📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Tips! Mengatasi Masalah AC Mobil Panas Saat Diam yang Perlu Kamu Ketahui

ac mobil panas saat diam

Doktermobil.com Kali ini akan menjelaskan penyebab AC mobil panas saat diam yang perlu Kamu ketahui nih. Penasaran apa saja yuk simak ulasannya di bawah ini ya!

Ketika cuaca panas menyengat dan Kamu berharap untuk beristirahat sejenak di dalam mobil yang nyaman dengan AC menyala, namun tiba-tiba merasakan hembusan udara hangat. Ah, sungguh situasi yang membuat frustrasi.

AC Mobil Panas Saat Diam

Tidak perlu khawatir, teman-teman! Kali ini akan membahas secara lengkap mengenai masalah umum yang kerap terjadi, yaitu AC mobil panas saat diam.

Ada beberapa solusi praktis dan tips-tips yang bisa Kamu terapkan untuk tetap menikmati perjalanan dengan kesejukan yang Kamu dambakan.

Mari kita mulai perjalanan ini dengan menggali lebih dalam mengenai penyebab AC mobil panas saat diam yang mungkin terjadi.

Penyebab AC Mobil Panas Saat Diam

Mengapa AC mobil bisa tiba-tiba mengeluarkan udara panas ketika kita membutuhkan kesejukan? Salah satu penyebab AC mobil panas saat diam yang mungkin terjadi adalah rendahnya tingkat refrigeran dalam sistem AC.

Refrigeran adalah zat yang digunakan untuk mengatur suhu udara yang keluar dari AC. Ketika refrigeran rendah, kinerja AC cenderung menurun, mengakibatkan udara yang tidak sejuk. Pertanyaannya sekarang, bagaimana refrigeran bisa berkurang?

 

1. Penurunan Refrigeran dan Kemungkinan Kebocoran

Refrigeran pada AC mobil bisa berkurang seiring waktu karena adanya kebocoran dalam sistem. Bayangkan ini seperti air dalam ember bocor, yang membuat jumlahnya terus berkurang.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hal serupa bisa terjadi pada AC mobil Kamu. Kebocoran bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari keausan komponen hingga benturan kecil yang merusak pipa atau selang AC.

Apakah mobil Kamu sering melintasi jalan yang tidak rata atau pernah terlibat dalam insiden kecil yang tidak terlihat berdampak besar? Inilah yang bisa menyebabkan kemungkinan terjadinya kebocoran.

2. Pengecekan Berkala dan Perawatan AC

Penting untuk diingat bahwa AC mobil, seperti mesin lainnya, memerlukan perawatan rutin agar tetap berfungsi optimal. Ini berarti Kamu perlu mengagendakan pengecekan berkala ke bengkel atau tempat servis yang terpercaya.

Ketika Kamu membawa mobil untuk diperiksa, pastikan teknisi juga memeriksa tingkat refrigeran dan mengecek kemungkinan adanya kebocoran. Tindakan preventif ini bisa sangat membantu mencegah masalah AC panas saat diam muncul.

Baca Juga: Jenis-jenis Freon AC Mobil yang Paling Dingin

3. Pembersihan Filter dan Kisi-Kisi

Terlepas dari tingkat refrigeran dan kemungkinan kebocoran, filter dan kisi-kisi AC juga memainkan peran penting dalam menjaga kinerja AC.

Filter yang kotor atau kisi-kisi yang tersumbat bisa menghambat aliran udara, membuat AC bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan.

Ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa Kamu merasakan udara panas keluar dari AC. Pastikan untuk membersihkan atau mengganti filter secara teratur sesuai dengan panduan yang diberikan oleh produsen mobil Kamu.

4. Efek Suhu Eksternal dan Pemanasan Komponen

Ketika mobil berada dalam kondisi terpapar suhu eksternal yang sangat tinggi, seperti di bawah terik matahari selama berjam-jam, komponen dalam sistem AC juga bisa mengalami pemanasan berlebihan.

Ini bisa membuat udara yang dikeluarkan menjadi lebih panas dari yang diharapkan. Analoginya seperti kita berada di bawah sinar matahari langsung, suhu tubuh kita naik, dan kita merasa panas.

Begitu pula dengan komponen AC, jika mereka terpapar suhu tinggi, kinerjanya bisa terpengaruh.

5. Perlindungan dari Sinar Matahari dan Penggunaan Sunshade

Mengingat efek suhu eksternal pada sistem AC, adalah ide yang bagus untuk melindungi mobil Kamu dari paparan langsung sinar matahari.

Ini bisa dilakukan dengan menggunakan sunshade atau meletakkan mobil di tempat parkir yang teduh.

Dengan cara ini, Kamu bisa membantu menjaga suhu dalam mobil tetap stabil, sehingga sistem AC tidak perlu bekerja terlalu keras untuk mendinginkan udara.

6. Kemungkinan Masalah pada Kipas dan Komponen Elektrikal

Kita sudah membahas beberapa penyebab utama AC mobil panas saat diam, namun kita juga perlu mempertimbangkan kemungkinan masalah pada kipas dan komponen elektrikal dalam sistem AC.

Kipas yang tidak berfungsi dengan baik atau masalah pada kelistrikan bisa mengakibatkan sirkulasi udara yang tidak optimal, sehingga udara yang dikeluarkan menjadi kurang sejuk.

7. Pengecekan Kipas dan Kelistrikan oleh Teknisi Profesional

Jika Kamu mencurigai masalah pada kipas atau komponen elektrikal, sebaiknya Kamu segera membawa mobil ke bengkel yang kompeten dalam bidang AC mobil.

Teknisi yang berpengalaman dapat melakukan pengecekan menyeluruh terhadap sistem elektrikal dan kipas, serta memperbaiki atau mengganti komponen yang rusak.

Solusi dan Tips Mengatasi AC Mobil Panas Saat Diam

Setelah mengetahui berbagai penyebab dan faktor yang dapat menyebabkan AC mobil panas saat diam, sekarang saatnya untuk mencari solusi dan tips yang praktis. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Kamu ambil:

1. Isi Ulang Refrigeran

Jika AC mobil Kamu mengalami penurunan kinerja dan udara yang dikeluarkan terasa lebih hangat, pertimbangkan untuk mengisi ulang refrigeran.

Kamu bisa membawa mobil ke bengkel atau tempat servis yang memiliki peralatan yang tepat untuk melakukan pengisian ulang ini. Ini akan membantu memastikan bahwa sistem AC memiliki tingkat refrigeran yang optimal.

2. Gunakan Sunshade

Pasang sunshade di jendela mobil Kamu untuk menghalangi sinar matahari langsung. Ini akan membantu menjaga suhu kabin tetap rendah saat mobil terparkir.

3. Buang Udara Panas

Sebelum memarkir mobil, putar-putar kipas dalam kabin selama beberapa menit untuk mengeluarkan udara panas. Ketika Kamu masuk kembali, buka jendela sejenak untuk membiarkan udara panas keluar sebelum menyalakan AC.

4. Manfaatkan Ventilasi

Buka jendela sejenak sebelum menyalakan AC. Udara panas akan keluar dan memberi jalan bagi udara dingin masuk ke dalam kabin.

5. Tipe AC Otomatis

AC mobil modern dilengkapi dengan sistem otomatis yang dapat mendeteksi suhu dalam kabin dan menyesuaikan kecepatan kipas serta suhu udara yang ditiupkan.

6. Penggunaan Mode Sirkulasi

Pada hari panas, gunakan mode sirkulasi di AC Kamu. Ini akan membantu mendinginkan kabin lebih cepat dengan menggunakan udara yang sudah ada di dalam mobil.

