📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Rekomendasi Oli yang Bagus untuk Avanza VVTI

oli yang bagus untuk avanza vvt-i

Seperti apa sih oli yang bagus untuk avanza vvt-i? Tahukah anda oli yang bagus untuk Avanza VVT-i berikut harganya?

Perlunya teliti dan cermat memilih jenis oli mobil, karena jika tidak cocok dapat berdampak terhadap performa mobil anda.

Untuk kapasitas oli mesin tidaklah terlalu jauh berbeda dengan jenis lainnya. Namun ada penambahan sebab terdapat teknologi VVT-i.

Penyebab Bertambahnya Kapasitas Oli pada VVT-i

Salah satu penyebab mengapa kapasitas oli ini bertambah karena ada teknologi Dual VVT-i pada mesin Avanza baru ini.

Teknologi VVT-i menggunakan oli mesin untuk menekan VVT-i actuator agar bisa bergeser, sehingga pada dual VVT-i ada dua buah actuator yang memerlukan oli mesin lebih banyak.

Maka dari itu oli yang bagus untuk avanza vvt-i harus Anda perhatikan.

Sehingga yang awalnya 3,5 liter untuk mengganti olinya, sekarang dibutuhkan 4 liter full untuk memenuhi kapasitas oli New Avanza.

Tetapi, anda jangan khawatir karena meski bertambah setengah liter tidak berarti anda harus menambah untuk membeli satu liter lagi.

Lihat Juga: Cara Service AC Mobil

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Ini karena pada mesin Avanza sebelumnya yang memiliki kapasitas oli 3,5 liter juga anda diwajibkan untuk membeli 4 liter oli saat melakukan penggantian.

Sementara sisa 0,5 liter yang tidak terisi akan diserahkan kepada anda. Jadi jangan heran kalau pada mesin Avanza baru ini tidak ada sisa oli yang diberikan ke anda.

Untuk spesifikasi olinya juga mengalami perbedaan. Oli yang bagus untuk avanza vvt-i lebih encer dibandingkan dengan oli mesin versi sebelumnya.

SAE (The Society of Automotive Engineers) dari oli mesin Avanza baru ini 0W-20, SAE adalah sistem kode untuk karakteristik viskositas pelumas.

Rekomendasi Oli yang Bagus untuk Avanza VVT-i

Sesuai rekomendasi dari TAM, oli yang bagus untuk avanza vvt-i

anda dapat menggunakan oli dengan jenis;

  • Toyota motor oil (TMO) SAE 0w-20
  • TMO Full synthetic 0W-20 Eco Power yang memiliki API SN dan ILSAC GF-5
  • TMO 10W-40
  • Fastron Gold 0W-20 yang memiliki harga lebih rendah, tapi bahan aditive pada oli ini berbeda dengan oli rekomendasi dari TMO.

Pemilihan oli disesuaikan dengan kondisi mesin anda, secara sederhana semakin rendah SAE maka semakin encer olinya.

Oli encer bisa meningkatkan performa mesin sehingga cocok untuk mobil-mobil terbaru tapi untuk mobil yang sudah berumur diatas 5 tahun lebih baik menggunakan oli yang lebih kental (10w-40).

Ini karena oli encer kurang baik dalam hal pelumasan dibandingkan oli kental, untuk mesin yang berumur komponennya sudah banyak yang aus sehingga kalau menggunakan oli encer akan menimbulkan suara berisik pada mesin.

Untuk intervalnya juga sama yakni sekitar 5.000 sampai 7.000 KM untuk mengganti oli mesin. Ganti juga filter oli setiap anda mengganti oli karena filter oli yang kotor akan mengotori oli baru yang dituangkan didalam mesin.

Baca Juga : Booking Bengkel untuk Service Mobil Toyota di Bekasi

Harga Olinya Jadi Lebih Mahal

Dibandingkan oli sebelumnya yang memiliki SAE 10W-40 harganya jauh, oli sebelumnya dihargai sekitar 80 sampai 100 ribu perliter.

Sementara oli baru ini bisa tembus 165 ribu (bahkan di toko online bisa lebih dari 200 ribu perliternya). Salah satu hal yang membuatnya lebih mahal karena oli ini lebih encer dan termasuk Full Synthetic Oil.

Untuk membuat pelumas dengan SAE mencapai 0w perlu zat additive tertentu dan tidak bisa dilakukan dengan oli mineral (harus dengan Full sythetic oil).

Sehingga harga yang dikeluarkan juga lebih mahal, tapi kualitasnya jangan khawatir karena oli dengan multi grade rendah memiliki kualitas yang cukup baik.

Perbedaan Kinerja Oli SAE 0W-20 dan SAE 10W-40 pada Avanza VVT-i

Viskositas:

  • Oli SAE 0W-20: Lebih encer pada suhu dingin, sehingga lebih mudah mengalir dan melumasi mesin saat start awal.
  • Oli SAE 10W-40: Lebih kental pada suhu dingin, sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk mengalir dan melumasi mesin saat start awal.

Performa:

Oli SAE 0W-20:

  • Meningkatkan efisiensi bahan bakar.
  • Meningkatkan performa mesin pada suhu dingin.
  • Mengurangi emisi gas buang.

Oli SAE 10W-40:

  • Memberikan perlindungan yang lebih baik pada mesin pada suhu tinggi.
  • Cocok untuk kondisi penggunaan yang berat.

Kondisi Penggunaan:

  • Oli SAE 0W-20: Cocok untuk kondisi cuaca dingin dan penggunaan normal.
  • Oli SAE 10W-40: Cocok untuk kondisi cuaca panas, penggunaan berat, dan mesin yang sudah tua.

Kesimpulan:

  • Oli SAE 0W-20: direkomendasikan untuk Avanza VVT-i yang digunakan dalam kondisi cuaca dingin dan penggunaan normal.
  • Oli SAE 10W-40: direkomendasikan untuk Avanza VVT-i yang digunakan dalam kondisi cuaca panas, penggunaan berat, dan mesin yang sudah tua.

Itulah ulasan untuk anda para pengguna mobil Toyota Avanza Veloz. Untuk tau lebih tentang oli yang bagus untuk kebutuhan mobil anda hubungi dokter mobil atau isi data berikut untuk mendapat Promo dari Dokter Mobil terdekat.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

5 Bahaya Kredit Mobil Bekas Tanpa Asuransi, Menguras Kantong

5 Bahaya Kredit Mobil Bekas Tanpa Asuransi

Jika Anda berencana membeli mobil bekas dengan cara mengajukan kredit, sebaiknya pertimbangkan dengan matang apakah mobil tersebut dilengkapi dengan asuransi atau tidak. Memiliki kredit mobil

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!