Waspada Bahaya AC Mobil Bocor Bagi Kesehatan | Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Waspada Bahaya AC Mobil Bocor Bagi Kesehatan

gejala-ac-mobil-bocor

gejala-ac-mobil-bocor

Waspada bahaya AC mobil bocor bagi kesehatan, simak informasi penting dari Dokter Mobil tentang apa saja yang harus diperhatikan. Berulangnya kecelakaan para pengendara mobil karena diduga keracunan gas karbonmonoksida yang berasal dari kebocoran AC mobil mengundang keprihatinan publik. Keadaan tersebut tidak sedikit harus merenggut nyawa orang yang tidak bersalah. Dampaknya pun banyak orang yang akhirnya mengalami ketakutan pada AC mobil mereka. Kami akan mengajak Anda untuk menambah pengetahuan tentang bahaya AC mobil bocor bagi kesehatan Anda.

Penyebab

Umumnya kebocoran tersebut disebabkan ada kebocoran pada selang AC. Penyebab bisa terbentuk kebocoran tentu saja karena kurang perhatian dan perawatan terhadap AC mobil. Kebocoran pada AC mobil kemungkinan besar dikarenakan jarang diservis serta jarang diteliti. Seharusnya freon, gas pendingin di dalam kompresor AC, kadang suka membeku. Mendeteksinya memang susah, selang bocor itu biasanya karena meledak. Pada saat meledak itulah terkadang orang tidak tahu, karena tidak mengeluarkan suara mencurigakan apapun.

Di sisi lain, kebocoran AC mobil biasanya juga disebabkan kerapuhan pada ekspansi AC. Usia ekspansi sebenarnya hanya 1 tahun. Selebihnya berisiko rapuh dan menyebabkan kebocoran pada selang AC. Paling baik jika melakukan servis secara keseluruhan dan perlu diteliti paling tidak minimal 1 tahun sekali harus diganti. Kebocoran gas karbon yang terhirup tidak ada hubungannya sama sekali dengan knalpot. Gas karbon yang mematikan itu hanya dari AC, jika selang AC bocor maka tidak sengaja terhirup tidak hanya pusing, bahkan dapat mengakibatkan pingsan dan kematian.

Tanda-tanda kebocoran

Menandai kebocoran selang AC, selain tercium bau menyengat seperti gas elpiji juga kadang muncul suara berisik dari AC mobil. Saat terjadi seperti ini segera mematikan AC dan membuka kaca mobil. Saat terjadi kebocoran, lebih berbahaya saat mobil berhenti. Hal ini dikarenakansaat dalam kondisi mobil berjalan, masih ada sirkulasi udara yang berputar. Sedangkan saat berhenti, gas karbon itu akan terkurung begitu saja.

Pencegahan

Pada saat Anda mengemudi dan hendak istirahat, mesin dan AC tidak perlu dinyalakan dan cukup membukan kaca mobil saja. Saat mobil berhenti dengan keadaan mesin dan AC menyala juga memberi peluang meledaknya selang AC yang memang sudah mengalami kebocoran. Lakukan servis AC mobil secara rutin minimal 6 bulan sekali. Pastikan mekanik kepercayaan Anda memeriksa seluruh komponen AC terutama selang.

Jika terjadi hal-hal seperti ini segera bawa ke bengkel AC mobil terpercaya agar segera ditangani masalahnya.

“Apapun Mobilnya Dokter Mobil Dokternya”

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author