📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Berikut Penyebab dan Solusi Mengatasi AC Mobil Kurang Dingin!

penyebab AC mobil kurang dingin

Doktermobil.com Kali ini akan menjelaskan penyebab AC mobil kurang dingin yang perlu Kamu ketahui nih. Penasaran apa saja yuk simak ulasannya di bawah ini ya!

Saat matahari bersinar terik dan udara panas terasa seperti tak tertahankan, satu-satunya tempat yang memberikan kenyamanan adalah dalam mobil dengan AC yang dingin.

Penyebab AC Mobil Kurang Dingin

Namun, ada saat-saat ketika AC mobil tidak memberikan pendinginan yang cukup. Apa penyebabnya? Mari kita eksplorasi masalah umum yang bisa menjadi alasan penyebab AC mobil kurang dingin.

Mengenal Sistem AC Mobil

Sebelum kita membahas penyebab AC mobil kurang dingin, mari kita pahami dulu bagaimana sistem AC bekerja.

Sistem AC mobil terdiri dari komponen-komponen seperti kompresor, kondensor, evaporator, dan pendingin. Semua komponen ini bekerja bersama untuk menciptakan udara dingin di dalam kendaraan Kamu.

 

1. Kekurangan Refrigeran

Salah satu penyebab AC mobil kurang dingin adalah kekurangan refrigeran dalam sistem.

Refrigeran adalah zat yang digunakan untuk mengeluarkan panas dari udara di dalam kabin mobil.

Jika level refrigeran rendah, maka pendinginan yang dihasilkan akan terganggu.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

2. Kondensor Kotor

Kondensor adalah bagian yang membantu mentransfer panas dari udara di dalam mobil ke udara luar.

Jika kondensor terlalu kotor, pertukaran panas tidak akan efisien, sehingga AC akan kesulitan untuk mendinginkan udara di dalam kabin.

Penyebab Lain dan Solusinya

Selain dua masalah di atas, masih ada beberapa penyebab lain yang dapat menjadi penyebab AC mobil kurang dingin. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Filter Kabin Tersumbat

Filter kabin yang tersumbat debu dan kotoran akan menghambat aliran udara ke dalam kabin. Akibatnya, udara yang keluar dari AC tidak terasa dingin. Solusinya, gantilah filter kabin secara berkala.

2. Kompresor Bermasalah

Kompresor adalah jantung dari sistem AC. Jika kompresor mengalami masalah, seperti kebocoran atau kerusakan pada kopling, AC tidak akan mampu menghasilkan pendinginan yang cukup.

Perbaikan kompresor harus dilakukan oleh mekanik yang berpengalaman.

Baca Juga: Penyebab AC Mobil Belakang Tidak Dingin, Ada yang Rusak?

3. Sistem Kontrol AC Rusak

Sistem kontrol AC yang rusak bisa menjadi alasan lain mengapa AC mobil kurang dingin. Sensor suhu atau saklar yang bermasalah dapat mengganggu regulasi suhu di dalam mobil. Ini juga perlu diperiksa oleh ahli.

Tips Mencegah Masalah AC Mobil

Tentu saja, lebih baik mencegah daripada mengobati. Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk mencegah masalah terkait penyebab AC mobil kurang dingin pada mobil Kamu:

1. Cek Refrigeran Secara Berkala

Pastikan Kamu memeriksa level refrigeran secara rutin. Jika Kamu merasa AC kurang dingin, bisa jadi perlu menambahkan refrigeran. Namun, jika ini terjadi terlalu sering, ada kemungkinan ada kebocoran yang perlu diperiksa.

2. Membersihkan Kondensor

Saat mencuci mobil, jangan lupa untuk membersihkan juga kondensor di bagian depan mobil. Hindari menumpuknya kotoran yang bisa menghambat pertukaran panas.

 

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Alur Sejarah MINI Cooper yang Legendaris

Alur Sejarah MINI Cooper yang Legendaris

Membahas seputar sejarah MINI Cooper memang sangat menarik, karena mobil ini telah banyak berevolusi mulai dari sejak awal perilisannya. Sejak diperkenalkannya pada tahun 1959, MINI

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form