New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Kompresor AC Mobil Cepat Panas

Kompresor AC Mobil Cepat Panas- Memang tidak ada habisnya berbicara soal AC Mobil. Komponen inilah yang berperan penting dalam memberikan kenyamanan rilexasi saat berkendara. Sudah tahu komponen Kompresor dalam mobil? Seperti apa Gejala Awal Kompresor AC Mobil Bermasalah?

Belum tahu? Yuk simak selengkapnya dibawah ini;

Apa Sebenarnya Kompresor Itu?

Kompresor AC mobil kita sering juga disebut sebagai jantung bagi keseluruhan sistem AC. Jika kompresor AC mobil cepat panas tentu sangat bermasalah bagi Sobat.

Mengapa bisa disebut demikian?

  • Kompresor adalah salah satu komponen kunci yang tanpanya sistem AC secara keseluruhan tidak dapat bekerja
  • Kompresor pada umumnya dapat bertahan lama dan kalaupun rusak sebelum masa pakai yang panjang berakhir, berarti ada masalah tersembunyi yang seringnya dapat dicegah
  • Harga kompresor AC mobil mahal, bisa rusak, dan pada beberapa kasus terkadang tidak bisa diperbaiki
  • Sebagaimana jantung manusia memompa darah ke seluruh tubuh, kompresor memiliki tugas untuk menekan gas refrigrant atau yang disebut juga freon ke seluruh sistem sehingga kompresor dapat membuang panas dan kelembaban dari udara di dalam kabin

Sudah tahu gejala-gejala wal kompresor AC mobil bermasalah?

Belum?

Oke, simak penjelasannya dibawah ini. Cek this out;

Gejala Awal Kompresor AC Mobil Bermasalah

Jika mulai dirasa ada yang bermasalah pada AC mobil, misalnya hembusan yang panas ketika mobil sedang dalam kecepatan rendah, atau timbul suara-suara aneh, maka ini bisa bisa jadi adalah gejala awal masalah pada kompresor AC mobil.

Ciri-Ciri Kompresor Mulai Bermasalah;

Sobat perlu waspadai jika Kompresor AC Mobil Cepat Panas. Jika muncul ciri-ciri dibawah ini;

  • Terdengar suara agak kasar ketika tombol AC diubah ke posisi 1-2-3 yang mengindikasikan AC yang mulai bekerja. Kompresor yang bermasalah akan mengeluarkan suara seperti gesekan. Tetapi jika tombol di-set kembali ke ‘off’, suaranya akan hilang
  • Tekanan pada kompresor berkurang. Pada awalnya hembusan udara dari AC akan terasa kurang dingin ketika rpm mesin dalam keadaan rendah. Tetapi ketika mobil mulai jalan pada kecepatan tertentu, hembusan udara akan mulai terasa dingin
  • Ada kebocoran. Semakin besar kebocorannya, freon akan semakin cepat habis dan semakin cepat AC terasa tidak dingin. Rata-rata kebocoran pada kompresor AC mobil berlangsung sekitar 6 minggu hingga freon habis total. Kalau terjadi kebocoran freon baiknya langsung bawa ke bengkel ya. Karena ada efek samping menghirup gas freon pada AC mobil yang bocor.
  • Masalah pada magnetic clutch atau kopling magnet. Kasus yang banyak terjadi adalah bila mobil sedang berada di jalan yang macet atau sedang berjalan merayap. Udara di dalam kabin yang tadinya dingin tiba-tiba tidak dingin sama sekali. Tetap setelah dimatikan beberapa saat dan dihidupkan kembali, AC bekerja lagi dengan normal. Biasanya ini setelah diiringi rpm mobil yang tinggi, diatas angka 1 atau 1000 rpm.

Perlu diingat, kompresor sama sekali bukan jenis spare part yang harganya murah.

Masalah dan Penyebab Kompresor AC Mobil Bermasalah

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, saat terjadi kerusakan pada kompresor, seringnya hal itu disebabkan oleh masalah tersembunyi dan tidak begitu terlihat yang menyebabkan sistem mendapat terlalu banyak tekanan.

Apakah pilihannya harus jual kompresor AC mobil lalu menggantinya karena harga jual kompresor AC bekas lebih murah?

Tidak harus selalu demikian. Oleh karena itu, selain karena harga kompresor AC mobil yang tidak murah, penting bagi kita untuk mengetahuinya karena dua alasan berikut:

  • Dengan mendeteksi dan memperbaiki masalah yang tidak nampak tersebut, kita akan mencegah kegagalan pada kompresor AC
  • Jika kita hanya mengganti kompresor yang rusak tanpa memperbaiki masalah itu, kompresor yang baru kemungkinan akan mengalami kerusakan juga

Di bawah ini adalah masalah-masalah umum yang menyebabkan kerusakan pada kompresor AC:

  1. Fan mati atau lemah

ketika fan ac maupun fan radiator mati / lemah akan membuat tekanan freon pada jalur high press meningkat atau overheat, otomatis akan membuat kompresor menjadi panas berlebihan dan berpotensi membuat kompresor menjadi bermasalah seperti bunyi kasar ataupun bocor.

