New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Panduan Singkat dan Mudah Cara Service AC Mobil Sendiri

Kebanyakan masalah AC mobil terjadi karena kita kurang melakukan perawatan. Padahal cara service AC mobil dan perawatannya itu mudah loh.

Dengan rutin melakukan perawatan berkala, masalah pada AC mobil akan dapat dihindari. Nah agar tahu mengapa AC mobil bisa bermasalah, yuk kita cari tahu beberapa hal yang kerap jadi penyebab masalah.

Permasalahan Umum AC Mobil Kurang Dingin

Sebelum itu, apakah anda sudah tahu penyebab umum AC mobil kurang dingin? Kenali dulu penyebabnya ! Sedikitnya terdapat 3 faktor, apa saja itu ?

1. Faktor Instalasi Kurang Sempurna

Hal ini terjadi karena intalasi kurang sempurna, baik instalasi AC nya maupun kelistrikannya ( biasanya pada pemasangan sendiri bukan asli dari pabrik).

2. AC Sudah Tua atau Berumur

Sebab usia Air Conditioner atau AC sudah tua (lebih dari 7 atau tujuh tahun atau bisa lebih lama tergantung bagaimana cara kita merawat Air Conditioner atau AC dengan benar) biasanya terjadi kebocoran pada karet sealnya.

Coba cek apakah ada arus listrik yang mengalir pada saat tombol AC anda ‘on’ kan (ini yang biasa terjadi) dan biasanya hanya sikring saja yang putus. Jadi anda bisa ganti sendiri tanpa perlu repot-repot ke bengkel.

Untuk AC mobil tua dan sering tidak terlalu dingin, maka cek komponen dan pipa saluran AC dengan cara mengoleskan cairan yang berbusa, misalnya menggunakan sabun untuk mengecek kebocoran yang terjadi, setelah tahu segera melakukan konsultasi dengan bengkel saudara untuk segera diperbaiki.

3. Faktor Lainnya

Faktor lain misalnya akibat kecelakaan sehingga kondensor rusak atau selang bocor, dll. Segera perbaiki dengan melakukan service penanganan tepat.

Urutan Langkah dan Cara Service AC Mobil Sendiri

Berikut ini kami berikan beberapa tips untuk pencegahan AC mobil anda agar lebih awet :

1. Periksa Kondisi Kerja Kompressor AC Mobil

Periksa kondisi fisik, apakah terdapat oli yang menempel pada dinding kompressor, kalau ya berarti terjadi kebocoran pada kompressor, tetapi juga perlu untuk mencari tahu dari mana datangnya oli apakah dari kompresor ataukah dari mesin.

Lihat Juga: Berapa Liter Oli Mesin Avanza Veloz

Bagian bagian dari kompressor ac yang biasa menjadi penyebab bocor freon yang bercampur dengan oli diantaranya pada packing antara front cover dan back cover, sambungan pipa ac pada kompressor baik pipa low maupun pipa high, reliev valve atau seal shaft compressor.

2. Periksa Magnetic Clutch atau Kopling Magnet

Pemeriksaan untuk kopling magnet ini bisa dilihat secara fisik diantaranya armature assembly atau center piece tertarik oleh magnet ketika ac hidup, perhatikan gerakan saat terhubung apakah langsung terhubung atau selip terlebih dahulu. Perhatikan pula bunyi saat terhubung apakah terdengar keras atau lemah.

Saat terhubung terdengar bunyi keras besi sama besi berati telah terjadi keausan permukaan armatur assembly dengan permukaan puli, atau terdapat jarak atau celah yang terlalu jauh (lihat gambar kompresor diatas). Dan akibat dari jarak yang terlalu jauh akan membawa akibat kadang terhubung dan kadang tidak terhubung terutama jika suhu kompresor sudah panas, karena kemampuan magnet untuk menarik center piece berkurang saat panas.

Dan hal ini kita akan merasakan ac kadang mati dan ac kadang hidup sebagai akibat celah antara center piece dan permukaan puli yang terlalu jauh. Jarak antara puli dan center piece yang baik atau ideal berada di antara 0,25mm sampai 0,5mm.

3. Pemeriksaan Kondensor AC

Secara fisik pemeriksaan kondensor ac bisa di lakukan dengan melihat sirip-sirip pada kondensor apakah ada terdapat basah oli ac yang menandakan terdapat kebocoran pada kondensor serta periksa apakah ada terlihat sirip tertekuk atau kotoran yang mengurangi pendinginan kondensor.

4. Periksa Pipa-Pipa AC dan Slang Flexible

Cek pipa ac baik pipa flexible atau pipa aluminium dari kemungkinan bocor atau pun kemungkinan bergesekan dengan bagian mobil yang lain, yang bisa menjadi penyebab terjadinya kebocoran.

5. Pemeriksaan Receiver Drier

Untuk pemeriksaan receiver drier tipe terpisah dengan kondensor yang kebanyakan bertipe T atau tipe L, periksa juga dari kemungkinan bekas oli ac di sekitar sambungan IN dan OUT karena pada bagian ini sering juga terjadi kebocoran freon atau oli ac karena sil yang mengeras atau pun sambungan pipa ac yang terhubung kurang keras.

6. Pemeriksaan pada Expansi Valve

Untuk ekpansi Valve atau katup expansi pada ac mobil terdapat beberapa jenis, jenis expansi valve yang bisa kita periksa kondisinya dari luar adalah katup expansi yang bebentuk kotak.

Walaupun expansi berbentuk kotak ini pun ada juga yang di tempatkan di dalam rumah evaporator, tergantung konstruksi evaporator. Contoh pada kebanyakan mobil dari Toyota ekspansi Valve ini bisa dilihat dari luar, serta mudah untuk bongkar pasang tanpa membuka Evaporator.

Baca Juga : Mengenal Sistem AC Mobil, Cara Kerja, dan Cara Merawatnya

Nah, itulah ulasan terkait cara service ac mobil. Semoga bermanfaat untuk Sobat DomoLovers yaa, dan jangan lupa dipraktekkan juga ! GoodLuck

Butuh Jasa Bengkel Mobil?

Dokter Mobil adalah Solusi Tepat Untuk Anda !

Tunggu apalagi? Yuk segera hubungi kami. Dapatkan pengalaman pelayanan service berkualitas dan jaminan garansi hanya untukmu, DomoLovers..

Tidak perlu takut mengenai biaya service di Dokter Mobil karena estimasi biaya service dapat diperlihatkan di muka sebelum melakukan service. Selain itu beberapa service di Dokter Mobil bersifat free alias GRATIS.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bingung Check Up Beli Mobil Bekas? Dokter Mobil adalah Solusinya
Menyimpan Hand Sanitizer Gel di Mobil, Bolehkah?
Daya Tarik Hyundai Palisade Terhadap Pecinta Mobil Indonesia
8 Alasan Anda Harus Menggunakan Produk Anti Limbung Mobil di Dokter Mobil
Ciri Kipas Radiator Lemah Yang Mulai Terjadi Pada Mobil Anda