Pahami Jenis Kompresor AC Mobil Anda | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Pahami Jenis Kompresor AC Mobil Anda

kompresor-ac-mobil-baru

kompresor-ac-mobil-baru

Pahami jenis kompresor AC mobil Anda karena kompresor ibarat jantung dalam sebuah sistem AC, komponen ini bertugas mengatur sirkulasi atau memompa refrigerant dari kondensor ke evaporator. AC (Air Conditioner) merupakan sebuah sistem pengatur suhu udara di dalam ruangan kabin mobil. Definisi tersebut merupakan ringkasan dari keseluruhan pekerjaan yang dilakukan oleh sebuah sistem kompleks bernama AC.

Pengoperasian AC di dalam mobil pun sengaja dibuat sederhana oleh para produsen mobil agar penggunanya bisa dengan mudah mendapatkan kondisi suhu udara yang diinginkan. Umumnya AC dioperasikan lewat dua tombol. Tombol pertama mengatur besarnya hembusan angin, sementara tombol kedua berfungsi mengatur tingkat suhu udara.  Suhu udara yang diinginkan bisa diwujudkan karena adanya sirkulasi refrigerant yang dikerjakan oleh sebuah sistem AC. Kali ini Anda akan dibekali tentang jenis kompresor untuk AC mobil.

Kompresor ibarat jantung dalam sebuah sistem AC, komponen ini bertugas mengatur sirkulasi atau memompa refrigerant dari kondensor ke evaporator sekaligus mengkompresinya. Sederhananya, ia adalah pemompa refrigerant di seluruh kesatuan sistem AC. Meski merupakan bagian penting, bukan berarti kompresor merupakan satu-satunya yang harus diperhatikan dalam sistem AC. Pasalnya, seluruh komponen merupakan kesatuan sistem yang tak dapat dipisahkan dan memiliki kewajiban penting masing-masing. Kompresor dapat bekerja dengan adanya putaran mesin yang terkoneksi via belt. Dengan demikian, beban kerja mesin akan bertambah seiring kompresor AC bekerja. Wajar bila produsen mobil terus mencari kompresor AC yang memiliki beban kerja seringan mungkin agar tidak terlalu membebani mesin. Alhasil, teknologi kompresor pun terus berkembang untuk menciptakan gesekan seminim mungkin. Menggunakan single belt untuk memutar beragam komponen di mesin merupakan salah satu usaha produsen mobil untuk mengurangi gesekan di mesin.

Kompresor Variable Capacity Swash Plate; Kompresor ini merupakan pengembangan dari kompresor Swash Plate. Secara umum, konstruksi kedua kompresor ini sama, namun pada kompresor ini, terdapat katup yang bertugas mengatur sudut kemiringan swash plate. Kompresor jenis ini umumnya disematkan di mobil-mobil kelas menengah ke atas seperti Toyota Camry, BMW Seri 3-5-7, MINI Cooper, dan lain-lain.

Kompresor Fixed Capacity Swash Plate; Kompresor yang paling banyak disematkan oleh para pabrikan untuk digunakan di berbagai macam kendaraan. Penggunaannya mulai dari mobil kecil hingga minibus. Seperti Kia Rio, Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, dan lain-lain.

Kompresor Scroll Type; Kompresor ini menggunakan gulungan pelat yang bergerak secara simultan untuk memompa dan mengompres refrigerant. Kompresor jenis ini dapat ditemukan pada mobil hybrid ataupun mobil kompak berkapasitas mesin kecil seperti smart, Peugeot 107, dan lain-lain.

Itulah beberapa jenis kompresor yang perlu Anda ketahui. Pilih bengkel AC mobil terbaik yang mengerti akan kebutuhan perawatan dan perbaikan mobil Anda.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author