New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Penyebab AC Mobil Angin Panas dan Gerah serta Solusi Mengatasinya

Penyebab Masalah AC Mobil Angin Panas dan Cara Mengatasinya

Munculnya masalah AC Mobil Angin Panas tentu akan menyebalkan. Bagaimana tidak, kenyamanan anda berkendara akan terganggu. Lantas apa solusinya? Artikel berikut semoga menjawab pertanyaan anda.

Penyebab AC Mobil Angin Panas Doank yang Keluar dari Blower

AC mobil menjadi salah satu fungsi yang cukup penting dalam mobil, meskipun tidak mempengaruhi kinerja mobil namun dengan adanya AC mobil tentu saja kenyamanan dalam berkendara akan semakin meningkat. Apalagi jika kondisi dan cuaca di luar mobil sedang panas-panasnya, tentu saja kehadiran AC mobil menjadi salah satu hal penting yang dibutuhkan. Untuk itu lah setiap pemilih mobil hendaknya mengetahui cara merawat AC mobil sehingga udara yang dihasilkan tetap dingin dan sejuk.

Jika AC mobil tidak dirawat dengan baik, maka tentu saja AC mobil bisa mengalami permasalahan. Misalnya saja AC mobil hanya keluar angin sehingga udara yang dihasilkan tidak sejuk bahkan dapat panas. Lalu apa yang menjadi penyebab AC mobil hanya keluar angin? Berikut ini penjelasan dan cara mengatasinya.

  1. Freon AC Mobil Sudah Habis

    Salah satu penyebab AC mobil hanya keluar angin yang sering terjadi adalah freon AC mobil yang memang sudah habis. Untuk itu, anda bisa mengetahui ciri ciri freon AC mobil habis, sehingga dapat menghindari permasalahan seperti ini. Namun jika freon AC mobil anda cepat habis bahkan sebelum waktunya, mungkin saja ini terjadi diakibatkan adanya kebocoran pada sambungan selang atau pipa. Jika kerusakan dikarenakan usia pakainya yang memang sudah tua, maka anda bisa menggantinya dengan selang yang baru.

Lihat Juga: Bengkel Irit BBM

  1. Filter Kabin Kotor

    Penyebab lainnya dapat dikarenakan kondsii filter kabin mobil yang kotor, sehingga membuat sirkulasi udara di dalamnya menjadi terhambat. Untuk itu gantilah selalu filter kabin mobil secara rutin setiap emnempuh jarak 16.000 km. Hal ini untuk mengantisipasi jika Ac mobil hanya keluar angin dan tidak ingin.

  1. Belt Putus

    Belt yang terdapat pada kompresor memiliki funsgi untuk menggerakan puli kompresor serta menghubungkannya dengan pompa air, power steering, kipas pendingin, dan alternator. Belt yang putus bisa disebbakan karena karet belt yang memang sudah retak dan bahan putus. Belt yang putus bisa menjadi penyebab mesin mengalami overheating dan mobil menjadi mogok. Selain itu hal ini pula lah yang membuat AC mobil hanya keluar angin karena tidak adanya proses pendingin freon AC pada evaporator yang dilakukan kipas pendingin.

  1. Terdapat Kotoran Pada Kondensor

    Kondesor memiliki fungsi untuk membuang panas yang berasal dari kompresor sehingga jangan sampai terdapat kotoran pada kondesor. Jika sampai terdapat kotoran di dalamnya maka akan menyebabkan AC mengalami kerusakan yang membuat tidak dingin. Untuk itu kondesor perlu dibersihkan secara rutin sehingga tidak membuat tertumpuknya kotoran dan karat.

  1. Motor Pada Extra Fan Mati

    Jika AC mobil anda tidak dingin dan hanya keluar angin, maka cobalah periksa pada bagian extra fan yang ada di depan kondesor. Jika memang tidak berputar, maka hal ini lah yang menyebabkan AC mobil menjadi tidak dingin. Kerusakan yang terjadi pada bagian extra fan akan mempengaruhi proses kondensasi yang menyebabkan tidak berjalan. Penurunan proses kondensasi inilah yang menyebabkan penurunan suhu pada kondensor.

