New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
waktu ganti oli mobil

Rekomendasi Waktu Ganti Oli Mobil Manual Dan Matic

Mengganti oli ini wajib dilakukan oleh pemilik mobil. Untuk itu, Anda wajib tahu kapan waktu ganti oli mobil bertransmisi manual dan matic. Sebab, mengganti oli secara asal-asalan ini bisa menimbulkan berbagai macam resiko kerusakan pada bagian mesin dan transmisi mobil. Untuk itu, Anda perlu mengetahui estimasi waktu yang tepat untuk ganti oli mesin dan transmisi mobil Anda.

Estimasi Waktu Ganti Oli Mobil Manual dan Matic yang Direkomendasikan

Mengganti oli mobil memang tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang patut Anda cermati, seperti tidak boleh menukar jenis oli untuk mobil matic dengan oli untuk mobil manual dan sebaliknya. Selain itu, penggantian oli mobil ini juga harus teratur.

Bedakan antara waktu penggantian mobil yang baru Anda beli dengan mobil-mobil lama. Maka dari itu, ini dia estimasi waktu yang tepat untuk ganti oli mobil. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Untuk Mobil Manual dan Matic yang Baru Dibeli

Untuk mobil bertransmisi manual ataupun matic yang baru Anda beli biasanya berpatokan pada berapa kilometer yang sudah di tempuh. Maka, estimasi waktu yang tepat untuk ganti oli pertama kali ini sekitar 5.000 kilometer pemakaian atau 1 bulan setelah Anda membeli unit kendaraan.

Setelah itu, masa ganti oli kedua ini sekitar 10.000 kilometer atau 2 bulan masa pemakaian. Setelah itu, masa penggantian oli mesin mobil menjadi normal. Yakni sekitar 20.000 kilometer atau 6 bulan masa pemakaian.Untuk masa penggantian oli transmisi, mobil manual dan matic ini wajib mengganti oli transmisi sekitar 10.000 kilometer pertama.

Selanjutnya, masa penggantian oli transmisi ini sekitar 20.000 kilometer kedua atau sekitar 1 bulan pemakaian. Setelah itu, proses penggantian oli transmisi pun kembali normal. Yakni berkisar antara 30.000 hingga 40.000 kilometer atau 6 hingga 12 bulan waktu pemakaian.

  • Untuk Mobil Manual dan Matic Lama

Apakah mobil manual dan matic lama Anda ini harus menggunakan patokan pergantian oli mesin dan transmisi seperti mobil yang baru dibeli ? Tentu saja tidak. Sebab, komponen mobil baru ini membutuhkan “adaptasi” pelumasan oli terlebih dahulu. Sehingga, kandungan oli mesin dan transmisi mobil ini wajib diganti sekitar 1 bulan sekali.

Apabila mobil Anda dalam kondisi pernah dilumasi. Maka, waktu yang tepat untuk mengganti oli mesin dan transmisi ini berkisar 20.000 hingga 30.000 kilometer pemakaian atau berkisar antara 3 sampai 6 bulan masa pemakaian (tergantung jenis oli mesin dan transmisi yang digunakan).

Apabila Anda menggunakan oli kualitas bagus. Maka, waktu penggantian oli mesin dan transmisi ini bisa sampai 12 bulan waktu pemakaian. Namun, tentu saja harga oli kualitas bagus ini sekitar Rp. 600.000 – Rp. 800.000 per 5 liternya.

Resiko Terlambat Ganti Oli Mobil

Cukup riskan apabila Anda terlambat untuk mengganti oli mobil. Sebab, ada beberapa resiko-resiko yang menyebabkan mesin mobil dan transmisi persneling mobil rusak. Untuk itu, inilah beberapa resiko terlambat waktu ganti oli mobil. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Boros Bahan Bakar

Boros bahan bakar menjadi salah satu dari resiko terlambat untuk mengganti oli mesin. Hal ini disebabkan oleh tarikan mesin yang lebih berat karena ada komponen yang mengalami aus atau berkarat. Komponen aus dan berkarat ini disebabkan oleh pelumas oli mesin yang telah berkurang atau habis.

  • Mesin Mudah Panas (Overheating)

Apabila Anda terlambat mengganti oli mobil. Bisa jadi, mesin mobil Anda mudah panas atau overheating. Masalah ini disebabkan oleh keausan dari komponen-komponen mesin. Sehingga, radiator dipaksa bekerja keras hingga tidak mampu mengatur suhu mesin mobil Anda

  • Kerusakan Pada Komponen Persneling

Dan resiko kerusakan lainnya apabila terlambat mengganti oli adalah muncul kerusakan di bagian persneling. Apabila oli transmisi mobil, baik matic ataupun manual. Maka, komponen persneling akan mengalami aus atau berkarat.

Baca Juga : Jumlah Takaran Oli Kompresor AC Mobil

Salah satu tanda kerusakan pada komponen persneling adalah sulitnya mengganti persneling mobil atau muncul bunyi dari komponen transmisi.

Mengganti oli mobil ini memang harus dilakukan secara rutin dan terjadwal. Sebab, apabila Anda lupa atau terlewatkan jadwal ganti oli mobil. Maka, bisa saja mobil Anda mengalami kerusakan. Untuk itu, ketahui estimasi kapan waktu ganti oli mobil yang tepat, baik untuk mobil bertransmisi manual ataupun matic.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!