak berfungsi dengan baik, berbagai masalah dapat terjadi pada sistem AC mobil:

  1. Tidak Adanya Pendinginan

Yang paling jelas adalah sistem AC tidak akan menghasilkan udara dingin, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengemudi dan penumpang terutama dalam cuaca panas.

  1. Overheat Kompresor

Jika magnetic clutch terus berputar tanpa henti atau tidak berputar sama sekali, kompresor dapat mengalami overheating akibat beban kerja yang berlebihan.

  1. Kerusakan Komponen Lain

Masalah pada magnetic clutch yang dibiarkan berlarut-larut dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lain dalam sistem AC, seperti kompresor, evaporator, atau kondensor.

Apa Penyebab Magnetic Clutch Mati?

Ada banyak penyebab mengapa magnetic clutch AC mobil tidak berfungsi atau mati ini, diantaranya sebagai berikut:

  1. Keausan Magnet Clutch

Seperti halnya komponen lain dalam mobil, magnet clutch juga mengalami keausan seiring waktu penggunaan.

Jika terjadi gesekan yang berlebihan, misalnya karena kurangnya pelumasan atau komponen yang sudah tua, magnet clutch dapat aus dan tidak berfungsi dengan baik.

  1. Korsleting Listrik

Gangguan pada sistem elektrikal mobil, seperti korsleting, dapat menyebabkan magnet clutch tidak berfungsi karena tidak mendapatkan arus listrik yang cukup.

Korsleting listrik ini bisa terjadi karena kabel yang rusak atau hubungan yang longgar.

  1. Kontak Kotor pada Magnet Clutch

Kotoran atau karat pada bagian kontak magnet clutch dapat mengganggu aliran listrik yang menyebabkan magnet clutch tidak berfungsi. Penting untuk secara berkala membersihkan dan memeriksa kondisi kontak magnet clutch.

  1. Kerusakan pada Pulley Magnet Clutch

Pulley pada magnet clutch yang mengalami kerusakan, seperti retak atau aus, dapat menyebabkan magnet clutch tidak berputar dengan baik.

Kerusakan pada pulley ini bisa disebabkan oleh beban berlebih atau bahan yang kurang berkualitas.

  1. Freon Kurang sebagai Penyebab Magnetic Clutch Bermasalah

Level freon yang rendah dapat menyebabkan magnet clutch tidak berfungsi karena perlunya tekanan yang cukup untuk memompa freon. Kelebihan freon atau kebocoran pada sistem juga dapat menyebabkan masalah pada magnetic clutch.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!