Nah itu tadi beberapa penyebab AC mobil angin panas yang perlu anda ketahui. Maka sebisa mungkin rawatlah AC mobil anda secara rutin dan berkala sehingga dapat tetap menjaga kerja AC mobil serta kualitas udara yang dihasilkan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Solusi Mengatasi AC Mobil yang Mengeluarkan Hawa Panas

Hembusan angin yang berhawa panas dapat disebabkan oleh beberapa alasan seperti :

  1. Evaporator AC mobil yang kotor/berlendir

    Kotoran dan lendir ini dapat berasal dari hal-hal seperti asap rokok yang masuk ke dalam saluran AC, asap knalpot yang masuk ke dalam saluran AC, debu dan kotoran yang masuk ke dalam AC mobil ketika anda membuka kaca mobil, debu/serpihan sisa makanan yang masuk ke dalam saluran AC, pengharum ruangan yang masuk dalam saluran AC dan menyublim menjadi minyak/lendir.

    Oleh karena itu sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan di dalam mobil. Karena selain dapat menyebabkan hembusan angin menjadi lemah dan membawa hawa panas, adanya kotoran pada evaporator dapat menyebabkan korosi, keretakan, dan kebocoran pada evaporator AC.

  2. Adanya beku es pada saluran AC, terutama pada evaporator

    Beku es adalah sebuah keadaan di mana cairan atau gas seperti freon atau air AC membeku. Pembekuan ini akhirnya menyumbat saluran AC sehingga mengganggu alur distribusi freon dan angin blower AC. Hal ini menyebabkan hembusan blower hanya menghasilkan hawa panas yang membuat gerah.

    Penyebab beku es ini di antaranya adalah adanya kotoran pada saluran AC yang menyebabkan freon membekukan kotoran tersebut, penggunaan AC yang terus menerus pada suhu yang sangat dingin, dan kualitas freon yang tidak sesuai standar.

  3. Motor blower AC mobil anda lemah

    Blower sebagai penghembus hawa sejuk yang sudah didinginkan oleh freon bisa saja mengalami kerusakan sehingga tidak mampu menghasilkan hembusan angin yang kuat.

    Penyebab kerusakan atau masalah pada blower AC tersebut di antaranya adanya spare part motor blower yang rusak/sudah perlu diganti, sambungan kelistrikan pada mobil anda yang memiliki masalah, blower AC mobil anda sudah cukup berumur sehingga perlu diganti dengan yang baru, kotoran yang terlalu banyak pada filter cabin mobil anda sehingga menghalangi hembusan.

  4. Ada kebocoran pada AC mobil anda

    Kebocoran pada AC dapat terjadi sehingga saluran AC mobil kehilangan tekanan. Padahal tekanan pada AC inilah yang menjadi faktor kuat tidaknya hembusan pada blower mobil anda. Kebocoran ini dapat terjadi antara lain karena :- Jumlah oli kompresor yang kurang sehingga mesin-mesin saling beradu dan menyebabkan kebocoran.
    – Terlalu banyak kotoran yang masuk ke saluran AC sehingga menyebabkan korosi pada evaporator mobil.

    Jika kita menelaah penyebab-penyebab AC mobil angin panas di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa cara memperbaiki masalah hembusan AC mobil yang lemah adalah

    – Dengan memflushing AC mobil anda sehingga kotoran-kotoran dapat diangkat dan dibuang
    – Mengganti spare part yang diduga sudah tidak layak pakai seperti motor blower atau filter cabin.

    Namun pada umumnya, masalah hembusan lemah ini dapat diselesaikan hanya dengan melakukan service rutin AC mobil anda.

Itulah beberapa solusi mengatasi masalah AC mobil angin panas keluar dari blower. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!