New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Berbagai Akibat Mesin Mobil Overheat

Kerusakan yang Terjadi Akibat Mesin Mobil Overheat

Ada banyak masalah serius yang bisa terjadi akibat mesin mobil overheat dipaksakan melakukan perjalanan jauh. Oleh sebab itu, perbaikan wajib dilakukan. Terutama pada radiator dan kipas pendingin.

Dampak dan Akibat Mesin Mobil Overheat

Banyak pemilik mobil yang menunda-nunda perbaikan untuk masalah overheat pada mobil. Padahal penyelesaian overheat sangatlah mudah dengan mengetahui apa saja penyebab mobil overheat.

Lihat Juga: Penyebab Mobil Overheat

Untuk dampak overheat sendiri bervariasi tiap mobilnya. Namun beberapa dampak yang kerap muncul akibat overheat pada mobil di antaranya adalah:

  1. Terbakarnya Mobil

    Bahkan sekelas Lamborghini Aventador milik artis bisa terbakar karena masalah overheat. Jadi overheat bukanlah masalah yang bisa dianggap sepele.

  2. Mobil Mogok

    Beberapa mobil langsung tidak berfungsi ketika suhu mesin mencapai titik tertentu. Oleh sebab itu, mobil yang hendak bepergian jauh sebaiknya dicheck secara menyeluruh. Jangan sampai mobil mogok mengganggu perjalanan anda.

  3. Kerusakan Part

    Banyak sekali part mobil yang dapat mengalami kerusakan selama terjadinya overheat. Dan jika dibiarkan, part yang rusak bisa semakin bertambah. Malahan, resiko turun mesin bisa terjadi.

Selain dari hal-hal di atas, masih banyak kerusakan lain yang bisa terjadi. Oleh sebab itu, overheat harus segera dicegah. Namun yang terpenting adalah pencegahan segera.

Mencegah Kerusakan Akibat Mesin Mobil Overheat

Dampak lain dari mobil yang overheat adalah anda harus membawa mobil dengan hati-hati. Membawa mobil tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Adapun teknik membawa mobil yang mengalami overheat adalah dengan:

Check Radiator

Radiator mobil harus dicheck dan dikondisikan terlebih dahulu sebelum dibawa. Pastikan radiator dalam kondisi tidak terlalu parah. Adapun langkah pengecheckannya cukup sederhana, yaitu dengan:

  • Hidupkan mesin dan tunggu sampai dingin
  • Isi air radiator (sangat disarankan menggunakan coolant)
  • Hidupkan kembali mesin dan check indikator suhu mesin kembali dingin
  • Jika indikator suhu naik matikan mesin sampai dingin dan

Hindari Perjalanan Jauh

Demi mengurangi resiko, hindari melakukan perjalanan jauh dengan mobil yang mesinnya berpotensi overheat. Jangan sampai mesin bermasalah di tengah perjalanan.

Bawa ke Bengkel untuk Perbaikan

Langkah terbaik dalam mencegah dampak lebih lanjut dari overheat, perbaikan segera wajib dilakukan. Jangan sampai kerusakan semakin menyebar.

Pastikan bengkel tersebut dapat melakukan perbaikan menyeluruh untuk mengatasi overheat pada mobil.

Itulah beberapa hal yang jadi akibat mesin mobil overheat dan cara mencegah kerusakan yang bisa terjadi. Jika masalah masih berlanjut, menghubungi bengkel yang tepat bisa menjadi solusinya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala! Anda Perlu Tahu
Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!