New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Sebab AC Mobil Berisik Saat Dinyalakan

Tidak ingin perjalanan Sobat diganggu oleh bisingnya suara AC? Wajib Kenali Sebab AC Mobil Berisik Saat Dinyalakan agar moment perjalanan Sobat bebas dari gangguan yang ditimbulkan oleh mesin.

Yuk simak dibawah ini;

Oli Kompresor Kurang

Suara ngorok mirip gesekan benda logam bisa jadi karena oli kompresor yang kurang, piston dalam kompresor aus, atau longgarnya bearing. Selama jangka waktu tertentu tidak ada efek samping. Tapi lambat laun, kadang AC tidak dingin saat mobil berjalan pada RPM rendah.

Hilangnya kompresi pada kompresor

Fungsi dasar kompresor adalah menghisap refigrerant (freon) dan memompanya menuju kondensor AC dengan tekanan yang lebih tinggi. Saat kompresi berkurang, gejalanya adalah AC kurang dingin saat melaju pada RPM rendah, lalu berubah menjadi dingin saat melaju lebih kencang.

Magnetic Clutch bermasalah

Komponen ini yang menyambungkan putaran mesin dengan kompresor. Jika kinerjanya sudah lemah, efeknya sama, hembusan udara AC akan lebih dingin saat mobil dipacu pada cepatan tinggi.

Kebocoran saluran AC

Ini dia yang membuat refrigerant cepat habis. Oli pada kompresor pun akan dikeluarkan sedikit demi sedikit sampai habis. Ini yang membuat gesekan pada piston dalam kompresor serta bola-bola di dalamnya makin kencang dan menimbulkan bunyi.

Kompresor AC Mengalami Macet

Jika kompresor AC mengalami macet, hal ini biasanya disebabkan kompresor yang dipaksa bekerja ketika mengalami termal tanpa adanya perbaikan. Yang terjadi selanjutnya adalah kompresor yang macet lalu terbakar.

Setelah kenali sebab AC mobil berisik saat dinyalakan, simak solusi selengkapnya dibawah ini;

1. Bongkar Kompresor 

Untuk kompresor yang macet dan rusak disebabkan karat yang terdapat pada shaft kompresor dengan bearing bambu dan tidak bisa berputar, sebetulnya tidak perlu menggantinya dengan yang baru karena karatnya bisa dihilangkan.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membongkar kompresor lalu membersihkannya dengan antikarat, mengamplasnya dengan amplas halus, kemudian mengganti oli kompresor dengan oli yang baru.

Pastikan juga bahwa tidak terdapat cacat pada kompresor seperti piston, dinding silinder, atau klep yang patah. Karena jika patah tentu saja kita harus mengganti keseluruhan kompresor dengan yang baru.

2. Perhatikan Kompresor serta Piston

Pada kompresor yang berbunyi dan berisik, pertama-tama kita harus memperhatikan oli kompresor yang bertugas sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan dan mencegah kompresor cepat panas. Mungkin saja ada kesalahan pada pengisian oli pelumas atau kebocoran pada kompresor.

Periksa juga apakah pistonnya telah aus. Ini bisa terjadi pada mobil tua atau mobil yang perawatan sistem AC-nya kurang. Piston yang aus adalah salah satu dari sebab-sebab AC mengeluarkan suara berisik.Jika ini terjadi, berarti saatnya kompresor diganti dengan yang baru.

3. Cek Thrust Bearing

Jika trush bearing ini longgar karena pemasangan yang tidak benar sesudah dibongkar, maka masalah bunyi berisik tadi dapat terselesaikan dengan mengencangkan lagi thrust bearing yang longgar.

Untuk masalah yang satu ini kita ada bahasan khusus yaitu penyebab kompresor AC mobil bising.

4. Periksa AS

Untuk AC bertipe denso, AS pada kompresor yang tidak presisi dapat menyebabkan pergerakan piston yang melampaui batas maksimal. Jika ini terjadi maka akan terjadi benturan pada katup kompresor dan menimbulkan bunyi ketika AC dinyalakan.

Untuk kamu, wajib baca ini !!

Ketika merawat kompresor AC mobil kita dengan baik, tepat, dan rutin di bawah tangan yang ahli, kita juga turut berperan menjaga udara dingin dalam kabin tetap konsisten terjaga. Penting sekali untuk memberikan servis sistem AC mobil kita setidaknya 2 kali dalam 1 tahun oleh bengkel AC yang betul-betul mengerti dan memiliki pengalaman di bidangnya. Tidak hanya mesin mobil secara keseluruhan saja yang perlu diservis, bagian-bagian yang paling sering kita gunakan dan umum mengalami masalah seperti sistem AC pun tidak boleh luput dari daftar perawat mobil yang utama.

Solusi Tepat Untuk Anda !

DOKTER MOBIL adalah bengkel mobil terdekat, team kami sudah ahli dalam SERVICE AC MOBIL tanpa bongkar, TUNE UP MOBIL untuk mendapatkan performa terbaik mobil Anda.Kami adalah jasa service mobil spesialis AC dan Tune Up tanpa sistem bongkar pertama kali di Indonesia.

Kunjungi kami segera dengan klik ini

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!