Tanda Dan Ciri Ketika Freon AC Mobil Habis | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Tanda Dan Ciri Ketika Freon AC Mobil Habis

tanda-dan-ciri-ketika-freon-ac-mobil-habis

tanda-dan-ciri-ketika-freon-ac-mobil-habis

Salah satu fitur penting pada sebuah mobil ialah penyejuk udara alias air conditioner (AIR CONDITINER ATAU AC). Fitur ini biasanya selalu digunakan pemilik mobil demi kenyamanan berkendara, terlebih di saat udara yang panas.

AC Mobil merupakan komponen yang sangat penting, mengingat cuaca akhir akhir ini sangat panas. Belum lagi ditambah jalanan yang macet, membuat ruangan mobil menjadi sumpek atau pengap. Pada saat seperti itu lah peran AC menjadi amat sangat penting, tetapi sering juga kita dibuat kesal saat kita membutuhkan AC palah tidak seperti yang diharapkan.

Ciri – Ciri Freon AC Mobil Habis

Pernahkah anda mengalami gangguan pada AC Mobil yang berasa sudah tidak segar lagi? Meskipun masih keluar angin dari lubang fentilatornya tetapi tetap berasa beda, karena yang keluar hanya angin biasa. Dan gejala seperti sebelumnya juga merupakan salah satu ciri-ciri kalau ternyata freon Air Conditiner atau AC mobil kita sudah habis. Untuk mengantisipasi jika anda tidak mau mengalami kejadian seperti diatas, sebaiknya anda menyimak artikel ini sampai tuntas.

Dari pada mengalami hal buruk, ada baiknya anda kenali beberapa ciri-ciri freon mobil jika sudah habis. Lebih baik kita mengetahuinya dulu, untuk segera memperbaiki dari pada tidak tahu dan membiarkannya saja AC mobil anda. Berikut kami sajikan ciri–ciri freon AC mobil habis.

Ciri – Ciri Freon AC Mobil Habis

  • AC Mobil hanya mengeluarkan angin biasa, tidak segar seperti biasanya.
  • Kompresor AC tidak berputar semestinya saat saklar AC dihidupkan.
  • Kipas AC juga tidak hidup atau berputar saat saklar AC pada posisi On.

Pada sight glass AC pemeriksa freon yang terletak pada reeiver drier terdapat gelembung udara berwarna pink saat mobil dihidupkan. (tanda untuk freon AC mobil berkurang). Karena sering dipergunakan, sudah selayaknya perangkat ini dirawat dengan baik agar bekerja maximal dan komponennya lebih awet. Perawatan intensif dan pengecekan rutin terhadap AC Mobil sebaiknya Anda dapat lakukan di bengkel.

Namun, ada beberapa langkah simple yang dapat Anda kerjakan sendiri untuk merawat AC Mobil. Salah satu bagian yang harus diperhatikan setiap waktu adalah freon AC yang bisa habis tanpa indikasi yang siginifikan.

Lalu bagaimana indikasi freon AC habis? Pada sistem AC pada umumnya sudah dilengkapi dengan pengaman berupa pressure switch atau saklar yang akan bekerja berdasarkan tekanan yang biasanya tertanam pada saluran pipa tekanan tinggi / pipa high pressure ataupun tertanam di receiver drier.

Sakelar yang ada pada saluran pipa bertekanan tinggi tersebut akan bekerja pada tekanan tertentu, saat tekanan freon di saluran pipa bertekanan tinggi kurang dari tekanan, maka saklar tidak akan tersambung sehingga mengakibatkan kompresor AC tidak berfungsi.

Jenis sakelar pun bermacam, Anda bisa saja menemukan sakelar AC mobil yang memakai dua kabel dan ada pula yang menggunakan 4 kabel. Bila freon AC habis atau tidak ada freon di sistem AC, maka saklar tidak terhubung dan relay magnetic clucth tidak akan bekerja, sehingga kompresor AC pun tidak berputar.

Tanda-tanda freon AC yang mulai habis adalah kompresor AC yang tidak bekerja, lalu AC mobil hanya ada embusan angin dan tidak terasa dingin akibat kompresor yang tidak bekerja.

Terakhir ketika AC mobil dari saklar AC dihidupkan selain kompresor tidak berputar, ekstra fan juga ikut tidak berputar.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *