Sudahkah Bawa Mobil Anda ke Bengkel Tune Up? | Dokter Mobil
 
Posted by admin bengkel mobil

Sudahkah Bawa Mobil Anda ke Bengkel Tune Up?

service-mobil-tune-up

service-mobil-tune-up

Sudahkah Bawa Mobil Anda ke Bengkel Tune Up? Proses tune up atau dikenal juga dengan servis utama (major service), merupakan pemeliharaan rutin pada pembakaran internal suatu kendaraan terutama mobil. Sebagian besar produsen mobil merekomendasikan tune up dilakukan pada setiap 48.000km atau selang waktu 2 tahun, tergantung mobil tersebut mencapai kondisi yang mana terlebih dahulu.

Tune up bisa dibilang servis yang paling sering dilakukan dibandingkan dengan jenis servis mobil yang lain, seperti overhaul, spooring/balancing, dan ketok magic. Meskipun disebut pemeriksaan keseluruhan pada mobil, iaya perawatan berkala tanpa melakukan penggantian komponen ini ternyata bisa lebih murah dibandingkan di bengkel resmi. Pada beberapa bengkel tune up, ongkosnya hanya Rp 350.000 saja. Tarif tersebut berlaku untuk semua mobil. Biaya yang dipatok untuk tune up tersebut diluar pergantian komponen dan biaya scanner, apabila ada mobil yang mengalami kendala dan harus dibaca menggunakan alat khusus, terdapat biaya tambahan kurang lebih Rp 150.000 lagi.

Paket perawatan berkala yang umumnya ditawarkan bengkel tune up mobil terdiri dari membersihkan busi, saringan udara, hingga ke ruang bakar menggunakan cairan khusus. Kegiatan itu bertujuan sebagai pengapian dan kerak yang menempel di ruang bakar bisa hilang. Sisa kerak akibat timbal bahan bakar yang menmpel bisa bersih kembali sehingga mobil menjadi lebih nyaman digunakan.

Proses pengerjaan tune up harus sesuai dengan prosedurnya. Hasil tune up tidak akan sempurna dan akan banyak mengalami terjadinya pengulangan pekerjaan tanpa mengikuti urutan yang benar. Layaknyaseseorang membersihkan ruangan, langkah yang tepat adalah membersihkan bagian atas dari mobil, baru kemudian membersihkan lantainya. Jika membersihkan bagian bawah terlebih dahulu baru membersihkan langit-langit maka cara itu tidak efisien dari segi tenaga, waktu, maupun hasil pekerjaan. Proses pengerjaan tune up yang benar akan memberikansejumlah keuntungan sebagai berikut.

  • Tenaga yang dikeluarkan untuk servis lebih kecil.
  • Waktu yang diperlukan dalam pengerjaan lebih cepat.
  • Frekuensi pemakaian alat berkurang sehingga peralatan lebih awet
  • Mobil juga lebih awet karena frekuensi bongkar-pasangnya relatif lebih kecil.

Segera bawa mobil ke bengkel tune up jika memang mengalami kondisi umum kerusakan seperti:

  • Tarikan mobil berkurang,
  • Boros bahan bakar,
  • Mobil tersendat-sendat,
  • Kenyamanan berkendara berkurang.

Pada dasarnya setiap mobil yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium harus dibawa ke bengkel untuk melakukan tune up setiap tiga bulan sekali atau enam bulan sekali. Sementara BBM Pertamax atau RON90 ke atas minimal setahun sekali.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *