📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

AC Mobil Tidak Dingin Saat Macet, Ini Sebab dan Solusinya

Proses Flushing dan Service masalah AC mobil kurang dingin dan tidak dingin

AC Mobil Tidak Dingin Saat Macet – Di antara masalah pada mobil anda, masalah AC mobil tidak dingin saat macet ataupun kurang dingin saat macet merupakan masalah yang paling sering dikeluhkan pemilik mobil.

Hal ini pada umumnya lumrah terjadi karena AC mobil sangatlah sensitif. Adanya sedikit masalah pada AC mobil, maka AC mobil akan langsung bereaksi.

AC mobil tidak dingin saat macet

Reaksi AC mobil sebagai tanda adanya masalah dapat berupa :

  • AC mobil kurang dingin
  • AC mobil tidak dingin
  • AC mobil mengeluarkan hawa panas
  • AC mobil dingin tetapi cuma sebentar
  • AC mobil tidak dingin saat macet saja
  • AC mobil tidak dingin saat sang hari saja
  • AC mobil hanya nyala saja
  • Dan berbagai masalah lainnya.

Pada dasarnya masalah AC mobil tidak dingin merupakan indikator adanya masalah pada komponen AC mobil anda. Komponen apa saja itu ? Mengapa komponen tersebut dapat bermasalah ? Dan apa solusinya ? Artikel kali ini akan membahasnya secara lengkap dan semoga dapat membantu anda menghindari ataupun menyelesaikan masalah pada AC kendaraan kesayangan anda.

Apa yang Sebenarnya Terjadi ?

Ketika AC mobil anda tidak dingin saat macet maka kemungkinan besar masalahnya adalah bahwa AC mobil anda kekurangan atau kehabisan freon AC. Freon adalah zat refrigerant (pendingin) yang berfungsi mendinginkan udara yang kemudian akan dihembuskan oleh blower AC mobil. Kurangnya freon akan menyebabkan masalah AC mobil gak dingin (kurang ataupun tidak dingin sama sekali)

Jika freon pada AC mobil jumlah / volumenya berkurang atau habis, maka solusinya adalah dengan mengisi ulang freon pada mobil anda.

Tapi tahukah anda bahwasanya freon AC mobil tidak akan habis atau berkurang ?

Berkurang atau habisnya freon menandakan adanya kebocoran pada sistem AC mobil anda. Kebocoran ini baik berada di kondensor AC, saluran AC, maupun pada kompresor AC. Oleh sebab itu, sebelum anda mengisi ulang freon AC, pastikan anda menemukan titik kebocoran freon dan menambalnya. Menemukan dan menambal kebocoran sangat penting karena anda tentu tidak ingin terus-terusan mengisi ulang freon AC. Selain akan menghabiskan banyak uang, terus-terusan mengisi freon akan menyita waktu, tenaga, dan pikiran anda.

Solusi Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin

Untuk mengatasi masalah tersebut, beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi AC mobil tidak dingin saat macet adalah :

1. Bersihkanlah AC mobil anda (Cuci AC)

Seringkali masalah AC mobil tidak dingin disebabkan oleh terhalangnya angin yang membawa hawa dingin. Angin terhalang oleh evaporator maupun filter AC yang sudah terlalu kotor. Oleh sebab itu, selain mencuci AC dan evaporator, mengganti filter AC secara berkala juga sangat penting.

2.Lakukan Flushing AC

Flushing AC adalah proses menyedot isi di dalam kompresor AC seperti oli lama dan kotoran di dalam kompresor lalu mengisi ulang kompresor dengan oli kompresor yang lebih bersih. Flushing juga akan menyedot cairan freon dan mengisi ulang dengan cairan freon baru.Proses flushing adalah prosedur standart yang tidak hanya mengatasi masalah AC mobil tidak dingin namun juga menyelesaikan masalah lain seperti AC mobil bau, dan AC mobil berisik.

3. Mengecheck dan Mengganti Spare Part AC yang Rusak

Pengecheck an dan penggantian spare part AC membutuhkan pengetahuan yang lebih mengenai AC mobil. Oleh sebab itu, disarankan untuk meminta tenaga profesional untuk melakukannya. Kesalahan dalam pengecheckan dan penggantian spare part dapat menyebabkan kerugian materi maupun kerugian waktu dan tenaga. Dan menghilangkan problem AC mobil tidak dingin saat macet.