  1.  Freon yang terlalu sedikit didalam sistem

Jika pada selang freon AC mobil terdapat lubang atau retakan, AC akan mengalami kebocoran freon. Dan setelah beberapa saat, level freonnya jadi sangat rendah dan mengakibatkan kompresor harus bekerja lebih keras memompa freon yang cukup ke seluruh sistem untuk mendinginkan kabin. Ketegangan ini akhirnya akan menyebabkan kondisi kompresor memburuk.

  1. Terlalu banyak freon yang diisi

Apabila AC mobil kita ditangani oleh teknisi yang kualifikasinya kurang memadai lalu teknisi tersebut menambahkan terlalu banyak freon, atau bahkan menggunakan tipe freon yang salah, hal tersebut dapat berefek mematikan pada kompresor.

  1. Kebuntuan / mampet

pada dasarnya Sistem kerja ac mobil adalah sirkulasi freon secara terus-menerus didalam sistem, apabila aliran sirkulasi yang terhambat (buntu) membuat kompresor terus berkerja (memompa) akan tetapi aliran sirkulasi tidak normal dan mengakibatkan kompresor jebol.

  1. Oli pelumas yang tidak cukup

Anggaplah oli pelumas AC ini sebagai darah di tubuh manusia. Jika oli ini tidak cukup, sistem tidak dapat bekerja dengan benar dan segala jenis masalah dapat timbul, termasuk masalah kerusakan kompresor AC. Saat sistem terawat secara rutin oleh teknisi AC yang profesional, teknisi tersebut akan mengecek level oli dan kondisi pompa oli untuk mencegah masalah yang satu ini.

  1. Usia pemakaian

dengan mengikuti prosedur pemakaian dan perawatan yang rutin tentunya dapat memperpanjang usia komponen komponen spare part ac mobil anda khusus nya pada kompresor.

Bagaimana Mencegah Suhu Mobil Naik Akibat AC yang Menyala?

Saat Anda mendapati kondisi suhu mobil yang makin cepat panas, segera lakukan pemeriksaan. Bila Anda menemukan beberapa masalah seperti yang telah dijabarkan di atas, maka langkah selanjutnya adalah melakukan perbaikan yang sesuai seperti berikut ini:

  1. Jaga volume air radiator dalam keadaan penuh dan pastikan pula radiator tidak mengalami kebocoran.
  2. Kerusakan pada extra fan bisa disebabkan oleh kerusakan pada relay, sistem kabel, atau mungkin karena carbon brush yang habis. Pastikan kondisinya pada montir kepercayaan dan lakukan penggantian jika dibutuhkan.
  3. Lakukan proses pembersihan pada kisi-kisi kondesor dan radiator dengan menyeluruh agar kotoran tidak sampai menutupi jalur masuk dan keluarnya udara.

Itulah beberapa sebab dan solusi untuk AC yang menyebabkan mesin mobil Anda overheat. Semoga informasi serta tips dari Dokter Mobil berguna untuk Sobat semua!

Sebaiknya segera menghubungi bengkel yang terpercaya dalam menangani specialist AC Mobil. Jangan biarkan terlalu lama, sebab dapat merembet ke komponen lainnya dan menimbulkan biaya lebih besar.

Butuh jasa kami?

Dokter Mobil adalah Solusi Tepat Untuk Anda !!

Dokter Mobil adalah bengkel AC mobil yang memiliki beberapa keunggulan seperti:

– Mekanik berpengalaman lebih dari 5 tahun
– Peralatan service yang lengkap dan berteknologi terbaru
– Spare part pengganti asli dan berkualitas
– Pengecheckan AC mobil yang “By Data” menggunakan mesin canggih
– Pengecheckan AC mobil GRATIS
– Garansi uang kembali 100% jika masalah muncul kembali.

Jika anda membutuhkan service mengatasi Penyebab AC Mobil Bunyi Berisik silahkan menghubungi Dokter Mobil di phone/kontak:

KELAPA GADING CIBUBUR SERPONG BEKASI
Jalan Boulevard Raya Kawasan Niaga Citra Gran RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya,
Blok QJ1 No.17 Blok R6 No 6 blok Orange no.5 Depan Pintu Tol Ramp Off
Kelapa Gading Jl. Alternatif Km 4 Gading Serpong Tol Becakkayu – Pondok Kelapa
☏ (021) 2245 4429 ☏ 085817653292 ☏ 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887
WA : 087787133366 WA : 085817653292 WA : 0813-1991-2289 WA : 087887589899

Demikian informasi yang dapat Dokter Mobil berikan. Jika anda merasa informasi ini kurang, silahkan bertanya melalui kontak di atas, ataupun dengan meninggalkan pertanyaan anda di kolom komentar di bawah ini.

Dokter Mobil, Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya.

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya