New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
cara cek koil mobil injeksi

Tata Cara Cek Koil Mobil Injeksi Tanpa Perlu Ke Bengkel

Musim pandemi virus corona ini Anda tetap wajib mengecek kondisi kendaraan dari rumah. Termasuk cara cek koil mobil injeksi secara mandiri. Sesuai dengan anjuran pemerintah yang membatasi seseorang untuk keluar rumah dan berkerumun di tempat umum.

Maka, Anda tidak perlu ke bengkel guna mengecek kendaraan saja. Yang perlu Anda cek ketika mobil dirumah jarang digunakan adalah bagian koil busi mobil Anda. Apakah masih layak digunakan atau sudah mengalami penurunan fungsi.

Cara Cek Koil Mobil Injeksi Secara Mandiri

cara cek koil mobil injeksi

Mengecek koil mobil injeksi ini memang cukup mudah sehingga dapat Anda lakukan pengecekan sendiri dirumah. Namun, Anda harus mengerti tata cara cek koil mobil injeksi terlebih dahulu. Jangan sampai Anda mengecek koil busi mobil injeksi tanpa mengerti dan mengetahui tata cara pengecekannya.

Oleh sebab itu, ini dia beberapa tahapan-tahapan untuk mengecek koil busi mobil injeksi dirumah. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Mempersiapkan Peralatan Untuk Pengecekan Koil Busi

Siapkan terlebih dahulu peralatan untuk mengecek koil busi, seperti kunci pas, kunci socket, hingga kunci inggris.

  1. Siapkan Busi Pengganti Apabila Dibutuhkan

Ada baiknya untuk membeli busi khusus mobil injeksi. Bisa saja busi mobil yang Anda cek tersebut sudah waktunya diganti. Namun, apabila kondisi busi mobil masih normal. Bisa Anda simpan untuk pengecekan koil busi lain waktu.

  1. Ajak Satu Orang Untuk Membantu Anda Saat Proses Pengecekan Koil Busi Mobil

Guna memudahkan Anda dalam mengecek kondisi koil busi mobil. Maka, ada baiknya untuk mengajak satu orang sebagai “helper” yang membantu Anda untuk mengecek kondisi koil busi. Sebab, cukup riskan apabila hanya seorang diri saat mengecek kondisi koil busi mobil.

  1. Menyiapkan dan Membuka Kap Mobil

Setelah itu, siapkan mobil dan buka bagian kap mesin. Jangan lupa, posisi mobil dalam keadaan netral serta tarik tuas rem tangan agar Anda tetap aman saat mengecek koil busi mobil Anda.

Baca Juga : Cara Membersihkan Filter AC Mobil

  1. Melepaskan Seluruh Kabel Injektor

Cari socket injektor yang ada di bagian mesin mobil. Lepaskan semua socket injektor beserta relay dari induk injektornya . Hal ini berguna untuk mencegah semburan bahan bakar mobil saat Anda mengecek kondisi koil busi mobil.

  1. Pelepasan Koil Busi

Silahkan Anda menggunakan kunci pas nomor 10 (tergantung ukuran baut koil busi). Lalu lepas semua koil dari mobil. Namun, jangan sampai Anda melepas kabel koil busi.

  1. Pasang Busi Untuk Mengecek Kondisi Koil Busi

Kemudian, pasang busi yang telah Anda persiapkan guna mengecek kondisi koil busi mobil. Setelah busi terpasang pada koil.

  1. Menghidupkan Mesin Mobil

Dan cara cek koil mobil injeksi yang terakhir adalah dengan menghidupkan mesin mobil. Suruh orang yang Anda percayai untuk menghidupkan mesin mobil. Kemudian, tempelkan ujung busi mobil yang tersambung ke koil ini ke komponen mesin mobil yang terbuat dari besi. Apabila ujung busi tersebut mengeluarkan percikan api atau tidak.

Tune UP Mobil Ertiga

Apabila ujung busi mengeluarkan percikan api saat mobil dihidupkan. Maka, koil mobil masih dalam kondisi normal. Apabila ujung busi tidak mengeluarkan percikan api. Maka, koil mobil telah mengalami penurunan fungsi dan wajib untuk melakukan penggantian koil busi.

Di masa pandemi virus corona ini memang mewajibkan Anda untuk melakukan cara cek koil mobil injeksi kondisi mobil Anda dari rumah. Salah satu komponen mobil yang wajib dicek adalah bagian koil busi.

Sebab, koil busi menjadi salah satu komponen perapian yang berguna sebagai “sumber tenaga” untuk menghidupkan kendaraan. Cara cek koil mobil injeksi ini memang cukup mudah. Sehingga, Anda dapat melakukan sendiri secara mandiri rumah tanpa perlu ke bengkel.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4523

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bingung Check Up Beli Mobil Bekas? Dokter Mobil adalah Solusinya
Menyimpan Hand Sanitizer Gel di Mobil, Bolehkah?
Daya Tarik Hyundai Palisade Terhadap Pecinta Mobil Indonesia
8 Alasan Anda Harus Menggunakan Produk Anti Limbung Mobil di Dokter Mobil
Ciri Kipas Radiator Lemah Yang Mulai Terjadi Pada Mobil Anda