4. Hindari Kebiasaan Buruk Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Saat Macet

Untuk hasil service terbaik, anda perlu mengetahui dan menghindari melakukan kebiasaan buruk yang menyebabkan AC mobil menjadi tidak dingin. Beberapa kebiasaan itu antara lain adalah :Makan dan minum di dalam mobil
b. Merokok di dalam mobil
c. Lalai melakukan perawatan berkala pada AC mobil anda
d. Menggunakan spare part AC KW / Palsu
e. Membawa mobil anda ke bengkel mobil yang tidak berkompeten

Cara Selain Mengisi Freon

Ya, ada beberapa cara lain selain mengisi ulang freon untuk mengatasi AC mobil yang tidak dingin saat macet:

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  • Memeriksa dan membersihkan filter kabin: Filter kabin yang kotor dapat membatasi aliran udara dan menyebabkan AC tidak dingin.
  • Memeriksa dan membersihkan kondensor: Kondensor yang kotor dapat menyebabkan pembuangan panas yang tidak efektif dan membuat AC tidak dingin.
  • Memeriksa dan membersihkan evaporator: Evaporator yang kotor dapat menyebabkan pendinginan yang tidak efektif dan membuat AC tidak dingin.
  • Memeriksa kipas kondensor: Kipas kondensor yang tidak berfungsi properly dapat menyebabkan kondensor tidak dapat mendinginkan freon dengan baik, sehingga AC tidak dingin.
  • Memeriksa kompresor AC: Kompresor AC yang lemah atau rusak dapat menyebabkan freon tidak bersirkulasi dengan baik, sehingga AC tidak dingin.

Cara Mengetahui dan Menambal Kebocoran

Berikut cara mengetahui kebocoran pada sistem AC mobil:

  • Periksa tekanan freon: Tekanan freon yang rendah dapat menjadi indikasi kebocoran.
  • Gunakan alat detektor kebocoran: Alat ini dapat mendeteksi keberadaan freon yang bocor.
  • Periksa visual: Cari tanda-tanda kebocoran seperti oli atau freon yang keluar dari sistem AC.

Setelah mengetahui lokasi kebocoran, Anda dapat menambalnya dengan cara berikut:

  • Tambal lubang kecil dengan sealant: Sealant khusus AC dapat digunakan untuk menambal lubang kecil pada sistem AC.
  • Ganti komponen yang bocor: Jika kebocoran terjadi pada komponen yang besar, seperti kompresor atau kondensor, maka perlu menggantinya dengan yang baru.

Perawatan Berkala

Ya, perawatan berkala pada AC mobil dapat membantu mencegah masalah AC tidak dingin saat macet. Perawatan berkala ini meliputi:

  • Penggantian filter kabin: Filter kabin sebaiknya diganti setiap 6 bulan atau 10.000 km.
  • Pembersihan kondensor dan evaporator: Kondensor dan evaporator sebaiknya dibersihkan setiap 1 tahun atau 20.000 km.
  • Pemeriksaan tekanan freon: Tekanan freon sebaiknya diperiksa setiap 1 tahun atau 20.000 km.
  • Pemeriksaan kompresor AC: Kompresor AC sebaiknya diperiksa setiap 2 tahun atau 40.000 km.

Dengan melakukan perawatan berkala, AC mobil Anda akan lebih terawat dan terhindar dari masalah seperti AC tidak dingin saat macet.

Tips:

Jika AC mobil Anda tidak dingin saat macet, cobalah untuk mematikan AC dan membuka jendela sejenak. Hal ini dapat membantu mendinginkan ruangan mobil.
Anda juga dapat menggunakan kipas angin portabel untuk membantu mendinginkan ruangan mobil.

Nah, itulah ulasan terkait AC mobil tidak dingin saat macet. Semoga bermanfaat untuk Sobat DomoLovers yaa, dan jangan lupa dipraktekkan juga ! GoodLuck

Butuh Jasa Bengkel AC Mobil?

Dokter Mobil adalah Solusi Tepat Untuk Anda !

Tunggu apalagi? Yuk segera hubungi kami. Dapatkan pengalaman pelayanan service berkualitas dan jaminan garansi hanya untukmu, DomoLovers..

Hubungi Dokter Mobil untuk melakukan booking di Dokter Mobil.
Jalan Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading
Phone / WA : 0877-7776-0597

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Update Daftar Harga Filter AC Mobil Vios

Update Daftar Harga Filter AC Mobil Vios

Filter AC mobil Vios adalah salah satu komponen yang seringkali terlupakan, tetapi memiliki peran yang sangat penting dalam kenyamanan dan kesehatan pengendara dan penumpangnya. Ketika

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!