📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

3 Tips Beli Evaporator AC Mobil Bekas yang Bagus & Awet

3 Tips Beli Evaporator AC Mobil Bekas yang Bagus & Awet

Evaporator AC mobil adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendinginan AC mobil. Evaporator merupakan bagian dari sistem yang bertanggung jawab untuk mengubah refrigeran dari bentuk cair menjadi uap, sehingga suhu dalam kabin mobil dapat menjadi lebih dingin. Namun, ketika membeli mobil bekas, terkadang ada beberapa masalah yang muncul pada evaporator AC mobil yang perlu diperhatikan.

Memiliki mobil dengan AC yang dingin merupakan suatu kenikmatan, terutama bagi pengendara yang sering bepergian jauh. Namun, AC mobil yang tidak berfungsi dengan baik dapat membuat perjalanan terasa sangat tidak nyaman. Oleh karena itu, ikutilah beberapa tips berikut ini agar AC mobil kesayangan anda dingin.

3 Tips Beli Evaporator AC Mobil Bekas

Jika Anda membeli mobil bekas, pastikan untuk memeriksa evaporator AC mobil, karena komponen ini sangat penting untuk menjaga suhu udara di dalam kabin kendaraan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tiga tips untuk membeli evaporator AC mobil bekas yang bagus dan awet.

1. Periksa Kondisi Evaporator AC Mobil Bekas dengan Cermat

Saat membeli mobil bekas, pastikan untuk memeriksa kondisi evaporator AC mobil secara menyeluruh. Cek apakah ada tanda-tanda keausan atau kerusakan pada komponen tersebut. Pastikan juga bahwa evaporator tidak bocor atau tersumbat, karena hal ini dapat mengganggu aliran udara di dalam kabin mobil.

Anda dapat memeriksa evaporator dengan membuka panel dashboard mobil dan memeriksa apakah ada tanda-tanda kelembaban atau korosi di sekitar komponen AC. Jika evaporator tampak dalam kondisi buruk, pertimbangkan untuk membeli mobil bekas lainnya.

2. Pilih Evaporator AC Mobil Bekas yang Berkualitas

Memilih evaporator AC mobil bekas yang berkualitas sangat penting untuk memastikan kinerja AC mobil yang baik. Pastikan untuk membeli evaporator AC mobil bekas yang terbuat dari bahan berkualitas dan tahan lama. Anda dapat meminta saran dari teknisi AC mobil atau mencari ulasan online untuk mengetahui merek dan model evaporator AC mobil yang palingdirekomendasikan.

Pilihlah evaporator AC mobil bekas yang terkenal akan ketahanannya terhadap korosi dan kelembaban, serta memiliki umur pakai yang lebih lama dibandingkan dengan merek yang kurang terkenal. Sebagai tambahan, pastikan juga bahwa evaporator AC mobil bekas yang Anda beli memiliki garansi, sehingga Anda dapat merasa tenang jika terjadi kerusakan pada komponen tersebut dalam waktu dekat.

3. Cari Harga yang Terjangkau

Terakhir, pastikan bahwa harga evaporator AC mobil bekas yang Anda beli terjangkau dan sesuai dengan kondisi komponen tersebut. Jangan mudah tergiur oleh harga yang terlalu murah, karena hal tersebut bisa jadi menunjukkan bahwa komponen tersebut memiliki kualitas yang buruk atau rusak.

Namun, jangan juga terlalu terburu-buru untuk membeli evaporator AC mobil bekas dengan harga yang terlalu mahal. Lakukan penelitian terlebih dahulu untuk mengetahui harga yang wajar untuk evaporator AC mobil bekas, sehingga Anda dapat membeli dengan percaya diri dan merasa puas dengan pembelian Anda.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

BACA JUGA: 4 Penyebab Evaporator AC Mobil Berlendir yang Wajib diketahui

Memiliki AC mobil yang dingin dan berfungsi dengan baik sangat penting untuk kenyamanan perjalanan. Saat membeli mobil bekas, pastikan untuk memeriksa evaporator AC mobil bekas dengan cermat, memilih evaporator AC mobil bekas yang berkualitas, dan mencari harga yang terjangkau. Dengan membeli evaporator AC mobil bekas yang baik dan awet, Anda dapat menikmati perjalanan yang lebih nyaman dan menyenangkan.

Sebagai informasi tambahan, penting juga untuk mengetahui frekuensi seberapa sering melakukan service AC mobil. Biasanya, AC mobil perlu diservis setiap enam bulan atau setiap 10.000 kilometer. Servis AC mobil meliputi pemeriksaan kondisi refrigerant, kompresor, kondensor, dan evaporator, serta membersihkan filter udara.

Berapa Biaya Servis AC Mobil?