7. Perawatan Berkala

Lakukan perawatan AC secara berkala, termasuk pembersihan filter udara dan cek kebocoran refrigeran. AC yang baik akan lebih efisien dalam mendinginkan kabin.

8. Parkir di Tempat Tertutup

Usahakan untuk memarkir mobil di tempat yang teduh, seperti di dalam garasi.

Service AC Mobil Secara Berkala di Dokter Mobil

Bingung cari bengkel spesialis AC mobil untuk percayakan perawatan dan permasalahan AC mobil Kamu terkait permasalahan AC mobil panas saat diam?

Bengkel Dokter Mobil Kelapa Gading dan Dokter Mobil Lontar Jawa Timur bisa jadi pilihan tepat untuk Kamu tuju dan cari!

Tentunya dapat berkonsultasi terkait permasalahan AC mobil panas saat diam, dengan para teknisi yang berpengalaman.

Mereka dapat memberikan diagnosis yang akurat dan solusi yang tepat untuk memperbaiki masalah terkait mobil Kamu.

Kualitas dan kredibilitas Dokter Mobil Kelapa Gading dan Dokter Mobil Lontar Jawa Timur dalam menangani berbagai masalah perawatan dan perbaikan.

Berkat penggunaan peralatan canggih dan terkini serta ditangani langsung oleh teknisi AC mobil yang sudah sangat ahli.

Sehingga pelayanan seputar AC mobil begitu banyak dipercayakan oleh pengguna mobil di Indonesia, termasuk permasalahan soal AC mobil panas saat diam.

Semakin terjamin kualitasnya, layanan service AC di Dokter Mobil Kelapa Gading sudah sesuai standar internasional dengan mengantongi ISO 9001:2015 Quality Management System.

Membuktikan bahwa setiap layanan yang diberikan oleh Dokter Mobil Kelapa Gading memang sudah terjamin mutunya.

Ditambah kualitas layanan Service AC mobil sudah banyak direkomendasikan dengan kredibilitas kuat sejak tahun 2015 dan kini Dokter Mobil sudah tersebar di 28 titik daerah di Indonesia.

Langsung saja kunjungi Dokter Mobil Kelapa Gading dan Dokter Mobil Lontar Jawa Timur dalam perbaiki masalah AC mobil Kamu, terkait permasalahan AC mobil panas saat diam.

Berikut adalah titik-titik lokasi bengkel Dokter Mobil spesialis AC mobil yang bisa dengan mudah Kamu tuju:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi: Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Dokter Mobil juga memiliki cabang lain di Dokter Mobil Kelapa Gading 2 yang dapat Kamu kunjungi, tentu dapat membantu permasalahan pada kendaraan mobil Kamu, terkait masalah AC mobil panas saat diam.

Dokter Mobil Kelapa Gading 2
Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua Ruko Gading Lavender No.88 D, Pegangsaan Dua, Jakarta, Jkr Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Dokter Mobil juga memiliki cabang di Dokter Mobil Lontar Jawa Timur, untuk Kamu disekitaran Jawa Timur bisa langsung kunjungi cabang ini ya.

Tentunya juga dapat membantu permasalahan pada kendaraan mobil Kamu, terkait AC mobil panas saat diam.

Dokter Mobil Lontar
Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Pastikan untuk lakukan reservasi agar Kamu bisa langsung dapatkan penanganan tanpa harus menunggu antrean. Proses reservasinya pun sangat mudah, Kamu cukup menghubungi Dokter Mobil via WhatsApp (atau klik di sini).

Tim bengkel Dokter Mobil juga dapat membantu Kamu mengarahkan menuju lokasi cabang terdekat. Adapun Kamu juga bisa melakukan request penjemputan mobil oleh tim Dokter Mobil jika Kamu berhalangan untuk datang langsung ke lokasi bengkel.

Pastikan untuk reservasi terlebih dahulu via WhatsApp karena ada banyak promo-promo kejutan yang bisa Kamu manfaatkan!

 

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!