Sistem Kerja AC Mobil dan Fungsi Komponen di Dalamnya | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Sistem Kerja AC Mobil dan Fungsi Komponen di Dalamnya

sistem-kerja-ac-mobil-dan-fungsi-komponen-di-dalamnya

sistem-kerja-ac-mobil-dan-fungsi-komponen-di-dalamnya

Cari tahu disini bagaimana sistem kerja AC mobil dan fungsi komponen di dalamnya. Dokter Mobil akan berbagi informasi yang bermanfaat untuk Anda. Cuaca di Jakarta sekarang sudah semakin terik, di mana ac di dalam mobil menjadi suatu kebutuhan penting, dikarena kan udara di luar sudah sangat berdebu dan tidak baik bagi kesehatan.

Terik matahari juga sudah semakin panas, fungsi kaca film sudah tidak lagi maksimal. Mengingat bahwa kaca film yang di beri dari pabrik mempunyai standar yang sangat rendah dalam menolak panas. Akibatnya mobil anda menjadi Sauna Berjalan.

AC mobil di jaman sekarang menjadi satu hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Tanpa hal ini maka mood kerja akan menjadi turun dan anda akan lebih sering ganti baju.

AC mobil pertama kali di ciptakan pada tahun 1939, dan pada tahun 1940 pertama kalinya uji coba pemasangan ac mobil . perusahaan yang pertama kali menawarkan ac mobil tidak memiliki thermostat.

Kemudian pada tahun 1969 sebagian mobil yang di jual di pasaran sudah menggunakan ac, tetapi belum bisa di pasang ac mobil after market. Hal ini membuat ketergantungan pada pabrik yang membuat ac mobil, karena jika ada hal yang rusak maka biaya perbaikan nya akan mahal sekali.

Akhirnya di tetapkan bahwa Freon yang pertama kali di gunakan di dunia adalah Freon dengan jenis R-12 / cfc-12 ( kemudian baru di ketahui bahwa Freon jenis itu tidak aman bagi lingkungan. Di mana dapat membuat lapisan ozon menjadi rusak.

Setelah itu muncul alternative Freon yang di pakai yaitu Freon R-134a / HFC-134a yang di produksi pertama kali di Amerika Serikat. Kemudian pada tahun 1996 pertama kali nya Freon jenis R134a di instalasi di kendaraan. Sampai dengan tahun 2016 ini.

Freon R134a ini telah di riset lebih aman di gunakan bagi manusia dan lingkungan sehingga semua jenis mobil yang ada menggunakan Freon jenis ini.

Kebanyakan orang hanya tahu bahwa ac berfungsi untuk mendinginkan udara, terdapat 3 bagian utama dari sistem ac mobil, yaitu Kompressor, Kondensor dan Evaporator.

Dokter mobil akan mengulas fungsi dari ketiga bagian ini dan cara kerja AC mobil :

  1. Kompressor

Kompressor adalah pompa yang di gerakkan oleh Crankshaft mesin, ketika Freon yang di tarik ke compressor itu dalam bentuk gas bertekanan rendah. Kemudia gas di pompa keluar dari compressor. Compressor tidak memadatkan cairan hanya memadatkan gas.

  1. Kondensor

Kondensor pada dasarnya fungsi nya sama seperti radiator, untuk membuang panas keluar dari sistem ac mobil. Ketika Freon memasuki kondensor dari compressor. Kemudian Freon bergerak ke kondensor dan menciptakan panas, tetapi udara yang ada di sekitar tabung dari kondensor membuat Freon nya menjadi dingin sampai berbentuk cairan, proses dari ini yang membuat cairan yang berfungsi mendinginkan mobil. Ketika pindah dari kondensor cairan melewati dryer. Fungsi dari dryer ini adalah untuk menghisap air yang memasuki sistem ac mobil.

Setelah itu akan melewati Thermal Expansion Valver yang mengubah tekanan tinggi ke tekanan terendah, jika anda bisa menyentuh nya maka bisa merasakan tekanan dari panas ke dingin.

Tekanan tinggi yang mengantarkan cairan pendingin melalui katub ekspansi di mana hall ini dapat mengurangi tekanan pada Freon, sehingga dapat pindah ke evaporator.

Katub tekanan ini mengatur aliran Freon yang membuat sistem ac dapat bekerja secara maksimal (harus di perhatikan bahwa katub katub sistem ac yang Aus / lemah harus memerlukan penggantian), tetapi katub tidak akan lemah jika Oli Kompressor ac mobil nya dig anti setiap 20.000 km ( ingat penggantian oli compressor ac dengan cara manual / bongkar dapat membuat sistem ac rusak, hanya dokter mobil yang dapat mengganti oli compressor ac mobil tanpa bongkar.

  1. Evaporator

Sebelum cairan masuk ke evaporator, katub expansi mengalirkan Freon secara konstan, hall ini yang dapat membuat evaporator menjadi bocor. Evaporator menjadi bocor di karena kan malas nya pemilik mobil untuk membersihkannya sehingga evaporator menjadi mampet dan tersumbat (umumnya evaporator di bersihkan setiap 6 bulan sekali)

Umumnya di Indonesia proses maintenance ac mobil dilakukan secara manual, tetapi dengan sumber daya manusia yang sangat terbatas dan kelalaian dalam pemasangan. Hall ini mengakibat kan sistem ac yang terpasang tidak dapat sempurna seperti bawaan pada mobil baru.

Hal seperti ini membuat part sistem ac mobil umur nya menjadi lebih pendek. Tetapi Technologi sudah sangat berubah di mana sekarang Dokter Mobil menjadi pelopor technology service ac mobil tanpa bongkar. Sehingga umur part ac bisa mencapat 10 tahun. Syarat nya sistem ac mobil tidak pernah dibongkar.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , ,

About Author