Biaya service AC mobil dapat bervariasi tergantung pada jenis mobil dan jenis layanan yang diperlukan. Namun, secara umum biaya untuk servis AC mobil berkisar antara 300 ribu hingga 1 juta rupiah. Jika terdapat masalah yang lebih serius pada sistem pendinginan, biaya servis AC mobil dapat meningkat hingga 5 juta rupiah atau lebih.

Biaya servis AC mobil tergantung pada jenis layanan yang dipilih. Beberapa jenis layanan yang biasanya tersedia adalah pengisian ulang refrigeran, pembersihan evaporator, penggantian filter AC, pemeriksaan sistem pendinginan, penggantian komponen yang rusak atau cacat, dan pemeriksaan komponen lain seperti kipas blower dan thermostat. Semakin banyak jenis layanan yang diperlukan, semakin tinggi biaya servis AC mobil yang harus dikeluarkan.

Service AC Mobil Meliputi Apa Saja?

Servis AC mobil meliputi beberapa hal untuk memastikan AC mobil tetap berfungsi dengan baik. Pemeriksaan sistem pendinginan AC adalah bagian penting dari servis AC mobil yang harus dilakukan secara berkala. Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan bahwa sistem pendinginan AC berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah seperti kebocoran atau kekurangan refrigeran. Jika terdapat masalah pada sistem pendinginan, teknisi dapat melakukan perbaikan atau penggantian komponen yang rusak.

Selain pemeriksaan sistem pendinginan, pembersihan evaporator dan kipas blower juga merupakan bagian penting dari servis AC mobil. Evaporator dan kipas blower cenderung menjadi sarang kuman dan jamur, yang dapat menyebabkan bau tidak sedap di dalam kabin mobil. Oleh karena itu, pembersihan berkala diperlukan untuk menjaga kualitas udara di dalam kabin mobil.

Penggantian filter AC juga merupakan bagian dari servis AC mobil. Filter AC berfungsi untuk menyaring debu dan partikel lain dari udara yang masuk ke dalam kabin mobil. Jika filter AC sudah kotor atau rusak, udara di dalam kabin mobil akan menjadi tidak sehat dan berbau tidak sedap. Oleh karena itu, penggantian filter AC secara berkala diperlukan.

Berapa Bulan Sekali untuk Servis AC Mobil?

Sebaiknya, AC mobil diservis setiap 6 bulan sekali atau setiap 10.000 km tergantung mana yang tercapai lebih dulu. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa AC mobil tetap berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah yang muncul secara tiba-tiba. Namun, jadwal servis AC mobil dapat berbeda-beda tergantung pada jenis mobil dan kondisi penggunaan mobil.

Jika mobil sering digunakan dalam kondisi panas atau dalam perjalanan jarak jauh, maka servis AC mobil dapat dilakukan lebih sering. Hal ini dikarenakan penggunaan AC mobil dalam kondisi seperti itu dapat lebih membebani sistem pendinginan dan mempercepat penumpukan kotoran dan jamur di dalam evaporator. Jika terdapat masalah pada AC mobil, seperti suara yang tidak normal atau angin yang tidak keluar dengan baik, servis AC mobil perlu dilakukan lebih cepat dari jadwal yang ditentukan.

Namun, jangan lupa untuk selalu memeriksa manual pemilik mobil untuk mengetahui jadwal servis AC mobil yang tepat. Beberapa mobil mungkin memiliki jadwal servis yang berbeda tergantung pada kondisi dan spesifikasi mobil.

Apakah AC Mobil Perlu di Service?

Ya, AC mobil perlu di service secara berkala untuk memastikan bahwa sistem pendinginan berfungsi dengan baik dan tidak terjadi masalah yang bisa berdampak pada kesehatan pengemudi dan penumpang. AC mobil yang tidak di servis secara berkala dapat menyebabkan terjadinya masalah seperti kebocoran refrigeran, penumpukan kotoran dan jamur di dalam evaporator, dan kipas blower yang tidak berfungsi dengan baik.

Selain itu, AC mobil yang tidak diservis secara berkala dapat mempengaruhi kualitas udara di dalam kabin mobil. Udara di dalam kabin mobil dapat menjadi tidak sehat dan berbau tidak sedap jika evaporator dan filter AC tidak dibersihkan dan diganti secara berkala. Selain itu, jika AC mobil tidak berfungsi dengan baik, pengemudi dan penumpang bisa merasa tidak nyaman selama perjalanan, terutama saat musim panas.

Oleh karena itu, penting untuk selalu memeriksa dan melakukan servis AC mobil secara berkala untuk menjaga kondisi dan kinerja AC mobil. Jika terdapat masalah pada AC mobil, segera bawa ke bengkel terpercaya untuk diperiksa dan diperbaiki agar tidak menimbulkan masalah yang lebih serius di kemudian hari.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form